Oleh: asaptaji | Mei 16, 2011

Jenis – Jenis Penyakit Kelinci

Ada beberapa jenis penyakit yang sering menyerang Kelinci :

  1. Abses : disebabkan oleh bakteri dengan ciri – ciri adanya bengkak dibawah kulit, dagu, leher dada atau ditempat lain. Obatnya Limoxin 200 LA
  2. Masitis : disebabkan oleh bakteri dengan ciri – ciri kurang nafsu makan, haus bekepanjangan suhu badan meninggi serta ambing berwarna merah dan kesakitan jika di sentuh. Obat Limoxin 200 LA.
  3. Berak Darah ( Cocidiosis ) : disebabkan oleh bakteri Isospora Bigemina menyerang usus dan hati ciri-ciri kelinci lesu, nafsu makan menurun, berat badan menurun, perut tampak membesar. Obatnya Amporolin 300 WS atau Colistan
  4. Flu dan Pilek : disebabkan virus influenza ciri-ciri bersin bersin dan hidung mengeluarkan cairan. obatnya Limoxin 200 LA
  5. Kembung ( Bloat ) : disebabkan oleh parasit yang hidup diusus hati kelinci ciri-cirinya badan kurus, lesu,telinga pucat, bulu kasar, jika diraba perut terasa keras, selalu berdiri dengan posisi membungkuk, kotoran warna hijau gelap, berbau dan muncul lendir menggantung di duburnya. Obatnya Permenthyl 5%
  6. Kudis (Scabies) : disebabkan oleh kutu Sarcopies Scabie berbentuk bulat dan berkaki ukuranya 0.2-0.6 mm. sekali bertelur mencapai 40-50 butir biasanya menyerang bagian telinga, hidung, kepala, kaki hingga ke seluruh tubuh. Obatnya Intermectin
  7. Mencret : disebabkan oleh udara lembab, basah, terkena gin malam secara langsung, bisa juga karena jenis pakan yang diberikan tidak cocok terlalu banyak hijauan basah, sehingga kurang serat, ciri-cirinya nafsu makan kurang, perut kembung, kotoran encer dan bau, mata sayu dan bulu kusam. Obatnya Intertim Oral / Intertim LA.
  8. Sembelit : disebabkan pakan kering yang tidak diimbang dengan jumlah air minum yang cukup ciri-cirinya kelinci gelisah dan urine sangat sedikit. obatnya tambahkan air minum dan berikan pakan sayuran dan hijauan yang mengandung serat tinggi.

Dari beberapa penyakit diatas yang paling sering menyerang kelinci adalah Kembung dan Mencret yang diakibatkan oleh makanan dan perubahan cuaca, saran saya untuk antisipasi sebaiknya slalu siap obat Kembung ( Permenthyl 5%) dan Obat Mencret (Intertim Oral) dan untuk meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak cepat terserang penyakit kasih Vitamin( Introvit 4 WS) dua minggu sekali selama 3 hari berturut-turut.

Semoga Bermanfaat

Agus  ( 0857 4553 6688 )

Sumber : Paduan Memelihara kelinci hias , Rudi Hustami

About these ads

Responses

  1. blh tnya ga.. kelinci aku br 3bln wktu itu prnha sy mandiin,, eh qo skrg bulunya rontok.. tp klo untuk feses sprti biasa.. itu sakit ato apa yah? masalahna saya punya 2 kelinci dlm 1 kandang.

    • domini,
      dimandiin boleh kok,…asal jangan tiap hari apalagi sehari 3x he.he,..kalau bulu rontok biasanya dari cuaca panas atau stress,.coba kasih vitamin penumbuh bulu ama anti stress.

      thanks

      • tp kelopak matanya merah skrg malah jd takut klo dipegang.. klo vitamin penumbuh bulu sm obat anti stress itu apa yahh??

      • domini,
        bisa dikasih introvit 4 ws, selama 3 hari berturut2 dua minggu sekali

        thanks

    • mau tanya, kelinci ku drmh, tiba2 mata kirinya, bulu rontok, berair, dan 3 hari kemudia seperti ada kulit mengelupas berdarah di bawah mata kirinya, obatnya apa yah?

      • nunu
        sdh d balas via sms yah

  2. saya punya 10 kelinci. induknya skrg sedang skt, matanya trs mengeluarkan air mata. warna matanya yg semulanya berwarna coklat mnjadi buram. dia sakit sejak tgl 12 juli. itu knp y???????????? kira-kira bisa menyebabkan buta apa tdk??? lalu apa obatnya???
    maaf kalo prtanyaannya banyak

    • Nisrina,
      kalau tidak segera diobati bisa menyebabkan buta, ada obatnya namanya Limoxin 200 LA cara pakainya disuntik.

      thanks

      • pa mau tanya,kelinci jantan saya juga matanya seperti berair dan mengeluarkan kotoran(belek),di sekitar ujung matanya agak bengkak merah…obatnya apa y?kalo limoxi 200 LA bukannya obat batuk pilek?suntiknya bagaimana?tq

      • Siang Carla,
        Limoxin 200 LA, selain buat batuk pilek bisa buat sakit mata,bisul karena kandunganya antibiotik

        thanks

  3. maaf mw tanya kulit klnci saya seperti mengeras. awalnya gejala itu hanya menyerang d lehernya tetapi skrg sdh mnyebar k slrh tubuh. 7 anaknya pun ikut tertular.
    1. itu penyakit apa y????
    2. bagaimana cara pengobatannya???
    tlg d blz y!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    • Nisrina,
      1. nama penyakitnya Scabies/budug
      2. disuntik pakai Intermectin, biasanya 2x suntik langsung rontok kulit yang kerasnya, jangan dibiarkan karena itu menular dan bisa semua kelinci yang ada tertular.

      bisa dilihat di Jual Obat dan Vitamin

      thanks
      agus

  4. malem mas,
    saya ali mau tanya,
    1. kelinci jantan saya ada kaya benjolan di dekat perut sebelah kanan, awal nya kecil, skarang jadi membesar, kira” itu kenapa ya? kalo ada obat nya pake apa & harga nya kira” brp?
    2. kelinci saya melahirkan tapi anak” nya pada di makan lagi itu kenapa ya?
    terima kasih

    • malem ali,
      kalau benjolan nya saya kurang tahu mas, harus dilihat langsung,..kalau kelinci suka makan anaknya ada beberapa kemungkinan sperti : pakan kurang, suasana yang tidak tenang membuat kelinci stress atau memang bawaanya kalau memang bawaan saran saya jangan dipelihara lg karena susah diobati dan pasti begitu lg, kalau mau punya dua indukan betina tapi hamilnya bersmaan jad nanti kalau lahiran anaknya bisa dititipkan ke indukan yang satu lg.

      thanks

  5. mas.. mw tanya kl kelinci terkena head tilt atau kelapa tengleng obatnya apa ya..? pke enroten bs ga..?

    • malem,
      bisa disuntik limoxin 200 la

      thanks

      • kok kelinciku alat kelaminya kayak bengkak gitu ya?

  6. kalo mencret cara ngatasinnya gimana ya om

    • pakai obat mencret aja salah satunya intertim oral pasti beres

  7. mau tanya, kalo obat tradisional penyakit kelinci scabies/budug ada gak?

    • tolong dibalasya, kelinci saya sudah tidak bisa jalan yang tadinya aktif jadi lemas!

      • Mas Dodi
        Coba di suntik Limoxin 200 LA

        thanks

  8. mo tanya mas,,kelinci saya jenis rex di tengkuknya tidak berbulu kenapa ya mas,,,,

  9. siang mas, kelinci sy beberapa hari lalu tiba-tiba mati. gejala sebelum mati badannya kejang-kejang, lehernya melintir ke arah belakang. padahal sebelumnya sangat lincah, dan laju makan wortel. tolong dibalas yach, trims……

    • Dear Budi,
      kemungkinan kembung akibat dr makanan or kena angin langsung oabtanya permenhyl

  10. siang kak,
    kelinci sya gk bsa jalan,gk mau mkan,tbuhnya lemas,urine’a kental & warnanya pekat, ktoran’a jga agkl berlendir.
    sblum’a dy gk knpa2,cma bbrapa mlm yg lalu dy smpet di kjar anjing
    trus 2 hri stlah itu,aku plang skolah dy udh bgtu. kira2 itu knpa?
    klo dy skit obatnya apa n beli d’mna?
    tolong d’bhas ya, mkasih….

    • Syarah,
      Kalau dikejar anjing gak luka gpp, tp bisa stress untuk kotoran brlendir harus dikasih permenthyl kemungkinan kembung itu dan tubunya akan lemas didudujnya kyk bungkuk, untuk menghilangkan stress kasih vitamin introvit 4Ws

      thanks

  11. Numpang nanya.
    Kelinciku kok sekarang jadi kurus banget. Padahal nafsu maknnya biasa aja? Kira-kira kena penyakit apa ya?

    • Ezra,Coba dikasih vitamin introvit 4Ws disitu ada untuk penambah berat badan/pertumbuhan

      thanks

  12. Ni saya mo tanya, apa obatnya kalau kelinci keluar cairan dimulut, berbau busuk, lama kelamaan jadi korengan dii pinggir mulutnya, n juga apa obatny klau kotorannya mengeluarkn lendir seperti lem ?

    • Siang,Eddin
      Kalau mulutnya keluar lendir biasanya akibat kepanasan( suhu udara ) bisa diobatin pake antibiotik Enroten dan korengnya/budug harus dsuntik pake Intermectin, untuk kotoran berledir itu akibat kembung bisa di kasih permenthyl.
      thanks

    • oke deh, thx ya atas informasinya, oh ya saya mo curhat kira2 diberi makan apa yg cocok dan ekomonis utk kelinci saya, skrg sya di beri makanan : pagi kacang panjang + wortel kalau siang sya beri rumput kadang daun pisang kadang juga daun nangka, kalau malam saya beri bekatul (dedak padi) + ampas tahu beberapa hari sekali saya campur pelet jenis 550 utk ternak babi, masalahnya setiap hari saya hrus keluarkan uang sekitar : 25ribu untuk sekitar 60 ekor kelinci dewasa dan anak2. ( kelinci lokal, flamish giant, anggora, lop dan rex ) skrg sy lgi mo memperluas areal ternak saya kira-kira 140 kandang ukuran 60x75cm sistem rak bertingkat ukuran bangunan 5×9 meter. oh ya posisi sya di pontianak kalbar

      • siang p’eddy.
        saya saranin untuk ekonomis beri rumput untuk pagi hari jam 08-09 dan sore or malam dedak+ampas tahu…,rata peternak dr lembang bandung begitu kalau ada dedaknya seminggu sekali bisa di campur vitamin introvit 4WS 1 gr untuk 2kg pakan

        thanks

  13. saya punya kelinci usia 3 bulanan, jantan, sblmnya sehat2 saja tapi belakangan ini terihat lesu, sprtinya tidak nafsu makan, apa ini gejala sakit…? kira2 apa obatnya, tks..

    • Sore Ahmad,
      Coba dikasih vitamin penambah nafsu makan bisa introvit 4WS

      thks

  14. saya punya kelinci jantan… tiba-tiba hari ini kok dari duburnya keluar kayak usus gitu…….???
    apa kah klinci saya ambeyen ???

    • dear rama,
      Maaf untuk kasus diatas blm ada pengalaman jd blm bisas kasih solusinya,

      thanks

      • kalau kelincinya tu kelihatannya lemes banget.. tapi setiap lihat pakan dia selalu semangat.

      • rama,
        coba dikasih vitamin introvit 4ws

        thks

  15. malem bapak, saya mau tanya kalo pengobatan untuk kelinci yang kena abses apa ya pak ? kelinci pejantan saya, dibawah dagu nya ada benjolan yang seukuran telor puyuh pak… tapi kalau saya tekan-tekan dia gak berontak,.. benjolannya sih cukup keras pak.

    mohon petunjuk gimana cara ngobatinnya yah ? terima kasih banyak pak…

    • misel,
      Abses bisa d obatin pake limoxin 200la,rp 100 rb

      thanks

  16. Kelinci ku kok di bagian telinga nya kayak berjamur ya…..
    kira-kira itu kena penyakit apa…????
    di blz ya……………….

    • DEAR RIFQY
      itu kena scabies/penyakit kulit bisa di obati pake intermectin

      thankssssssssssss

  17. Dan obat nya apa….?????????????

  18. kelinci saya kelihatannya agak sulit untuk bernapas,obat untuk infeksi saluran pernapasan apa yaa..??

    • T Ferdy
      Coba dikasih enroten antibiotik untuk pencernaan dan pernafasan

      thks
      agus

  19. cara mengobati kelinci dng intermectin gmn pak ya,di minumin pa di suntikin..terus harga dan belinya di mana ?
    terimakasih atas bantuannya

    • Wisnu,
      Intermectin disuntikan hrgnya 55rb/btl, bisa beli disini sms aja yah

      thks

  20. kuping kelinci saya tampak patah beberapa hari ini, dia juga suka menggaruk kupingnya: apa mungkin tersaring kutu? bisa bagi cara pengobatannya?, terimakasih sebelumnya . :)

    • adi,
      coba diliat dibagian kupingnya ada tanda2 merah seperti budug,…kalau ada bisa diobatin pakai intermectin

      thanks

  21. saya punya kelinci yg msh kecil tp kuku2 di kaki2’y bsa tlihat jelas.. sperti kena jamur.. itu cara ngobatin’y gimana?? krna smua di kaki’y sperti itu..

    • Meiga,
      Itu kena penyakit kulit ( budug ) bisa diobatin pake intermectin, rp 55 rb ( injeksi )

      thanks

  22. Maaf mw nanyak kok kelinci saya kuping nya patah sebelah y,mula” ny gg kayak gt,tapi bru beberapa hari ini :(
    itu kenapa y penyebab nya
    n cara pengobatan nya gimna,tolongin donk,sya takut kelinci ny kenapa”

    • ika,
      Kelincinya umur berapa, kemungkinan induknya gak murni ada turunan Fuzzy lop, atau memang srap telinganya kena jngan ambil kelinci dpegang telinga.

      thanks

  23. saya punya kelinci kita2 umurnya 1 bulanan, kok di pinggir telinganya sekarang ky ada luka (koreng) trus keluar putih2 gt,,itu knp y penyebabnya n cara pengobatannya gmn?trmksh…

    • pagi setya,
      Itu kena scabies/budug bisa dikasih obat suntik intermectin silahkan lihat d web saya jual obat dan vitamin

      thanks

  24. ass.. saya mau tnya, saya pnya kelinci y lagi sakit kaki sama kuping’y ko seperti ada jamur’y, itu banyak banget kuping smpe belah”, itu obat’y apa? trus hrus d apa’n. terima ksh..

    • siang prita
      itu kena scabies ( penyakit kuli }/ budug, bisa di obati pakai intermectin cara pakai d suntik 1-2 biasanya lsg sembuh

      thanks

  25. assalamualaikum..
    mw nanyak..kelinciku hilang selama 1 hari..paz ketemmu kok udah lemez truz dhidungnya kayak ada ingusnya tapi bukan ingus,,jadi gak nafsu makan lagi.kira2 kenapa ya????

    • icha,
      itu taunya bukan ingus dari mana?… kalau memang pilek bisa di kasih limoxin LA

      thanks

      • kelinciku tak kasi makan wortel teruz..bahaya gak???
        coz klo tak kasi makan lainnya kadang-kadang guk dimakan..
        kira-kira makanan yang baik untuk kelinci tuu apa jha yaa..truz yang paz dikantong..
        makasi..

      • Icha,
        Makan terbaik kelinci adalah rumput2tan sesuai kehidupan alaminya, namun sekarang banyak peternak yg membuat pelet untuk kelinci yg sudah d camupr rumput dan vitamin jd lebih pratis…..coba selingin dengan rumputan yg lain jng wortel terus

        thanks

  26. mas, kelinci aku minum terus, tapi nafsu makannya sih bagus. setiap aku isi botol minumnya 1/2 penuh 3 jam kemudian lgsg habis, padahal awalnya dia ga gitu, knp ya mas?
    terimakasih sebelumnya.
    .citra.

  27. selamat malam mas. mau tanyam, kelinci saya kok pipis nya merah dan nafsu makannya menurun drastis. pas saya lepas dari kandang tapi masih aktif. untuk pup nya sendiri normal, kira-kira kenapa ya mas?

    terimakasih

    • Gusti
      KAlau merah kencingnya biasanya dr pengaruh makananan, kalau memang tidak keliatan sakit ganti dulu aja menu makanya, kalau sakit bisa dikasih antibiotik enroteen

      thanks

  28. sy pnya klinci kurang lebih sy pelihara baru skitar 6-7 bulan, skrg klinci sy kupingnya kaya berjamur ,obatnya apa dan brp harganya serta cara pemakaian obatbya bgmna? menularkah kelinci sy klw tdk segera di obati? trims

    • Sofyan,
      Itu kena penyakit kulit ( scabies ), obatnya intermectin, rp. 55 rb, cara pemakainya di suntikan, lengkapnya bisa diliat d JUAL OBAT DAN VITAMIN

      thanks

  29. bedanya kencing yang ada darahnya sama gara-gara makan apa ya mas?
    saya selama ini kasih pelet dan daun pisang, apa makanan itu bisa ngebuat kencing kelinci jadi merah? sempat sehari pipisnya normal, tapi malem ini merah lagi. saya udah terlanjur ke dokter dan dikasih antibiotik cefixime dan imunair. waktu itu diagnosanya dehidrasi, saya udah coba suapin air minum tapi masih aja merah. untuk saat ini dia lebih suka makan daun pisang ketimbang pelet, nafsu makannya memang berkurang tetapi kelinci masih aktif. kira-kira saya mesti apa ya mas?

    thanks

    • Siang,
      pelet dan selang-seling rumput lebih bagus, untuk warna urinenya harus dilihat tidak bisa d banyangkan nanti bisa salah asumsi.

      thanks

  30. mas, kelinci aku minum terus, tapi nafsu makannya sih bagus. setiap aku isi botol minumnya 1/2 penuh 3 jam kemudian lgsg habis, padahal awalnya dia ga gitu, knp ya mas?
    terimakasih sebelumnya.
    .citra.

    • Citra,
      Kelinci banyak minum biasa beberapa kemungkinan, bisa karena cuaca panas or makanan yg d kasih kurang mengandung air, sebaiknya di kasih secara tetap aja jng habis d isi lg…..pagi isi dan sore isi

      thanks

  31. selamat pagi mas, mau tanya kelinci saya kaki belakang bagian kanannya tampak kuku yang menonjol, biasanya kan ada bulu tapi ini terlihat jelas, saya takut ini scabies, saya liat kupingnya tapi gapapa. nafsu makan dan minum masih mau dan masih lincah. kira-kira ini kenapa ya mas?

    terimakasih

    • anitasia
      Scabies tidak selalu ada bersamaan antar kaki dan telinga or hidung, kalau keliatan kulit yg tebel wrn keputihan kemungkinan kena penyakit kuli bisa di obati dengan intermectin

      thanks

  32. mas kayanya kelinciku kena Scabies deh, obatnya cuma intermectil aja atau ada yg lain mas? seandainya cuma intermectil aja cara pakainya kan di suntikan, aku gatau harus suntik dimananya, dan brp dosisnya. kelinciku udah lemes dan kurus banget mas, jwb cepet ya, thanks :(

  33. mau tanya kelci saya sakit apa ya? ciri”nya di telinga ada sejenis jamur warnannya kuning,sama sekarang suka males malesan sama mau tanya obatnya apha yaa??

    • Sendy<
      itu yg di telinga kena scabies, obatnya intermectin dan di kasih vitamin introvit biar kelincinya lincah dan pertumbuhanya bagus,……kalau kelinci hamil harus di pisah dengan jantanya kalau tifak bisa d kompoi terus tiap hari kasihan betinanya

      thanks agus

  34. malam, saya mau tanya, kelinci saya kok mengeluarkan bunyi panjang dengungan gitu sudah 2x, bising sekali. saya udah bawa ke dokter tp katanya sehat-sehat saja. makannya pun lahap dan lincah. kata dokternya mungkin sedang birahi, tapi kelinci saya masih 4 bulan.

    apa benar ini karena sedang birahi apa gimana ya? kenapa bisa berdengung seperti itu? mohon bantuannya. terimakasih.

    • gusti,
      itu jantan or betina, biasanya kalau jantan lebih agresip, suka cakarin kandang

      thanks

  35. untuk beli obat kelinci dimana ya kq ?
    di apotik ada gx ?
    apa hrus di petshop ???

    • fachri,
      bisa pesen disini brng d kirim via tiki

      thanks

  36. mau tanya..
    Kelinciku nafsu makannya menurun, otomatis berat badannya menurun. Pakannya wortel, kacang panjang, jerami jagung, kangkung, rumput. Itu kenapa ya?
    Makasi

    • sella
      coba di kasih vitamin agar nafsu makanya bertambah dan aada kandungan penyubur bulunya namanya introvit 4ws

  37. bulunya rontok juga, gimana ini?

  38. hallo. ini saya mau tanya. saya punya kelinci anggora mix, jantan umur kira2 sudah 10 bulanan. sehat, lincah, makan juga lahap tapi pada bagian leher belakang dan bawah bulunya rontok, makin hari area rontok nya semakin besar (leher bagian belakang). itu knp ya? obat apa yg harus saya pakai? Thanks :)

    • lisa,
      rontok bisa karena stress or udara panas, coba dikasih vitamin yg ada kandungan untuk penumbuh bulu ( introvit 4 ws )

      thanks

  39. kelinci saya awalnya 15 sekarang tingaal 10 5 mati dikarenakan apa ? swaktu pagi matinya pas di angkat air urinenya keluar semua sehabis itu yang lain klihatanya sehat tapi bsok gang 3 atw 2 hri mati lagi ..
    apa solusinya . dan obat ap yg hrs dibrikn .. ? tanks

    • jaya…
      biasanya kebanyakan kalau kelinci mati mendadak itu d karenakan kembung. jangan kena angin langsung or jng dikasih sayuran segar

      thanks

  40. bos,mau tny..kmrn ne istriku angkat kelinciku dr pangkal kuping,biz itu klinci meronta,trus ditaruh d lantai,trus 2 kaki blakangnya kejang sbntr,lalu sdh 2 hari kaki belakangnya tdk bisa dpkai untk menumpu bdanya..kira2 knp ya?obtnya apa?tx

    • victor
      sdh d bls via sms hrga obatnya 100rb blm termasuk ongkir

      thanks

  41. mas.. saya mau nanya kelinci saya dikupingnya ada sejenis kerak atu kutil brwarna merah..
    mnrut mas itu apa penyakitnya ?
    dan gmn cara pengobatannya mas ??
    thanks sblmya :)

    • Afrianto,
      Itu kena scabies/ budug, biasanya disuntik intermectin 1x aja langsung rontok keraknya itu

      thanks

      • tpi cman satu dia mas..
        dan gak prnah tmbah2 kutil tsb ..

  42. Itu obatnya dapet dari mana?

    • tya,
      obatnya rata2 impor dr belanda produk interchemie holand

      thanks

  43. Kelinci sy ada sepasang jantan-betina umur 1 thn. Dulu geraknya aktif bgt tapi skrg udah lemes. Ada lingkaran putih disekitar mata, telinga luka mengeras, kakinya juga mengeras karna luka terus alat kelamin yg jantan juga mengeras dan menjadi kekuningan. Kira-kira itu penyakit apa ya dan nyembuhinnya gimana?

    • riyanti
      kemungkinan itu kena scabies/ budug bisa di obati pakai intermectin

      thanks

  44. kelinci sdra sy ada 4 tapi yg satu gak nafsu makan sm gk aktif. itu kira2 penyakit atau stres y

    thanks

    • azahri,
      bisa salah satu…stres or kena penyakit coba kasih vitamin introvit 4WS

      thanks

  45. Misi..
    Mau tanya ni, kelinci saya punya penyakit dibagian telinganya.. Kalau gak salah itu penyakit kanker telinga (menurut info yang saya dapat)..
    Tolong dong jelasin apa itu penyakit kanker telinga dan bagaimana cara pengobatannya?
    Thanks before.. :)

    • talita,
      kalau sudah begitu harus k dokter hewan,

      thanks

  46. pagi mas ,
    mas saya mau nayak kelinci saya kupingnya tengleng sebelah di karenakan apa ya ? trus obatnya apa ya ? dosisnya berapa ? selain dengan cara suntik dgn cara apa lagi ya , soalnya saya belum pernah menyuntik
    thanks. bls via email ya mas , plis darapermataa@ymail.com

    • dara,
      Tengleng itu apa yah?..jatuh sebelah bukan? kalau iyah biasanya kebanyakan dari faktor indukanya yg gak murni waktu dikawinkan, salah satunya bisa dengan fuzzy lop

      thanks

      • ia mas jatuh sebelah , tetapi dia juga sering garuk* kupingnya, lalu perlu di beri obat ? dosisnya berapa ya bila perlu ?
        beberapa hari ni kupingnya memiliki bintik* merah ,
        kelincinya yang satu juga sering menjilat* bulu kelinci yang sakit ini , itu gimana cara ngatasinya ya mas , thnks

      • dara
        kalau ada bintik2 merah trus menebal kemungkinan kena scabies, kalau ada dikasih intermectin, dan dipisahkan dengan yg lainya, tp kuping turun sebelah bukan pengaruh dari situ.

        thanks

  47. pagi mas saya punya kelinci dgn ciri penyakit kayak budug mas jadi gimana cara kirim bili obat dan cara menyuntikan mas trims

    • Thusep,
      Pesenanya hari ini dikirim ( intermectin dan Introvit 4ws)

      thanks yah
      agus s

  48. Kelinci saya terkena penyakit kudis tetapi saya tidak tau dimana untuk membeli obat tersebut tlng diberi tauuuuuu..,,,,,!!!!!!!!!!!!

    • GAding,
      Pesen aja dsini sms k 081282703300 nama obatnya intermectin rp 55 rb + ongkir

      thanks

  49. salam kenal, mau tanya, kelinciku bru aja nglahrn, umurx udh 5hr, anak n ibux aku pisahn soalny diinjek2 ma ortuny, tp skrg ankx ada yg ngeluarn darah terus dr anusny..
    perutny ampe kempes n dy lemes bgd, gerak aja jarang bgd..
    mohon solusiny segera..
    makasih

    • sufita,
      kalau dipasihin trus nyusuin nya gmn?, kasih kotak aja dikandangnya biar anakanya gak keluar jd pas mau nyusuin baru induknya msk, kalau kelinci kurang susu induknya biasanya mudah sakit

      thanks

  50. Mau nanya kelinci saya kemarin 2hari yang lalu matanya kaya ada kotoran nah dibersihin gakbisabisa terus hari ini bola matanya malah kaya jadi kecil terus gakbisa berfungsi dan matanya kaya ada lendir lendir gitu kantung matanya juga ngelebar tolong jawabannya ya

    • cyntya
      Kalau ada bisa d suntuk pake Limoxin LA

      thanks

  51. Mau tanya, kelinci saya jantan dan jenisnya kelinci lop.. yg saya mau tanyakan kelaminnya besar, menggantung dan berwarna pink.. jadi kalau duduk ataupun jalan kelaminnya keliatan, saya mau tanya apa itu wajar? soalnya saya udah tanya teman katanya kelamin kelinci itu kecil.. lalu kelinci saya juga jadi pendiam ga agresif kaya biasanya dan badannya kurus secara drastis..

    Saya takut dia sakit dan sakitnya di karenakan kelaminnya itu..
    Mohon bantuannya.. Thanks.. :)

    • Silla
      Normalnya kelamin kelinci tidak begitu keliatan kecuali dia mau kawin, kemungkinan ada kelainan

      thanks

  52. Salam kenal, makasih banget info nya :) dan pas sekali sekarang kelinci saya sedang sakit. Mau tanya jika gejala-gejalany itu seperti : bulu rontok, kurus ( nafsu makan tetap biasa ), bulu dikaki tdk ada hanya terlihat kulitnya tetapi d kakinya itu ada kotoran nya, kuku kaki seperti menjamur, kotoran kelinci kadang tdk padat. yang biasanya suka disentuh jadi tidak suka. Kira-kira itu kenapa ya? Dan jika ada obatnya itu kira-kira apa ya? thx.. Maaf jika terlalu rumit. hehe..

    • devina,
      Bulu rontok, kemungkinan cuaca or stress bisa di kasih vitamin introvit 4ws dan bisa untuk pertubuhan berat badan kalau kotoran tidak padat kemungkinan dari makanan kalau ada jamur di kaki bisa dikasih intermectin

      thanks

  53. pak kelinci,
    mau tanya saya kebetulan punya tiga kelinci, tapi ada kendala di dua kelinci saya, yang pertama kelinci saya kuping turun padahal dulu waktu masih kecil gak kaya gitu sekitar umur 2 bulan tiba-tiba kuping nya turun,kira2 obat nya apa yah…
    nah kelinci nya yang ke dua dia bersin2 tapi emang bulunya sedang rontok,kadang keluarin cairan kadang enngak, kira2 obat nya ap

    thanks pak

    • samanta
      kalau telinga turun bisa jadi indukanya tidak murni ada salah satu dari jenis fuzzy lop, kalau bersin2 bisa dikasih antibiotk limoxin la

      thanks

  54. Mas .. Klinci aq berumur 1 stgh bulan ..
    Tp udh 2 hari dri kmaren dia menjilati terus smua bulu nya .. Apalagi d bagian kaki nya ..dan d bgian alat klamin nya . Smpe2 bagian mulutnya basah terus kotor terus.. Udh aq mandiin gitu lagii.. D brsiin lagii gitu lagi. Pdhl awalnya ga prnah gitu …
    Awalnya sih dia mncret .. Trus kotoran yg mncret nya dia makan ..Tp skrg udh engga.. Nah tnggal itu aja problem nya.. Mnjilati tubuhnya smpe basah ..dan kotor deh akhirnya . Ckup jngkel juga sih .. Tiap2 udh wangi psti gitu lagi. Itu kenapa ya ..truss .. Skrg mulutnya basah terus .. Ga tau ngiler .. Atow apa. Maaf ya mas prtnyaan nya banyak . :*_♏άƘΆșiĦ_({})

    • intan,
      hewan punya naluri untuk membersihkan dirinya sendiri dengan cara di jilatin tubunya, maslahnya sekarang sdh keseringan jd bsah, kemungkian ada yg tidak nyaman di bagin tubuhnya, untuk ngiler biasa krn kondisi cuaca yg panas bisa diobati pake antibiotik enrotin

      thanks

  55. saya pernah liat gambar kelinci ..yg sma dengan kelinci saya //tp alhmdulillah blm separah yg d gambar trsebut ..
    ternyata kelinci saya terkena penyakit ILERAN ..
    mas,,mohon pertolongan nya …obat apa utk mnyembuhkan penyakit tersebut ..
    mohon bantuan nya mas…
    terimakasih banyak …

    • Intan
      obatnya limoxin LA ( injeksi )

      thanks

  56. antibiotik enrotin itu belinya dmna y mas..
    saya kurang faham msalah itu ..
    trus cara pengobatannya gimana..
    maaf ya mas…prtnyaan nya agak rumit m…

    • intan
      antibiotik enroten bisa beli disini hrg 35 rb

      thanks

  57. salam kenal sebelumnya dari sragen,saya punya kelinci habis di suntik scabies(buduk) sembuh tp setelah itu kok badanya mulai kurus mas padahal makanya normal apa perlu di suntik lagi, untuk makan saya kasih ampas tahu dan kangkung apa ada pengaruh karena bulu rontok habis di suntik itu.tri sebelumnya

    • Parno
      Bulunya rontok itu bisa terjadi krn obt scabies panas, untuk pertumbuhan coba di kasih vitamin kelinci seprt introvit 4ws

      thanks

  58. mas sy mau Tanya ,kelinci saya me ngalami patah Tangan Dan kaki sehingga tidak bisa ber diri Dan apabila mau buang kotoran sulit mengakibatkan tubuh bagian bawahnya lembab Dan ber ulat..cara mengatasi Nya gimana mas…Mohon diberi tau..trims

    • Miranda,
      Sudah di jwb via telp

      Thanks
      Agus s

  59. permisi pak..maav saya mw tanya.. kelinci saya drumah bru lahir krang lebih 40 harinya,, tetapi disekitar mulutnya brwrna hijau spert koreng,, dan ia sulit utk mmbuka mulut.. it dikarenakan apa ya pak? kira2 obtx apa y bisa terjangkau ?
    saya berharap bapak berkenan memblas prtayaan saya.. trimakasih

    • dita,
      untuk scabies/penyakit kulit bisa d suntik pake intermectin hrg 55rb

      thanks

  60. permisi agan yang ganteng..mo tanya gan kelinci ane mulutnya selalu mengeluarkan cairan sampe2 seperti basah kuyup..terus klo di pegang di bagian dekat2 mulut dia langsung berontak seperti kesakitan..itu penyakitnya apa dan obatnya apa ya gan?? apakah harus di periksa?? terima kasih..

    • andi,
      itu biasanya akibat perubahan cuaca panas bisa d obati pake antibiotik enroten biasanya 1-2 hr lansgung sembuh

      thanks

  61. mlm mas,mo nnya nih…klinci sy bulu’y ada yg gimbal shgga botak dibelakang leher dan kaki sebelah kanan.kena pnyakit apa ya mas?nafsu mkn baik2 aja,tp dia gak mau minum aer vitamin yg sy beli ke mas agus wktu itu.thanks be4

    • rekha
      kalau intertim oral untk mencret ( biasanya langsung d cekokin ke mulutnya ),..kalau vitamin selain bisa k air minum bisa juga d campur ke pelet /pakanya )

      thanks

  62. pagi mas, ak punya klinci, sudah sminggu ini nafsu makannya berkurang drastis.., bhkan skarang gak bisa jalan n salah satu kaki depannya lemes kyak lmpuh trus kpala nya nunduk trus….
    itu kira* kena pnyakit pa ya n bisa diobatin gak…
    Maksie ..

    • Hery
      Coba di kasih Alisery ( Antibiotik + Vitamin )

      thaks

  63. Mas saya mau tanya mengapa kaki bagian belakang kelinci sy tidak bisa jalan?sepertinya lumpuh.Obatnya apa?carinya dimana?

    • nafila,
      lumpuhnya udh lama blm, kalau blm lama bisa dkash Limoxin LA, dan Vitamin introvit…

      bisa beli d sini
      agus s 081282703300

      • harganya berapa

      • Naflah,
        Hrga 100rb, ongkir tergantung lokasi ( jabotabek Rp.10rb )

        thks

      • ongkos kirimnya berapa

  64. permisi saya mau tanya,saya baru beli kelinci umurnya 3bln. pd awalnya bulu yg dibelakang lehernya botak dan ada bintik putih ke merah2an. tapi skrg di bagian perut bulu bergumpal dan botak bintik ke merah2an. itu sebabnya knp?dan cara mengobatinya gimana? trmksh

    • Sarah,
      Bintik2 gmn, menebal gak kulitnya? kalau iyah kemungkinan scabies bisa disuntik intermectin hrg 55rb, kalau botaknya bisa dikasih vitamin inrovit hrg 62rb

      thanks

      • pak,
        kelinci saya hampir di seluruh badan ya timbul seperti jamur yang berwarna putih dan mata seblah kanan tiba-tiba buta,
        kalau boleh tahu itu penyakit apa ya pak,
        dan penyebabnya apa,
        dan obat ya apa ya,,,,

        terima kasih,

      • Dewi,
        Kalau bandan seperti jamuran namanya Scabies ( penyakit kulit/budug ) bisa d suntik Intermectin, kalau butanya harus tahu dulu penyebab awalnya’..

        thanks

  65. pak.. kelinci saya kepala nya miring2 90derajat ga bisa lurus.. kenapa ya? awal nya sih miring sedikit.. lama2 melintir gituh,,

    • kiki,
      kalau blm lama bisa d kash obt Alyseril or d suntik Limoxin 200LA

      thanks

  66. mau tanya pak. kalu kita mau beli obat kelinci seperti yg bapak sebutkan diatas ada g itu ditoko” obat atau apotik itu.. trims

    • syarial,
      biasanya ada juga yg jual di Pet shop,…bisa juga order dsini barang dkrm via tika setelah ada pembayran

      thanks

  67. klinci saya dekat anusnya kluar benjolan merah.itu knapa ya?bisa diobati?apa obatnya dan bli dmn?

    • dino
      coba konsultasikan sm dokter hewan sakitnya knp…kalau sudah tahu bisa beli obat disini

      thanks

  68. Malam pak,
    Saya mau tanya saya punya kelinci 3 umur nya sekitar 9bulan semua, nah tiba-tiba kelinci saya yg dua mati, padahal 1 hari sebelm nya saya lepas masih lincah lari2 , terus besok sore nya mati tp yg satu enggak , dari makanan sama semua, 1 kandang cuma di skat2 aja jd kaya tiga kandang, minuman takaran juga sama , saya selalu ksh pelet tp sebulan 2 kali saya kasih wortel, pas saat itu saya kasih pelet pagi na seperti biasa pelet msh baru ( klo sya liat msh fresh dan tidak ber kutu ), pagi na juga msh sehat masih makan banyak , sore na langung mati 2 sekaligus di kandang (kebersihan kandang setiap hari saya bersihin ), ciri mati nya ber air mulut nya ,posisi kandang di luar dengan atap terpal besrta samping2 nya ,apa itu dehidrasi? Tp udah hmpr setahun di kandang itu gak kenapa2 ..

    Trims

    • samanta,
      gejala kelinci mati tiba2 biasanya paling banyak kena kembung penyebabnya bisa dari makanan atau udara dari luar, kalau mulut berair itu dikarenakan perubahan suhu yg dratis bisa diobati antobiotik,..untuk antisipasi obt yg harus dsediakan : obt kembung, obt mencret dan vitamin

      thanks

  69. maaf mas.aq mau nanya gmn cara ngobti d kaki kelinci saya koreng/borok x ap ya obt x dan gmn cr pesan obt sm sampean dan klo d suntik gmn cara m nyuntik x

  70. gmn cr pesan obt kelinci sama sampean

    • sms aja ke 081222536688

  71. kelinci saya qho pagi ini murung bnnget yah ?
    terus makannya juga gak banyak .

    udah gtu pupnya gak keras kaya biasanya ..

    • onie,
      kalau pupnya keras itu normal asal jangan kecil2 itu kena sembelit, kena kembung gak?

      thanks

  72. Pak agus,klo abses dijari kaki kelinci itu hrs diinsisi/disayat atau nggak yah, saya nggak tega sayatnya pak,atau apakah cujup suntik antibiotik saja?itu bisa sembuh atau tidak ya pak?

  73. misi mas, saya mau tnya..
    saya punya induk kelinci yg melahirkan 6 ekor tiba” bbrapa hari kmudian pagi’y ia lumpuh tiba” pdhl smalem masih sehat..
    kmudian tanga’y juga lumpuh dan skrg smua anggota tubuh’y lumpuh..
    kemudia mengeluarkan cairan lendir dari anus dan mata’y..
    kira” knp y mas, n ap obat’y..
    saya sangat butuh jawaban’y mas :(

    thanks..

    • Dear Rindy

      Maaf yah baru dibales, krn ada kesibukan lain. kemungkinan itu kembung krn masih anakan jd gak bisa gerak seperti lumpuh ( bukan lumpuh , biasanya krn udara dilingkungan sekitarnya bisa dikash permenthyl.

      thanks

  74. Sore pak, kelinci saya kaki belakangnya tidak bisa digerakkan (lumpuh). Dia hanya bisa tidur saja dan tidak bisa bergerak normal seperti dulu. Kira2 obatnya apa pak? mohon jawabannya. Trm kasih.

    • dear Ayu.

      Kalau lumpuhnya baru mungkin bisa di suntuk limoxin la

      thanks

  75. halo semua saya boleh nanya gk
    kelinci saya bulu lehernya rontok, makannya selalu ingin y lembek tidak mau sayuran, sering minum, kumisnya rontok mals bergerak

    kira2 penyakit apa ya??
    #yg tau koment

    • threehutomo,

      itu biasanya karena pengaruh cuaca, sehingga keluar liur dimulutnya coba diksh antibiotik enroten, dan vitamin\\

      thanks

  76. Saya mau tanya saya punya kelinci jenis lop telinganya kebawah tp skrg telinganya keatas semua

    • naura,

      kemungkinan indukanya adalah tidak murni lop bisa campuran,…’

      thanks

  77. permisi, saya mau nanya.. kelinci saya ko telinga kanannya jatuh ya? padahal awalnya ga gitu.. cuma baru beberapa hari ini kaya gitu,, terus juga ga ada masalah apa-apa sama kupingnya, ga kena Scabies ko.. kira-kira kupingnya bermasalah atau wajar y? mohon jawabannya :D

    • intan,

      biasanya kalau kelinci telinganya jatuh sebelah kalau gak ada penyakit, itu indukanya kemungkinan ada campuran foozylop

      thanks

      • mau nanya pak, kelinci saya flemish giant baru bgt beli mencret2 itu kenapa ya? udah gede sih

      • lutfhi..

        Mencret banyak faktor salah satunya dari makanan. jng diberikan sayuran segar usahakan sdh layu baru diberikan

        thanks

  78. Halo selamat malam
    Kelinci saya betina umur 3 bulan, saya beli 5 hari yg lalu, bukan dari petshop. Saya juga ada kelinci jantan 6 bulan, sudah di rumah saya 3 bln yg lalu, kelinci betina ini keliatan takut pas dideketin si jantan, pasti lari, tp skrg udh biasa aja.
    Dari awal kelinci saya kurang nafsu makan, terlihat loyo, sekarang mulutnya basah, feses normal, telinga dingin kalau saya taruh dia di kandang luar. Kira2 kelinci saya knp ya? Gmn spy nafsu mkn? Thanks

    • Olivia

      Kalau mulut basah biasanya perubhan suhu yg sangat drastis…bisa dikasih antibiotik enroten”

      thanks

  79. Tambahan, makanannya rumput, daun pisang, dan serabut jagung, minum juga

    • Ardila,

      Agresif adalah salah satu tanda2 kelinci hamil dan biasanya nafsu makananya bertambah….

      thanks

  80. selamat siang pak
    indukan kelinci saya matanya seperti berair atau belekan yang sebelah kiri, bagaimana cara menyembuhkannya pak? kalau pake limoxin 200 LA takaranya berapa? dan untuk membelinya dimana?
    terima kasih atas jawabanya

    • syaiful.

      dosis terlampir dibrosurnya..bisa beli disini hrg 110rb blm termsk ongkir

      thanks
      agus s

  81. Malam Pak,
    Salah satu kelinci saya tiba-tiba kaki belakangnya yang kanan miring keluar, dia masih bisa meloncat, kalau ditanah masih cukup cepat, tapi kalau dilantai dia sulit untuk meloncat karena kaki yang miring itu melorot terus. Sepertinya dia tidak merasakan sakit dikakinya itu karena kalau saya tarik atau pencet dia tidak berontak. Itu kenapa ya Pak dan apa obatnya. Apakah ada obat yang tidak disuntikkan, karena saya tidak bisa menyuntikkannya.
    Satu lagi Pak, salah satu kelinci saya juga baru-baru ini kepalanya miring kekanan, kalau saya gendong makin melintir badannya, tapi sepertinya tidak sakit karena kalau saya putar kepalanya berlawanan arah dia diam saja, malah menelungkup tiduran. Ini juga kenapa ya Pak, apakah ada penyakit menular, karena keduanya terjadi baru-baru ini, yang pertama yang kepalanya miring. Apa obatnya ya Pak, kalau bisa bukan yang disuntikkan.
    Mohon balasannya ya Pak, karena saya sedih melihatnya, terima kasih banyak sebelumnya.
    nunil

    • Pak mau tanya kelinci sya terkadang suka bersin dan batuk,dan suka ada suara seperti mendengkur itu kenapa y pak,krn sya kwatir.thanks
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

      • andi,

        banyak kasus seperti itu sblm parah bisa disuntik limoxin la…bisa pesan disini

        thanks

    • nunil dbls via telp yah

  82. pa saya mau tanya saya peunya kelinci kelinci saya sakit , ia slalu kencing bial di angkat dan kakinya pincang sebelah , dan duburnya membengkak kenapa ya pak

  83. Obat2an tersebut apa di jual bebas di poultry2..

    • Kebun Kelinci
      Biasanya tidak slalu ada, mungkim PS yg ada obt umum aja, kalaiu mau pesan silahkan disini

      thanks

  84. pak saya mau tanya kelinci saya kelinci nya kakinya bengkok sebelah seperti habis tertimpa, kira-kira bagaimana cara mengobatinya?

  85. Mas…
    Kelinciku tiba2 kaya lumpu gitu. Terus dari telinga keluar darah. Kaki depan kaya lumpuh. Mata sebelah merem. Leher kaku. Itu gimana?

    Obatnya apa mas
    Oia dia masih kecil mungkin 2 / 3 bln.
    Kejadian jam 3 am…

    Mohon banuannya mas
    Terimakasih…

    • miwa,

      Coba bawa kedokter hewan aja, soalnya sdh keluar darah ditelinga kalau kakinya aja yg lumpuh bisa dicoba suntuk limoxin LA

      Thanks

  86. slmt sore pak..mau tanya seminggu yang lalu kelinci2 saya mati berturut2 dalam waktu 2 hari, gejalanya itu pertama kelinci saya terlihat lesu karena tidak mau makan, kemudian mencret, padahal sebelumnya saya tidak ngasi makanan yang mcm2, kok mati nya bs mnddk+ berturut2 lg..kr2 knp ya pak?
    mhn djwb..trmksi…

    • dear ati,

      kemungkinan kembung, harus segera diberi obat kembung krn kembung bisa tiba2 kelinci lemas trus kejang dan mati.

      thanks

    • Dear ibu ati
      Kelinci kebanyakan mati mendadak krn kembung. Bisa diakibatkan cuaca or makanan

      Thks

  87. Mas,
    Kelinci saya usia 16 bulan mendadak mati tanpa gejala sakit. Malamnya masih lincah, nafsu makan tdk menurun, minumnya pun normal saja. Paginya kedapatan sdh kaku dan hidungnya mengeluarkan darah.
    Apakah mungkin kelinci kembung, meskipun kandangnya di dalam rumah dan terlindung dari angin?
    Kira2 apa penyebabnya? Mohon dijawab

    • Kembung bisa dr makanan dan udara

      Thks

  88. Selamat malam,Pak..

    kemarin, Kelinci saya mati setelah sakit selama hampir seminggu. :(
    pada hari pertama sakit dia nafsu makan nya menurun, diem di pojok kandang dan lesu.. sepertinya dia kembung/masuk angin..
    aku googling, kata web’nya, dikasih minum tolak angin..

    2 hari kemudian… mama liat ada luka di selangkangannya…
    dan di luka itu ada ulat” kecil.. :(
    aku liat telinganya, kayak ada luka” kecil di pinggirnya..
    aku khawatir kalau itu scabies… :'(

    dia di pindahin dari kandangnya..
    lalu aku nanya ama temen ku..
    dikasih tau cara nyembuhinnya..

    olesin salep kutu/jamur ke kulitnya, dan bulunya itu mesti di cukur ampe keliatan kulitnya biar bisa dipake..
    tapi aku gunting bulunya cuma di bagian tengah punggungnya..
    aku olesin salep di telinga dan di punggungnya..

    sehari dua hari.. akhirnya dia dah mau makan.. luka nya dah mengering.. ulat” nya juga dah ilang..
    dah aktif juga.. dan dia dah ditaruh di kandang lagi ama kelinci lain.. :’D
    saat itu aku seneng bangett.. bersyukur banget.. :’D

    lalu sehari dua hari kemudian.. dia sakit lagi… :'(
    luka di selangkangan nya berdarah.. :(
    di telinga nya juga tiba” berdarah juga.. :'(
    dan dari perut/badannya ada suara “duk…duk..” gtu.. :(
    lalu sore nya dia mati.. T_T

    ———–

    aku mau nanya, pak..
    kelinci aku kan ada 7(sekarang 6)..
    salah satu dari 6 kelinci saya itu ada suara “duk..duk” juga..
    setiap 1-2 menit gitu..
    terakhir aku liat dia sore ini, dia aktif.. nafsu makan juga bagus..
    meski mata nya keliatan kusam engga bersemangat..
    itu kenapa pak? bisa ada hubungannya ama kelinci yang mati itu ngga pak? :'(
    aku takut dia kenapa”, aku engga mau liat kelinci mati lagi.. :'(

    salah satu kelinci aku bulu di belakang kepalanya/dipunggung nya itu rontok.. nafsu makan juga bagus.. apa dia stress..?
    apa yang harus saya lakukan,pak?

    mohon pencerahannya dan mohon maaf kalau pertanyaan saya sangat panjang..
    please dibalas… T_T

  89. permisi. mau nnya . :) tdi pg kelinci kecil saya ( ±2 bulan ) saya lepasin di halaman supaya main2 dan kena sinar matahari, tp nggk taunya ada kucing yg langsung bawa lari kelinciku, q kejar smpek rumah ttngga q mlah kelincix di lemparin begtu aja. kemudian kejang2 dan lngsung q bwa pLang. kemudian q kasih minum tp dia nggk bisa jalan ( lumpuh ), klo jln tu ngesot . tp saat q coba pencet jarinya masih ada rangsangan . 1. apa yang harus saya lakukan supaa kelinci saya cepat sembuh??? . terima kasih , maaf bila mengganggu :) :) ;)

  90. mas…kelinci saya ,mendadak lumpu….apa penyebabnya mas dan obatnya ?
    thanks

  91. klinci saya udah mati,gejalanya perut kempes,lemes,kotoranya encer.penyebabnya apa ya?

  92. klinci sya mati,penyebabnya apa?

  93. Reblogged this on jonegoro13.

  94. mas mau tanya nih kelinciku dibagian anusnya kok ada benjolan gede itu penyakit apa ya?terus obatnya apa?
    Makasih sebelumnya

  95. Kalo di bagian pantat kelinci ada benjolan merah gitu. kira2 tuh penyakit apa ya ?? apakah ambeien?? atau?? Thankyou.

  96. Kelinci saya kok matanya berair dan seperti keluar kotorannya,baru kaya gini 1 hari,terus dipegang takut gitu,gimana solusinya ya ? Makasih sebelumnya :)

  97. mas sy mau tanya kok kelinci saya (loli) mata kirinya seperti berlendir gitu ya? padahal sebelumnya tidak. setelah lilo (kelinci jantan) saya mengejar” loli (kelinci betina) saya dan sesudah dipisahkan si loli kejang” dikandangnya. itu solusinya gimana ya mas?

  98. Ass..
    Saya mau tanya, apa penyebab kelamin kelinci berdarah? Darahnya sih gak ngalir terus,gak tau kenapa. Saya tau pas ngeliat bulu2 area sekitar kelaminnya ada darah kering lumayan banyak..
    Tolong bantuannya,bisa sms ke nmor 08988107782
    Terimakasih sebelumnya

  99. ass.. aku punya kelinci jenisnya fuzzy lop, setau saya cirinya kupingnya dua duanya kebawah setelah beberapa minggu saya beli , salah satu kupingnya berdiri. itu kenapa ya? mohon dibales ke nomer

  100. ke nomer 081322700099

  101. asw pak mnt resep obat dan cara memberikan obat buat kelinci yang flu

  102. assalamlkum. nanya kaki depan kanan induk kelinci bengkak/aboh sangat besar dan saya pegang meletus keluar keeeental putih lengket. apa obatnya ya? waslamkum.

  103. mas mau tanya kelinci saya kupingnya turun sebelah itu kenapa ya?


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 29 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: