Oleh: asaptaji | Januari 20, 2010

Tanda – Tanda Kelinci Hamil (Bunting)

Menentukan Kelinci Hamil

Diketahui kelinci hamil biasanya bisa dilakukan setelah dua minggu terjadi perkawinan. Cara memeriksanya adalah dengan meraba secara pelahan perut kelinci betina menggunakan ujung jari telunjuk dan ibu jari ke arah belakang. Jika terasa ada tunas sebesar kelereng bisa dipastikan kelinci tersebut bunting, atau kita bisa mengamatinya pola makannya apakah nafsu makannya semakin besar karena kelinci hamil makannya banyak. Namun pola makan ini agak susah menjadi tolak ukur karena kalau musim dingin kelinci yang sehat pasti makannya banyak.

Perawatan Selama Hamil

Pada masa ini ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan diantaranya :

  • Pakan dan minum harus selalu diperhatikan dan diusahakan tidak sampai kurang.
  • Kandang harus tenang dan jauh dari kebisingan serta sanitasi harus diperhatikan.
  • Saat Kebuntingan sudah mencapai 27 hari harus menyediakan kotak sarang yang dilengkapi dengan  jerami kering untuk tempat melahirkan.
  • Selama dua hari induk akan mencabuti bulu dari tubuhnya sendiri dan meletakanya dikotak tersebut.
  • Saat itulah indukan bersiap – siap melahirkan tepatnya pada hari ke 29 atau maksimum hari  ke 32.
  • Jangan lupa selama masa kehamilan slalu di berikan vitamin Introvit 4+ WS untuk mencegah kematian janin, abortus dan meningkatkan ketahanan tubuh anak yang dilahirkan

Perlakuan Pasca Kelahiran

Anak kelinci lahir pada malam hari, tubuhnya merah dan tidak berbulu. tumpukan jerami dan bulu dari induknya membuat anak kelinci tidak kedinginan. Mulai umur dua hari bulu kelinci mulai tumbuh dan matanya akan terbuka pada hari kesepuluh. Umur 17 hari dan maksimum 20 hari anak kelinci mulai keluar kotak sarang untuk belajar makan sendiri, meloncat dan berlari – lari mengikuti induknya. Setelah berumur delapan minggu ( 56 hari ) anak kelinci sudah bisa disapih karena pada minggu keenam ( hari ke 42 ), ASI sudah mulai menyusut atau berkurang. Kelinci mempunyai delapan punting tapi yang berfungsi baik untuk menyusui hanya enam punting. satu hal lagi yang banyak ditanyakan kenapa kelinci tidak pernah terlihat menyusui pada pagi sampai sore hari karena kelinci menyusui anaknya pada malam hari dan pagi hari (dini hari ). dan kalau kelinci bisa bertahan lebih dari dua hari berarti kelinci tersebut disusui induknya karena kalau tidak disusui dua hari saja anak kelinci tersebut mati.

Semoga bermanfaat, sukses slalu

Sumber : Paduan Memelihara Kelinci Hias (  Rudy H )

About these ads

Responses

  1. waw ,, thx infonya ,, sangat berguna bagi pemula seperi saya ,, punya keinginan ternak klinci nih ,, hehehe ,, ^^

    • kenapa ya ko kelinci saya cabut”in bulunya sendiri ?
      apa itu tanda” hamil atau sakit ??

      • danar,
        ada dua kemungkinan hamil or stress, bisa dicek diwebsite ini msk kretia hamil gak….

        thank

  2. thanks, udah mau mampir di web kami, semoga bermanfaat.

    Semoga sukses slalu

  3. setelah membaca info diatas saya sedikit lega..soalnya kelinci saya tgl 15 oktober ngelahirin..[saya ndak tahu disusui atau tidak, soalnya saya pindahin anak2 kelinci *tangan kosong* ke tempat yg baru saya buat] sampai tgl 18 oktober saya tengok bayi2nya masih merem matanya and masih gerak2 [hidup]…. apakah indikasi si induk menyusui bayi2nya? atau si bayi bertahan hidup walau tdk disusui?…thx bro

    • Sore Mas Fajar,
      Kalau anak kelinci 2 hari setelah dilahirkan masih hidup, itu sudah pasti disusui ibunya, karena kalau tidak disusui akan mati, kelinci biasanya menyusui malam hari sekitar 10 s.d 4 pagi. satulagi harus diperhatikan jangan memindahkan anak kelinci tanpa alas tangan karena kelinci mempunyai penciuman yang tajam dan merasa baunya lain sehingga anakanya tidak mau disusui lg.

      terima kasih semoga bermanfaat
      agus s

  4. aku pnya 2 anak kelinci umurnya mgkn skitar 2bulan krg, tapi mati krna mencret. sbenarnya makanan yg cocok untuk mreka tu apa? apa boleh dikasih susu dancow?? emang ga boleh ya dkasih makan kangkung?aq btuh bgd jwbnna, thx yaa

    • Sore Putri,
      Usahakan beli kelinci diatas umur 50 hari, karena sudah bisa disapih dari induknya, kalau disapih belum waktunya biasanya paling rentan kena penyakit mencret dan kembung kalau sudah kena penyakit itu paling lama 1-2 hari sudah mati.
      – Kelinci jangan di kasih susu manusia tidak cocok akan mencret, coba cari Milk Rabbit ( import ) ada dipasaran.
      – Kangkung boleh dikasih tapi jangan yang segar usahakan sudah layu ( beli pagi kasihkan malam hari ). kangkung, kol, pecin adalah sayuran yang banyak mengandung gas kalau diberikan masih dalam keadaan segar yang akan mengakibatkan kelinci kembung lalu mencret dan sayuran tersebut bikin kencingnya bau pesing… usahakan semua sayuran diberikan dalam keadaan layu…coba diselingi dengan Pelet Kelinci, dan rumput2an yang layu

      terima kasih semiga bermanfaat
      agus

    • kelinci tuh endak boleh dikasih makan kankung . karena kangkung banyak getah nya . kamu kasih aja pelet kelinci

      • Malem Mahendra,
        Betul kangkung yang segar banyak mengandung gas, yang mengakibatkan kelinci kembung kalau mau dikasih kangkung kasih yang sudah layu, beli pagi kasih malem hari or besok pagi.

        thanks

  5. Seppp… makasih infone bos…. sekarang anak2 kelincinya udah bisa turun dari kotak mencoba mencari makan sendiri dan mencari induknya untuk menyusu….. eeee selisih 10 hari [tgl 25 kemarin] indukan [anggora] ngelairin juga [6 ekor ] tapi kok kecil banget ya bos ndak seperti indukan satunya [lokal]…. apakah prematur? atau normal?

    nb: jantan lop dan anggora [jadi sama yg mana aku lupa..heheheheh]
    thx

    • OK sukses yah Fajar,
      Untuk kelinci angoranya yang baru lahirin kalau pas umurnya 29-32 lahir masih termasuk normal. nanti juga kalau asupan gizinya cukup dari induknya pasti cepat perkembanganya.

      thanks
      agus

  6. [] info [] makanan yg baik untuk memperbanyak produksi air susu pada indukan kelinci yg menyusui apa yaa..???? thx…

    • Pagi Fajar,
      Kalau makanan cukup rumput2 an, baiknya sih dikasih vitamin untuk memperbanyak air susu di pasaran banyak kok ada yang lokal mau pun import, seperti Oxytocin ( import )

      thanks
      aguss

  7. pagi mass emang kelinci mesti dikasih air minum ya….
    tapi denger2 kalau kelinci kena air nanti dia jadi kurapan, apa bener mas…

    • Pagi,
      Semua mahluk hidup pelu air untuk mencerna makanan, memang kelinci tidak sebanyak binatang yang lain karena di rumput terdapat banyak kandungan air, tapi itu belum cukup. air diberikan didalam tempat minum khusus berbentuk botol yang dihisap jadi tidak tumpah dan basah ke tempat lain.kurapan / scabies terjadi karena faktor kandang yang kotor dan lembang..usahakan kandang selalu dibersihkan dan tekena matahari pagi langsung

      terima kasih
      agus s

  8. ketemu lagi bos….. mau tanya ya….:
    permasalahan:
    anak kelinci saya baru berusia 2 bln kurang 3 hari (6 ekor – 1 ekor) dan sudah tidak menyusu ke induknya karena induknya sakit ndak ketahuan dan mendadak meninggal, dua minggu yg lalu anak kelinci sakit lemes ke 4 kakinya(tiba2)..tak rawat dan ternyata sehat sekarang dan bisa berlari seperti biasa (-+ seminggu), dan anak kelinci lain tiba2 sakit seperti itu (lemes dan lunglai tiba2) tgl 11/12/2010 pagi jam 10….(pede pasti sembuh kaya kelinci satunya)….saya rawat tak kasih air gula (dikit “info temen2 hobies kelinci..ktnya untuk tenaga”) karene ndak bisa makan sama sekali, saya kasih dua tiga sendok….saya taruh …… sejam kemudian kok meninggal ….innalillahi wa’innaillaihi rojiun..
    pertanyaan:
    1. penyebab penyakit lemas pada ke empat kaki apa bos…
    2. apa benar kelinci sakit yg parah ndak bisa dikasih makan/minum (suapi..kok malah mati)
    3. obat yg mujarab untuk sakit itu apa bos…
    4. pemberian pakan yg benar bos…(soalnya setiap abis ditempat makan selalu tak kasih pelet/sayur -kangkung/sawi/wortel-) pagi siang sore malam

    thx banyak bos…

    • Pagi Fadjar,
      Pertama2 saya turut berduka yah…
      Masa menyusui kelinci rata2 55 – 60 hari, kalau lebih dari situ biasanya air susu ibunya sudah mulai berkurang…
      Ok langsung jawab aja yah.
      1. kalau penyebabnya banyak faktor, salah satunya kurang asupan vitamin sehingga tidak tumbuh normal dan cepat terserang penyakit krn kekebalan tubuhnya kurang
      2. Biasanya iyah, tapi kita bisa kasih vitamin dan obat yang disuntik. kalau sudah agak sembuh dia pasti mau makan lagi
      3. Kalau yang udah – udah customer saya pakai Limoxin 200 LA ( Import ) dan sembuh
      4. Beri pakan yang banyak mengandung serat, selingi dengan sayuran or rumput yang sudah dilayukan, usahakan berikan makanan yang teratur 3x ( pagi,siang dan sore ) tapi jamnya pasti, janganlupa kasih aair minum

      Semoga bermanfaat
      thanks
      agus

      • ok bos…..
        terimakasih untuk jawabannya bos…..
        tapi untuk kelinci2 yang masih sehat kasih vitamin apa bos yg terdapat pada sayur2an…. (misal, wortel atau lainnya..apa???) dan kalau yg terjual di petshop namanya apa…?

        ok bos makasih sekali lagi udah nyempatin baca ketikan ini…
        thx banyak…
        -fadjar-

      • Kalau di sayuran bisa dikasih wortel,..tp cukup 1-2 batang per ekor dan jangan tiap hari, kalau vit bisa di kasih Entrovit 4+WS,

        thanks

  9. Slm kenal,sy baca anda sangat telaten menjwb smua pertanyaan pembaca,ga kayak web ternak kelinci yg lain. Sy mo nanya dikit. Sy punya kelinci betina usia 6 bln,seminggu lalu sy beli pejantan seumuran & langsung sy campurkan keduanya dlm 1 kandang (tp sblmnya betinanya sy keluarkan dulu shg pejantannya masuk duluan ke kandang). Tdk lama kemudian mereka kawin smp betinanya kluar suara melengking & tetap sy kumpulkan dlm 1 kandang smp skrg.Tiap didekati pejantan si bentina ngeluarin suara sperti ndengkur. Bgmn cara mengetahui betinanya sdh hamil ato blm?sy sdh coba palpasi perutnya tp blm terasa,sy juga tdk dpt menemukan puting susunya. Ma kasih banyak sblmnya.

    • Siang Ika,
      Terima kasih sebelumnya udah mampir di web kami,
      setelah saya baca tanda – tandanya sih seperti kelinci hamil, kalau kelinci sedang hamil tidak mau dikawinkan lg dan kalau sudah umur 2-3 minggu suka galak dan cakar2 kandangnya. dan badan kelinci kalau hamil rata2 dua minggu baru bisa keraba, umur 3 minggu punting mulai bengkak dan umur 29-32 hari sudah melahirkan…., solusi kedua coba lg di kawinkan tp kelinci jantan dipishkan dulu di kandang tersendiri selama 1 minggu terus yang betina baru dimasukan lg sampai kawin ( kompoi ) 2-3 kali baru dipisahkan lagi…kalau memang kelinci betina sehat dan normal pasti hamil.
      terima kasih
      agus

      • permisi saya mau nanya waktu saya kasih makan kelincivitamin c di sirupnya kok satu jam kemudian kelinci saya mati saya ndak tau penyebabnya

      • Pagi,
        Maaf baru bales,…pertama2 ikut berduka sama kelincinya, sebetulnya kalau dikasih vitamin khusus binatang ( kelinci ) sesuai dosis harusnya tidak masalah kemungkinan kelincinya kurang sehat, next time beli vitaminya yang sudah terdaptar di Deptan dan sering dipakai peternak agar lebih aman.

        thanks

  10. Mo tnya ni mas, sebulan yg lalu aq beli kelinci sepasang. Ktnya umur 6,5bln, skrg tak taruh di kndang terpisah, 2hr ini yg betina suka garuk2 kandang pake kaki dpn n sayur yg ku kasih suka di pindah2, ada apa dgn kelinciku? Seumpama hmil kpn aq hrs siapin kotak?

    • Pagi,…
      Kalau mau nyiapin kotak nanti kalau sudah nyabutin bulunya sendiri or umur kehamilan 28 – 29 hari. kelinci hamil biasanya galak, nafsu makanya banyak dan salah satunya suka garuk2 kandang.

      thanks

  11. Mas, kelinci ku jenis apa ya? Ciri2nya, warna hitam telinganya yg satu berdiri yg satu roboh, usia sktr 6bln bobotnya 2kg..

    • Pagi,
      Wah ciri2 kurang lengkap tuh, kalau telinganya turun semua namanya Fuzy Lop, kalau turunya sebelah kemungkinan induknya campuran, bisa dari FZ – Lokal, FZ dengan Lion

      thanks

      • kelici saya akhir akhir ini suka ngegali tanah ,
        kenapa ya ?

      • Siang Lita,
        Buat Lobang di dalam tanah sudah naluri kelinci apalagi kalau sudah mau melahirkan,.kalau ada lebih baik dibuatkan kandang untuk menjaga agar kelinci aman tidak diganggu oleh kucing or binatang lainya

        thanks

  12. Mas punya flemish giant gak? Aq kepingen punya yg bnr2 unggul tp ga tau dimana belinya… Maklum di sini (bojonegoro) jarang ada kelinci, yg ada cm jenis lokal..

    • saya punya punya bang ada 5 di kandang..,,, rumaha saya di lumajang

  13. Ma’af bnyk tanya mas,
    daun turi n daun lamtoro bgus buat kelinci ga? Trus harus layu apa msh sgar bisa lngsung di kasihkan? Di tempatku bnyk bnget daun itu mas…

    • Pagi,…
      Semua Sayuran or dedaunan dan rumput lebih bagus di kasihnya agak layu untuk mengurangi kandungan gasnya dan meningkatkan serat kasarnya. daun lantoro sebaiknya jadi selingan aja jangan rutin karena banyak menggandung gas bisa berakibat kembung usahakan yang layu…kalau flamish giant kebetulan saya gak punya.

      thanks

  14. pagii,
    saya punya kelinci fuzy lop umur 7 bulan, akhir” ini kelinci nya agak aneh. tiap saya deketin suka kabur, padahal biasanya mau saya gendong”. trus kalo malem suka lari muter” kandang, sama garuk” lantai kandang nya. nafsu makannya kmarin banyak, skarang jd lebih sdikit, itu kira” kenapa ya?
    trima kasih

    • Siang,
      Wah .kelincinya pernah dikawinkan gak?…kalau belum kemungkinanan silus birahinya lagi naik.

      thanks

      • sudah, baru skitar 2 minggu kurang kmrn, trus saya coba kawin kan lagi, tapi si kelinci malah lari” tiap ada pejantan nya

      • Sore,..
        Coba ditunggu aja, kalau agak galak dan nafsu makanya banyak trus dipegang bagian bawah perut kalau ada kayak biji kelereng berarti hamil…, tp kalau blm ada tanda hamil coba lg, caranya masukan yang betina ke kandang jantan ( jangan sebaliknya ) dan jangan diluar, sampai kawin 2 -3 x baru keluarin pisahin

        thanks

  15. Tnya lg ni mas,
    kalo kelinci di kasih pelet yg buat ayam aduan bisa gak? Apa akan jadi tambah gemuk? Kalo jadi gemuk apa akan tetep produktif?

    • Sang,..
      Bisa aja tp kurang bagus buat kesehatanya karena pakan ayam banyak mengandung lemak tapi kurang akan serat kasar, kelinci pasti gemuk dan mudah terserang penyakit.

      thanks

  16. Selama ini aq pake kosentrat sapi mas, krn di sini ga ada yg jual pelet kelinci(maklum kota kecil), tp untuk pagi aja, trus siang sayur, daun2an, rumput bergantian malemnya ubi2an, wortel..
    apa itu bagus?
    Yg bener gimana mas?

    • Pagi,
      Biasanya peternak buat pelet sendiri dan bentuknya masih serbuk tidak dicetak seperti pelet, coba buat aja dari Ampas tahu, bekatul, dedek ama rumput yang sudah layu lalu dihaluskan dan di aduk trus dikasih air dan langsung dikasihkan dan sore or malemnya baru di kasih rumput.. janagn lupa diberi air minum.

      thanks

  17. sekedar info MAS ABDIL JIKA MAU BELI PELET KELINCI DI BOJONEGORO ADA DI BLEGO DEKAT POM BENSIN ATAU PASAR BUAH DGAN HARGA MULAI 3rb. di TEMPAT JUAL BELI PAKAN TERNAK DI DEKAT PEREMPATAN JL HAYAM WURUK BJNGORO. DAN KALAU MASIH BUTUH FLAM GIANT SAYA ADA DAN SIAP ANTAR KE BOJONEGORO ATAU BISA DIAMBIL DI KANDANG LANGSUNG DI SENORI TUBAN.

    • Thanks Mas yang di Bojonegoro infonya.

    • Bang benynya rumahnya mana..??

  18. malam mas….sy senang baca nih situs jawabx cepat….sy jg mo nanya mas,sy br beli sepasang induk kelinci,awalx sy taruh dikandang tp seminggu sy lepas di lubang besar dekat samping rumah n sy buatkan kandang disitu…tp sy bingung apa kelinci sy hamil ato tidak soalx dia tdk mau berhubungan sex ma jantanx,kl sih jantan naik pasti si betinax melipat ekorx kayak ogah gt…tp kmna jantan pergi psti si betina ngikutin jd sy pisahin deh si betina ke kandang lain …sy bingung kelinci sy hamil ato tidak ya krna sy sdh coba tes palpalasi tp sy tdk ngerti…hehehehe…thangks mas bantuanx

    • Pagi Shaid,
      Termia kasih sebelumnya udah mampir di web kami, banyak kemungkinan sibetina tidak mau di kompoi ( kawin ), seperti masa birahi sudah lewat atau kemungkinan juga udah hamil. saran saya coba pisahkan yang betina sama yang jantan di kandang yang berbeda, selang 3 – 4 hari coba masukan si betina ke kandang jantan ( jng terbalik ). kalau masih tidak mau kawin kemungkinan hamil trus lihat nafsu makanya biasanya kalau hamil banyak dan agak galak..

      Semoga bermanfaat
      thanks

      • malam mas…sory nih byk nanya maklum msh baru pelihara kelinci…gini mas kelinci betinax kan udah sy pisah ma jantanx tp ttp satu kandang cuman pake dinding pembatas,trus sy perhatikan nafsu makan si kelinci betina bertambah n kalau sy mau pegang kelinci betina menggeram trus mau menggigit,perutx jg kelihatan buncit..apa itu udah tanda hamil ya ???kelinci sy umurx kira2 5/6 bln..trus makanan yg baik utk kelinci hamil apa ya mas??thanks

      • Mas Shaid.
        Kalau dilihat2 dr tanda2nya sepertinya hamil mas,…mudah2 aja yah,.makananya sih seperti biasa aja tapi porsinya ditambah jadi 1.5 x lebih banyak dan dikasih air minum

        thanks

  19. Mas benny tuban@
    thnx infone ttg pelet,
    aq dah dapat flemish giant dr jombang.. Tp kayaknya dah campuran, punya mas msh unggul? Umur brp yg mau di jual? Brat bdanya brp? Warna apa? Aq hnya skdar penghobby mas…

  20. MAS ABDIL. ada 2 pasang flam mas bobot+/- 5kg. warna coklat dan emas. semua indukan dan pejantan. indukannya sudah beranak 1x mas. kalau mau sekedar main silahkan klik nama saya maka akan terhubung dgn blogq atau facebook dg nama diatas. buat mas pemilik blog terima kasih banyak semoga blog ini dapat menghubungkan pecinta kelinci di seluruh nusantara. sukses selalu mas kelinci indonesia.

    • OK, Mas Beny..Semoga tambah sukses ternaknya,…bagi temen2 yang lain kalau ada info yang bermanfaat buat yang lain silahkan,

      thanks

  21. Mas asaptaji@
    jenis flam & flemish giant itu beda ya?

    • Pagi Mas Abdil,

      Flemish Giant kalau sama peternak biasa dibilang Flam jadi sama saja.
      thanks

  22. pagi, mau nanya lagi mas..
    kalo kelinci yang lg menyusui itu waktu nya biasa nya kapan ya?

    • Siang Ali,
      Jangan pernah kaget kalau kelinci tidak pernah menyusui anaknya pada siang hari karena biasanya kelinci menyusui sekitar jam 10 malam – 5 pagi.

      thanks

      • pantes saya liatin ga pernah masuk kotak anaknya. trus skitar jam 2 malm sama pagi saya liat induk nya masuk kotak sbentar. kalo menyusuinya itu sebentar ya?
        trima kasih penjelasannya

      • Pagi Ali,
        Kalau lama atau tidaknya menyusui relatif tergantung kebutuhan anak kelinci itu sendiri,..tapi yang pasti induknya lebih tau seberapa lama dia harusnya menyusui,

        thanks
        agus

      • mas kelinci tiap bulan tc pasti beranak tah ??

      • imunk,
        normalnya 4 bln sekali, kalau terlalu sering kasihan kelincinya

        thks

  23. Tnya lg ni mas,
    maklum pemula,
    5 hr yg lalu kelinciku tak kawinin, tp kurang yakin kena, maklum br pertama kali ngawinin kelinci, trus td sore tak cb kawinin lg malah yg betina nendang2 lantai kandang smpek rusak n sang jantan jd ketakutan,
    kenapa mas? Apa mgkn dah hamil?

    • Sore Abdil,
      Siklus birahi kelinci biasanya 2 minggu, ciri2 kelinci hamil : agak galak, makanyanya banyak, dipegang perutnya kayak ada kelereng didalemya ( umur kehamilan 2 minggu ).

      thanks

  24. Hallo Mas,
    18 hari yang lalu kelinci saya melahirkan anak sebanyak 4 ekor di dalam lubang. Semula lubangnya cukup dalam, namun belakangan lubangnya menjadi dangkal sehingga membuat anak2 kelinci tersebut timbul ke permukaan tanah dan mencoba untuk keluar. Saya menjadi khawatir. Mereka bisa saja menjadi santapan hewan lain karena area di sekitar lubang tersebut tidak di pagar (terbuka). Induknya saya biarkan berkeliaran dengan bebas meskipun dia punya kandang lengkap dengan box yg sdh disediakan utk berjaga-jaga jika dia ingin memindahkan anaknya. Apa yg harus saya lakukan? Haruskah saya memindahkan anaknya ke kandang? Atau menunggu induknya memindahkan anak2nya sendiri? Perlukah anak2nya makanan tambahan?

    • Pagi Poebe,
      Saran saya, pindahkan anak dan induk tersebut ke dalam kandang dan anaknya simpan didalam boxnya usahakan kandang tidak langsung kena angin untuk menghindari mencret dan kembung, untuk makanan biasanya umur 20 hari udah mulai mencoba2 makanan induknya jd tidak perlu diberi makanan tambahan cukup kasih makanan yang cukup buat induknya saja

      thanks

  25. mas, stu blan yg lalu aq bli spsang kelinci lion. Kta yg jual umurny hmpir msuk 3 blan wktu saya bli. Trus mrka saya msukkn ke dlam stu kndang. Stlah 3 mggu drmah tlinga btina yg sblah knan trun smpe skrg. Hnya sesekali aj bsa naik. Npa y mas? Trus aq jga mw tnyak, kmrn sre sktr jam 6, aq liat kelnci ku kwin dluar kndang krna lg aq lpsin utk main2 dluar. Tpi kwinny cma sbntar aj. Trus yg btina ga lma ngmuk2 ke jntan, mrka brntam gtu. Kra2 np y mas? Bknny klnci ku itu blum bsa kwin? Kt tman ku umur 5 blan bru bsa dkwinkan..

    • Dear Dewi,
      Kemungkinan kelincinya bukan murni Lion, biasanya indukanya dari Fuzzy Lop x Lion jadi telinganya turun sebelah kalau Lion Murni pasti tdk turun telinganya, umur 3-4 bln kelinci bisa kawin tapi anaknya kurang bagus, saran saya kelinci umur segitu pisahkan betina ama jantan jangan jadi satu kandang dan normal dikawinkan umur 5 -6 bln

      thanks

  26. saya senang baca blog ini, setiap ada pertanyaan psti slalu direspon dengan cepat..
    skalian saya mau tanya lagi, saya ada kelinci fuzy lop betina skrang udah skitar 9 bulan, sampe skarang tiap saya kawinin selalu gagal.
    apa karena ga cocok sama pejantan nya ato ada faktor lain ya?

    • Pagi Ali.
      Terima kasih sebelumnya,..kalau masalah penjantan kelinci pasti mau sama jantan dari jenis apa aja kemungkinan ada beberapa faktor :
      1. Siklus birahi kelinci per 2 minggu kemungkinan sudah lewat masa birahinya.
      2. Kurangnya Hormon birahi si betina, biasanya di suntik ada obat penambah hormon birahi kelinci.
      3. Coba dipisah kandangnya antara jantan dan betina sekitar 1- 2 minggu trus coba kawinkan lg, usahakan betina dimasukan kandang yg jantan.

      thanks
      agus

      • obat penambah hormon namanya apa ya?
        kelinci jantan saya ada yang kencing nya warna merah kira” kenapa ya? soal nya yang lain ga ada yang gitu..
        trima kasih

      • Dear Ali,
        Kalau Produk Interchemie Holland ( Import ) Namanya Vitol kemasan 100 ml, harga sekitar 100-120 rb/btl. kalau masalah kencing coba dikasih antibiotik.

        thanks

      • >>> Emmmm…. klinci sya ad yg kurus, ap pakan yg baeg biar klinci sya bs mmprcepat prgemuknnya??

        >>> cra altrnatif mmprcepat khmilan gmn caranya???

      • Dear Hid,
        Selain rumput2an or sayauran coba dikasih pelet khusus kelinci yang sudah mengandung vitamin,..atau beli vitaminya aja trus dikasih ditempat minum…

        Kalau mau cepet hamil selain dikawinkan coba disuntik penambah hormon ( Vitol ).

        thanks

      • yang di suntik vitol yang jantan apa yg betinanya??

  27. mlm bos..
    maaf mlm mw tnya nich bos!!!
    saya pny kelinci jenis besar biasa umur’y kira2 4bln dkawinin blh g?
    1lg jenis ND umur 3bln,kira2 dkawinin umur brp y yg bagus?

    • Pagi Epoxs,
      Untuk Kelinci baik jenis besar ( Giant,Newzealand ) atau yang kecil ( ND,Hotot, Mini Lop) sebaiknya di kawinkan umur 5-6 bln ( Betina ) dan 6-7 Bln ( Jantan ) untuk mendapatakan kulitas anakan yang bagus.

      thanks

  28. bos kelinci sy mati yg jenis besar pdhl br dkeluarin pas dmasukin kandang lngsung mencret td pg matinya.
    1 kandang isi dua kelinci yg 1lg msh hidup jenis ND skrg ikutan mencret, barusan sy kasih obat entrostop sepotong itu gpp???

    • Dear Epoxs,
      Kelinci mencret memang Idealnya dikasih obat mencret khusus binatang ( Kelinci ), tapi kalau keadaan darurat apa aja bisa dicoba namanya juga usaha kan?.. tapi coba pake obat tradisional yaitu kasih segenggam daun pisang dan 5-10 lebar daun nangka sehari 2-3 kali ( kasihkan Pagi, Siang , Malam ) hindari rumput2 dan Sayuran yang segar usahakan dilayukan dulu or kasih pelet kelinci

      thanks

  29. mas, nanya lagi..
    kalo mau ngawinin kelinci emang jantan nya harus lebih tua dari betina nya?

    • Dear Ali,
      Iyah, harusnya sih begitu min 1 bln lebih tua yang jantannya.

      thanks

      • mas, kelinci nya kemarin saya kawinin ko malah bunyi nguk nguk (mirip suara ayam kalo mnurut saya)??
        apa kelinci nya stres kalo suara nya gitu?

      • Dear Ali,

        Suara seperti itu sih gak masalah selagi dia masih mau kawin…

        thanks

      • kalo jantan selalu jatuh k samping ya kalo kawin nya berhasil?
        kalo jatuh nya k belakang gimana?

      • Pagi Ali,

        Setelah kompoi kelinci jatuhnya ke kiri, kanan, belakang or depan gak masalah yang penting berhasil,……

        thanks

  30. mas. sya pgn tnya nie…
    >> saya pnya kelinci 3, 1 jantan truz 2nya betina sya kumpulin jdi 1 kndang yg lumayan besar kra” ukurnnya 4/mter.

    . nah…. mslh sya klinci sya yg betina 2 tu berantem….??

    • >> nb: sya dr probolinggo. slm knl bwt smua,

    • Siang Mas Hid,
      Salam Kenal juga, untuk kandang sebaiknya betina ama jantan dipisah, kalau kandang nya besar bisa dikasih sekat aja,..kalau digabung kelinci bisa kompoi terus ( kawin ) padahal yang betina mungkin sudah hamil kasihan. kalau betina sih normalnya digabung tidak masalah asal tidak hamil kalau hamil pasti yang galak dan berantem lebih baik dipisah yang hamilnya.

      thanks

      • skarang sya udh pnya klinci 6, hhe….

        >> emmm…… klau mslh klinci 1 kandang betina n jantan mreka yg betina proses kehamilannya akn prpngaruh lebh lma atau gmn?? karna klau d kumpul betinanya kan tiap hri pgn main free sex teruuuuusszt.

        >> emmm….. cra mmpercepat proses kemilan bgaimana…..??
        >> emmm….. cra mnganginkan yg bnr gmn biar klinci bs cepat hamil……??

      • Dear Hid,
        Usahakan kelinci yang hamil jangan disatu kandangkan dengan yang jantan karen kalau kompoi ( kawin ) terus bisa keguguran. cara kawinkan yang normal: masukan yang betina ke kandang yang jantan..biarkan kawin s.d 2 or 3 x baru dikeluarkan.

        thanks

      • >>>

        >>>> >>>>
        >>>>>>>>>>
        . NB: sya skarang udh px klinci 6,
        . 2 jantan
        . 4 batina

        .sya pengen bgt trnak klinci dengan modal militan.

  31. salm knal ya mas

    Q mw tnya ni ttg cra pemeliharaan kelinci yang di umbar, awal nya kelinci2 Q kandang kn, tp mnda2k d serang penyakit pd mati, sisa 1 pasang, tp kok sampe skrg blom branak ya? pd hal kalo Q rba perutny kyk ada gundu, -+ 3 bln Q umbar sampe skrg gak branak2, knapa ya?

    apa krn d umbar?

    • Pagi Irfan,
      Perna ada kasus seperti itu, ada beberapa alternatif :
      1. Coba terus dikawinkan biar kandunganya keguguran kalau sudah 3 bln kemunkinan sudah mati didalem .
      2. disuntik Oxytocin 50, biar keluar/keguguran.

      thanks

      • kalo dia ttp gk mw d kawinkan apa harus trus dipaksa?
        toh pd saat disatuin d dlm kandang dia trus melipat ekornya dan nyembunyiin lubangnya.
        kalo masalah suntik sich aku nya yg gak tau harus kmana di beli. apa d tiap penjual makanan dan obat2an ternak tu ada jual?

      • Pagi Irfan.
        Saran saya jangan dipaksa, kita mesti sabar dan coba lagi, coba lagi..coba pisahkan yang jantan ama betina kira2 satu minggu trus masukin yang betina kekandang jantan,…kalau obat penambah hormon biasanya di toko obat2an hewan ada jual.
        thanks

  32. kelinci saya ga hamil tapi ko nyabut bulu kenapa ya?
    tp pas saya masukin kandang pejantan, dia malah ga mau d kawin..

    • Dear ali,
      Nyabutin bulu kalau gak hamil kemungkinan stres,…coba simpan ditempat yang tenang.

      thanks

  33. emmmm…… saya mau tanya lgi nie.

    >> kelinci saya kurs apa pkan biar kelinci sya prkembangan biar cpet gemuk

    >> kelinci saya matanya keluar cairn ap obatnya atau pakan kelinci buat pngobatan tradisional, mungkin sakit mta sama persis seprti orang atau mnusia sakit mta.

    • Dear Hid,
      Kalau sakit mata obat tradisonalnya kasih selingan makan Wortel sehari 1-2 batang, kalau obat generiknya bisa di kasih salep mata untuk anak2,…kalau obat suntiknya Limoxin 200 LA, kalau untuk obat vitol biasanya dikasih ke kelinci yang mempunyai kekurangan Horman/Mandul bisa jantan or betina

      thaks

  34. mlm pak..mw tanya, tanda2 kelinci mulai hamil tu tambah galak jg?soalnya kelinci saya sdh sy kawinkan 1 minggu yg lalu, skrg jd galak, mw menggigit gt..trimakasih…

    • Dear Akbar,
      Galak juga termasuk salah satu tanda kelinci hamil.

      thanks

  35. slamat siang,
    mau tanya, 2 minggu lalu kelinci saya melahirkan 1 ekor anak, anak nya skrg sudah bisa bangun tapi kaki belakang nya ga bisa tegak (kaki depan nya normal). apa karena badan nya terlalu gemuk atau ada kelainan ya?

    • Dear Ali,
      Kalau masih kecil sih jarang terjadi kegemukan, kemungkinan cacat akibat kejepit or keinjak2 .

      thanks

      • itu bisa d obati ga?

      • Dear Ali,
        Kalau yang dewasa pernah ada kasus customer saya di bontan Kaltim dan bisa diobati disuntik Limoxin 200 LA. dan sembuh sampai sekarang.

        thanks

      • limoxin 200 LA itu obat apa ya?
        trima kasih

      • Dear Ali,
        Bisa untuk ngobati luka dalem atau memar.

        thanks

  36. Bro minta info,kelinci gw dari kecil satu kandang jantan sama betinanya,tapi udh seminggu yg lalu udh mulai kawin,dan sekarang betina nya ngga mau di deketin,lebih agresif lah,tapi ngga galak.kira2 hamil ngga y?dan bermasalah ngga y klo sekarang masih di campur sama yg jantan??thx

    • Sore,
      Biasanya kalau yang hamil selain gak mau dideketin, makannya lebih banyak..kalau bisa kandangnya dipisah kasian nanti dikompoi terus

      thanks

  37. maaf bos.. saya kemarin ada kelinci sepasang, prtama lahir 5 anak tp tidak kuat untuk hidup cuma 1 hari mati semua kenapa y? kemudaian selang 2bulan lahir kembali 2 anak pada tgl 9 Mei 2011, tetapi mati juga cuma 1 hari. terus pada bulan juni tgl 18 kemarin lahir kembali dengan jumlah 3 anak, untuk y samapai sekarang masih hidup, kenpa? sbb setiap pagi maupun siang induk y selalu saya pegang kepala untuk menyusui anak y biar tetap bertahan, sama di kasih lampu 5watt, yang saya tanyakan bagaimana menurut bos, dengan cara saya itu, baik g buat anak kelinci y? terimkash

    • Pagi, P’Jajang
      Kelinci menyusui tengah malam s.d dini hari jadi kalau siang s.d sore tidak akan menyusui jd tidak perlu dipegangin, kalau lampu perlu dikasih kalau malam apalagi kalau cuacanya dingin. saran saya coba waktu kelinci hamil dikasih vitamin agar anak yang dilahirkan kondisinya kuat…bisa di kasih Vitol or Introvit 4+WS

      thanks

  38. pagi,
    mow tanya, kalo kelinci betina yang lebih tua sekitar 2 bulanan bisa gak sih dikawinin?? tky

    • Pagi,
      Bisa aja, tapi idealnya harusnya jantan lebih tua 1-2 bln.

      thanks

  39. Maaf mas,ni ku mau tanya,klau kelinci baru melahirkan dn anak nya jath ke bwh,dn ku ambil pake kayu,pertanyaannya ni,mas… 1.klau dah di pegang apakah induknya masih mau menyasui anak nya baru lahir itu. 2.susu apa yang dikasih tuk anak kelinci itu

    • malem fadza,
      biasanya ada yang mau ada yang gak,….kalau bisa next time mau pegang or ngangkat dialasin kain aja,..susu kelinci ada namanya milk rabbit

      thanks
      agus

  40. Pagi mas asaptaji. Sy mau tanya nih. Kmrin saya beli kelinci tgl 15 mei kira2 usianya 2-3 bulanan. Trus sekitar dua minggu yg lalu sy ngeliat mereka kawin.
    Skrg si jantan sering menjilat2 muka betina tp betina nya diem aja malah sprti tidur.

    Trus dia jd liar. Yg biasanya sering sy gendong kok skrg galak. Susah kali ditangkapnya. Jd sy males lepasinnya. Abisnya setiap mau ditangkap dia nyakar malah terkadang gigit mas.

    Smlm pas dia nyantai di dlm laci tempat biasa dia main, sy iseng sy raba perutnya keras mas. Trus puting2 susunya udh mulai bengkak? Pdhal sebelumnya sy yakin putingnya gak terasa. Kan sy sering ngelus2 badannya. Apa itu hamil? Maklum sy gak ngerti. Hehe. Trus kalo bener kira2 umur janinnya brp hari ya? Trus sy harus ngelakuin apa mas?

    Maaf ya mas panjang pertanyaannya. Maklum mas masih baru melihara. Makasi sebelumny ya mas (>̯-̮<)

    • Mlem Dita,
      Idealnya kelinci dikawinkan umur 5-6 bulan, dari tandanya yang disebutkan tadi sepertinya hamil, untuk ngitung umur janin nya dari pertama kawin jd umurnya2 kira2 mingguan ( 14 hari ),
      yang harus dita lakukan :
      – pisah kelinci yang jantan ama betina,..kalau kawin terus takutnyaa janinya rusak, dan kalau betina gak mau kawin pasti berantem terus
      – nanti kalau sudah umur janinya 29-30 hari siapkan kotak yang dialasin jerami or rumput kering tp yang bersih.
      – kasih makan dan minum yang lebih banyak dari biasanya
      – kasih vitamin introvit 4 ws agar anakan yang didalam kuat dan sehat waktu dilahirkan
      – pas lahir jangan pernah pegang anak kelinci pake tangan, usahakan tanganya dialasin lap or sarung tangan krn kalau baunya beda indukan gak mau nyusuin.

      mungkin itu aja, semoga berhasil and sukses

      thanks
      agus

  41. Oh iya iya mas ngerti. Tp skrg yg betina bulunya kok rontok ya? Trus kelihatan pitak pitak gtu. Telinganya jga ada bekas luka. Apa karna berantam itu ya mas? Atau kena kukunya krna dia sering merasa gatal? Biar bulunya tumbuh lg dikasih apa ya mas?

    Oh iya mas. Kelincinya kan sy pasangin kalung kerincingan kucing. Itu gak buat dia ngerasa stress kan mas? Makasi sebelumnya :)

    • Malem Dita,
      Vitamin Introvit 4 ws adalah vitamin yang paling lengkap kandunganya bisa buat penumbuh bulu, penambah nafsu makan, kelinci tidak gampang sakit ( daya tahan tubunya kuat
      saran saya jangan dipakai kalung yang berbunyi karena dia merasa tidak nyaman bisa stress.

      thanks

  42. Itu bisa di beli di pet shop kan mas? Lokasi sy di medan. Habisnya dia kan sy lepas dirumah sore baru dimasukkin kandang. Jd biar gak susah nyari nya. Kan ada bunyinya. Hahaha. Makasi atas infonya ya mas agus

    • malem dita
      Kalau dimedan saya gak tau ada apa gak yang jual introvit, kalau mau bisa pesen ke saya nanti dikirim via tiki barangnya, soalnya yang di jambi,samarinda,bontang,tarakan,palembang,riau pesennya kesaya.

      thanks

  43. bos mau tanya..
    kalau kelinci betina sedang hamil..??kelinci jantan di gabung saja atau di pisahin..??

    • malem,’
      kalau sudah hamil, kelinci jantan harus dipisah kalau tidak akan kawin terus, bahaya bisa keguguran

      thanks

  44. maaf,boleh saya nanya…kalo kelinci itu dikasih makanannya harus pagi,siang,malem yaa..?atau harus malem doang terima kasih

  45. maaf banyak tanya….kalau kelinci hamil apakah harus di pisahkan..?? terima kasih

    • siang yasmin,
      Kelinci minimum sehari 2 x ( pagi sama sore) lebih baik lagi 3 x ( pagi – sore dan malam )untuk jam nya silahkan tentukan sendiri asalkan rutin dan tetap cnth pagi jam 9, sorenya dan malam jam 19 harus rutin, trus kelinci hamil harus dipisah karena kalau tidak dipisah dikawin terus sama jantanya kasihan dan bisa keguguran.

      thanks

  46. maaf saya banyak nanya,soalnya baru pertama kali melihara kelinci….kalo kelinci kebanyakan minum apakah dia mencret atau tidak…??

    terima kasih

    • siang yasmin
      Kalau mencret kebanyakan d akibatkan oleh pakan, dan kena angin langsung dan berikan air secukupnya, kalau makan rumput jngan terlalu banyak air tp kalau di kasih pelet harus agak banyak air minumnya

  47. ooo gitu yaa,,,,,kelici ku pernah di pegang badannya kayak geter gitu apa kayak deg-deg kan gitu…itu dia lg ngapain yaa..??

    thaks

  48. dan saya mau nanya lg….mainan untuk kelinci itu apa..?tolong beri tau caranya..???

    thaks

    • sore yamin,
      kelinci tidak seperti hamster or kucing, paling juga dilepas di taman sambil di elus2.

      thanks

  49. Klnci melahirkannya sktar jm brp ya??

    • siang,
      kalau melahirkan gak bisa ditentukan waktunya,..bisa malem, [agi or siang.

      thanks

  50. Salam kenal bos,

    saya dari surabaya, mo tanya ni…

    tgl 21 pagi, waktu saya mw bersih2 kandang, trnyata kelinci saya ada yg melahirkan…saya kaget, krn malamnya tdk melihat tanda2 kelincinya mw melahirkan…masalahnya adalah kelinci itu saya kandangkan bersama 2 kelinci betina lainnya…nah ketika melahirkan kondisinya anak2nya sdh pada jatuh di tempat kotoran dibawah kandangnya (saya pake kandang lipat)…lahir 6 mati 1, trus saya pindahin anak2nya di kotak buah dan saya pindahin ke kandang tersendiri, (sebelumnya saya kasih rumput ama bulu2 induknya yang sempet di cabuti sendiri dari induknya)…nah masalah kedua, induknya yg sempet saya cek bener itu induknya (diliat dari pantatnya yg kotor bekas darah) gak mw susui anaknya. sampai hari ini tgl 22 pagi, saya liat msh belum keliatan dia nyusui anaknya,dan saya sdh coba deketin induknya ama anaknya…cuma kok induknya keliatan cuek dan ga perhatiin sama sekali pada anaknya…gimana ya cara ngatasinya? makasih atas pencerahannya.

    salam

    • siang indra,
      Kelinci kalau tidak disusui induknya paling lama dua hari pasti meninggal, kalau mash hidup berarti disusui, kelinci menyusui tengah malam-dini hari jadi kalau siang dia tidak akan menyusui,…..kasih pakan yang lebih banyak dari biasanya.

      thanks

      • Thanks atas pencerahannya…

        Tapi tragisnya hari ini anaknya sudah mati semua…yaa takdir sudah berkata lain…

        saya bingung apakah karena sebelumnya induknya campur dengan kelinci lain ya? jadinya dia tidak mau nyentuh anaknya…

        kira2 kalo saya mengalaminya lagi, apakah boleh kita bantu susuin anaknya dengan susu lain atau ada cara lain ya?

        thanks

      • malem Indra,’
        Pengalaman guru terbaik, semuga next time sukses yah….anakan baru lahir jngn dipegang pakai tangan langsung hrs pakai alas agar tidak bau manusia tktnya indukanya tidak kenal baunya jd tidak mau menyusui
        thanks

  51. Apa baik jika kelinci betina dan jantan dikurung dlm 1kandang atau hrs dipisah

    • malem erna,
      kalau sudah diatas 4 bln sebaiknya dipisahkan kandangnya, kalau gak dipisah bisa kawin terus

  52. mas mau tanya kelinci hamil 1 bulan+ perawatan anak 35 hari terus bisa dikawinkan lagi butuh berapa hari mas?

    • Mlm Firdaus,
      Kelinci baru bisa dikawinkan lg setelah 1 minngu massa sapih 55 + 14 hari yang paling ideal, dan mas produktifnya 3 tahun

  53. tanya lagi mas….. kelinci masa produktifnya sampai umur berapa?

  54. boleh tanya gak?
    kelinci saya nih lg hamil kan kalo dia mencabuti bulu nya berarti kan tanda2 dia mau melahirkan,kira2 berapa hari setelah itu dia akan melahirkan?
    dan kan klo kelinci itu udah mau melahirkan kan di sarang kaalau yg jantan ikut juga gak ke dalam sarang itu? trus letak nya di dlm rumah?
    thanks :)
    mohon di bls

    • maaf da yg tinggal kelinci di mandiin bleh gak?
      trims

      • boleh tapi anakan sdh 2 bln ke atas usahan siang hari setelah ada matahari dan jangan lupa bulunya di keringkan lalu dijemur

    • Mlm sadi,
      Biasanya kalau sudah bulunya rontok sekitar 2-3 hari sudah melahirkan , usahakan pisahkan dengan yang jantan takut anakanya ke injak dan bis2 dimakan

  55. Siang mas, saya mau tanya, kelinci saya itu hamil atau engga ya. Soalnya baru saya kawinkan skitar 1 mingguan, tp belakangan ini, saya dekati dia kabur”an, biasanya saya gendong mau. Pas saya raba perutnya. Dia malah berontak.. Sampe” HP saya di gigit trus dipindah”kan mas. Mohon bantuanyya. Thx

    • siang adie,

      bisa dilihat di website ini judulnya ” TANDA – TANDA KELINCI HAMIL ”
      ada yng sama gak, kalau ada kemungkinan hamil.

      THANKS

  56. ane punya kelinci anggora sepasang.. dah umur 5 bulan lebih. dari umur 3 bulan mereka sekandang. (ukuran kandang 1 x 1,5 m), ane cuma punya 1 kandang soalnya. trus kemaren ane kawinkan, dan mereka berhasil kawin 2 kali, setelah kawin pertama, jantannya ane keluarin dari kandang selama 15 menit, trus ane masukkan lagi and mereka kawin lagi. ( sebelum dikawinkan ane pisahkan mereka selama 10 hari / ga ketemu-2). Pertanyaannya, sekarang setelah kawin, mereka satu kandang lagi, apa ga masalah tuh…???? Mohon beri masukannya ya….!!!!!

    • siang P’dody
      Kalau sudah ada tanda2 hamil harus segera dipisahin kasian betina nya nanti di kompoi terus trusan bisa keguguran

      thanks

  57. pak mau tny, kelinci ku pada tgl 4 Feb 2012 melahirkan trus anak nya ada 5 ekor dan mati semua gara2 keluar dari kandang dan digigit semut merah. yang ingin aku tnykan apakah bisa langsung dikawinkan lagi? terima kasih….

    • dear herry,
      Usahakan paling cepat 2 minggu kalau bisa 1 bln kasian kelincinya

      thanks

  58. pak aku mau tny lagi gmn spy anak2 yg dilahirkan bisa selamat. apa yg perlu di persiapkan sblm lahiran dan apa tanda2 pas mau lahiran, soalnya ini baru pertama x lahiran dan tdk tahu kl pas hari itu kelincinya mau lahiran.

    Note : aku pakai kandang anjing untuk kelinci2 ku dan aku satukan antara betina dan jantan. dengan komposisi betina 2 ekor dan jantan 1 ekor.

    apakah perlu pakai alas dan serbuk kayu spy anak2nya tdk keluar dari lobang2.

    thank’s

    • Harry,
      silahkan di baca diblog ini sudah ada ciri2 kelinci hamil dan persiapanya

      thanks

  59. apakah kalau kelinci hamil harus dipisah dengan suaminya???

  60. biasanya klinci hamil umur berapa yah? :o terimakasih :)

    • sarah,
      umur yg ideal bulam kelinci hamil itu 5-6 bln thks

  61. Malem Gan…
    Tgl 25 mei saya beli induKan,trus saya campur keduanya.
    Saya liat yg Jantan agresif mau kawin,tapi yg beTina ga Mau.
    Melihat bgiTu…
    sLama 2hari saya ga pisahkan.
    Berhubung saya kerja,jd ga tau apa udah kawin apa belum.
    Akhirnya saya pisahkan pagi-sore dan malam-pagi.
    Trus malem saya campur.
    Pas tgl 28 Mei,Tanpa disengaja saya liat yg jantan udah berhasil ngawinin yg betina sampe jomplang” and ngeluarin bunyi.
    saya ngeliat sampe 2kali kawin.
    Mulai hari iTu tiap saya cuba kawinkan lagi,yg betina ga Mau.
    saya liat yg betina makannya lahap bener,apalagi kalau ruputnya aku kasih satu persatu…ga ada henti-hentinya(kaya manja gitu)tiap aku dateng,dia langsung nyamperin. bulunya tambah bagus.
    membaca artikel diatas seh mudah”an sicantik betina udah hamil.
    Aku dah siapin boxnya langsung ukuran 50x50cm didalam kandang 110x60cm.
    unTuk pakan saya kasih rumput diselingi ampas tahu+katul.
    2hari sekali saya selingi wortel.

    unTuk minumnya saya campur POC NASA dg dosis yg tertera.

    unTuk meraba perutnya kira” kapan(untuk mastiin hamilnya)…?
    soalnya tadi pas aku raba-raba perlahan, mulai dari kepala ampe badan nurut,tapi giliran mau menyusuri perut…kelincinya bangun and masuk ke box.
    Jadi aku takut untuk ngeraba daerah perut lagi…
    takut salah.
    misalkan hamil apa makanan” diatas kurang…?
    Mohon sarannya….
    Makasih banyak.

    • amy zaenal,
      Biasanya umur 2 minggu sudah bisa diraba, kalau makanan porsinya ditambah aja jng seperti sblm hamil

      thanks

  62. Makasih banYaK…

    Pak…
    Kelinciku kok bulunya rontok,and agak lesu,tapi kotorannya msh normal.

    1.kandang saya pindahin ke deket dapur,
    pas hari rabu ada acara jd otomatis buat lalulalang orang masak dr pagi-siang.
    2.krena sibuk…orang yg ada dirumah kelupaan ngasih makan.
    Pas rumput ama konsentratnya abis,jd agak telat ngasih makanannya.
    unTuk anTisipasi saya cuba pindah kandangnya (menurutku tempat yg sekarang tenang,ga ada tikus yg mondar-mandir)
    untuk sirkulasi udara bagus,cuma ga kena cahaya matahari pagi langsung,cahaya matahari bisa masuk sore.
    Tapi saya kasih penerangan lampu bolam dan kandangnya saya tutup kain untuk menghindari kena angin malem langsung and mengingat cuaca lg ga tentu.
    (sbelumnya saya taruh *-+2m* depan dapur)
    trus saya coba kasih langsung daun jambu klutuk(biji) ama daun pepaya yg udah dilayukan.
    Khawatir lg kena kembung.

    Menurut Bapak…
    Kelinciku kenapa yah…
    StressKah…?
    Sakitkah…(kembung) ??

    Mohon saRan dan Penjelasannya.
    Sekian…
    Makasih Banyak atas bantuan bapak.

    • Amyzaenal,
      kalau sy baca historynya kemungkinan kelincinya stress, kalau kembung kotoranya berlendir dan kalau duduk membungkuk tidak tegak,…kalau ada kasih vitamin anti stress ( B Complex or introvit 4 ws )vitaminya khusus hewan yah. matahari pagi baik untuk pertumbuhan kelinci dan kandang tidak lembab,…

      thanks

  63. Malam Pak…
    Kelinci beTinaKu dah muLai bKin sarang.
    unTuk paKan saya dah jalankan sesuai saran.

    Tapi…
    Yg janTan maKannya kurang nafsu gak kaya biasanya.
    Fesesnya kecil” awalnya,terkadang kaya anggur lembek”.
    Kalau dipikir-pikir sih kesalahan saya di konsentratnya terlalu banyak air,abis dikukus ga diperas.
    Sekarang terlihat kandangnya kotor karena feses dan suka ada bekas kotoran di testisnya(mencret).

    Tiap hari saya bersihkan kandang dan juga kotoran yg ada dikelincinya.
    trus sering saya lepas kelincinya sambil nunggu kandang bersih dan kering.

    saya pernah lepas seharian,karena kalo dilepas kelincina bersih and dia gerak kesana-kemari secara leluasa di lahan sela” antara dua rumah dg lantai plester (p:10m,L:1,5m).
    unTuk pergerakan masih lincah and aKtif.
    Karena melihat kelincinya mencret,kalo dikandang jadi kotor and lembab kandangnya.

    Mengingat kejadian pd anak kambing yg mencret,dimana ibu saya kasih daun kelapa dan slalu dibersihin didaerah yg ada kotorannya.
    Dan hasilnya berhasil.

    Saya satu hari ini kasih pakannya daun kelapa,pucuk daun jambu and konsentrat dg diselingi sedikit rumput kering dan daun pepaya.
    Saya lihat seh mulai ada perbedaan and saya liat kandangnya bersih juga kelincinya.

    sMoga cara tradisional ini bisa berhasil….
    (*lagi bokek.com)
    heheh…

    • Amyzaenal,

      Thnks yah udh berbagi informasinya mudah2an bermanfaat buat temen2 kita

      agus s

  64. Alkhamdulillah dah ga mencret.

    Tinggal nunggu kelahiran dr siCanTik….

    Sama-Sama Gan…
    Web ini juga sangat…sangat membantu.
    G.B.U….

    SemboyanKu
    “Tak ada Noda yaa 6ak beLajar”
    KebanyaKan Noda Yaaa Kurang Ajar”
    Heheh…

  65. mas aku nanya…
    1. kemaren punya induk kelinci yg mencret, aku kasih obat diapet manusia but dipotong 1/3, alhasil sembuh mas, but dia lemes karena kurang makan, apa karna aku telat kasih vitaminnya? apakah boleh dikasih vitamin sambil minum obat diapet itu?
    2. 1 betinaku sudah kawin tapi dia disuntik obat scabies, apakah nantinya dia keguguran (disuntik sentelah 7 hari dikawinkan)?
    3. 1 betinaku juga dikawinkan bareng betina yg no 2, yg ini setelah mo diraba perutnya (mo nyoba pastiin dia hamil) 17 hari perkawinan, dia malah mendesih kaya ular gituh ga mo disentuh, dan dia kaya kelaparan trus dan gigit2 kandang, itu kenapa ya? (aku blon pernah nyoba teknik raba2 itu mas)
    4. apakah ampas tahu boleh dikasih tanpa diperas airnya? soalnya uda ada airnya gitu jadi ga kasih air minum lagi?

    • iwan,
      1. syukur atuh kalau sudah sembuh mah, vitamin boleh dikasih berbarengan dengan obat karena itu sebagai suplement
      2. asal tidak melebihin dosis
      3. kalau dari tanda2nya itu kelinci udh hamil ( galak, suka cakar2 kandang, dan nafsu makanya banyak ) sukses yah

      thanks

  66. kenapa kelinci lion saya udah berumur 1tahun kok belum branak2.padahal udah ada jantan australi.trim

    • ck chakil.
      coba dikasih obt penambah hormon agar subur kelincinya

      thks

  67. Alkhamdulillah….

    Tgl 27 kemarin si Cantik beTina udah ber anak.

    • amyzaeanl,.

      sukses yah

  68. Malaam….
    Langsung aja dah.
    Cara n6atasin piLek bagaimana…??

    Thank’s….

    • amyzaenal,
      di kasih limoxin 200la( injeksi )

      thanks

  69. mas, kelinciku dah masuk umur 29 kehamilan nih tp kok ga beranak ya?
    dan yg bikin aneh tiap pagi sekitar jam 4 dia nendang2 lantai kandang jd gaduh, ntu napa ya? ~’~
    oh iya kelinci itu bisa dilihat kehamilannya lewat besarnya perut ga? kaya kucing kan klo hamil makin gede tuh perut na…

    • iwan,
      udah disiapin kotaknya blm?….biasanya umur rata2 kehamilan 31-32 hari

      thanks

  70. mas mau nanya kalo kelinci yg lagi hamil itu apakah harus dipisahkan oleh jantannya ya?

    • vina,
      harus kalau gak nanti dikompoi terus sm jantanya kasihan

  71. mas,sya mau tanya, saya punya klinci dan sudah 1 kandang sejak prtama beli, gmana cara mengetahui klo klinci btna saya sedang hamil, soalnya dia sering membuat lobang di tanah,mohon penjelasannya…

    • riyadi,
      bisa baca detail di web ini tentang ciri2 kelinci hamil

      thks

  72. Terima kasih ya atas beritanya mudah mudahan kelinci gw lahir dengan selamat
    amin..

  73. Hari2 ini kelinci saya suka marah2 terus.apa mungkin lg bunting ya?atau dy lg stress. . .

    • adelia
      bisa bunting or bisa juga lg stress, coba pegang perutnya ada benjolan tidak trus nafsu makanya banyak gak, kalau iyah berarti bunting

      thanks

  74. malem …
    saya mau tanya..
    kelinci saya kok bertingkah aneh ya?
    sukanya gigit2 kayu kandangnya..

    tlong blas..
    trims

    • fachriza
      Kelinci adalah salah satu hewan pengerat jd wajar kalau suka gigitin kandngnya jd buatlah kandang dr bahan yg kuat

      thanks

  75. salam hangat…mas..
    sy dari makassar, mo nanya,, klo untuk beli bibit kelinci (anakan) apa harus berpasangan semua ya… misal beli 10 mana hrs lebih bnyk jantan ato betina.. tks.. (maklum pemula mas)

    • Arno
      Beli bibit kelinci usahakan jantan ama betina jangan satu indukan nanti anaknya kurang bagus/cacat, kalau 10 betina beli jantan cukup 2-3 ekor aja.

      thanks

  76. malem mas…
    mau tanya lg nii..
    kelinci saya kok akhir-akhir ini suka ngehentakin kaki belakangnya..
    kenapa itu mas??

    tkS..

    • Fachrica
      KAlau Jantan, biasanya birahinya lg tinggi…kalau betina kemungkinan hamil or stress

      thanks

  77. mas mau tanya…kalo kelinci lion head dikawinin sama fuzzy lop hasilnya bagus ga? soalnya temen ane miara lion head jantan udh 10 bulan, fuzzzy lop ane betina skrg baru masuk 3 bulan…mohon info nya yah, kalo jelek batal di kawinin dah…thx b4

    • djie,
      kemungkinan berbulu lebat telinga turun, or bulunya biasa telinga tegak

      thanks

      • thx atas jawabannya kang…cuma takut cacat aja, denger2 telinganya bisa cuma turun satu doank…kalo cuman turun satu yah jelek donk

  78. mas,.. mau tanya lg…
    kelinci betina siap kawin itu ukurannya kira2 seberapa…??
    maklum mas…sya gk tau umur kelinci saya…tp ini ukurannya udh gede kyknya..

    thanks…

    • Fachriza,
      Kelinci ideal dikwinkan betina 6 lbn dan jantan 7 bln

      thanks

  79. siang pak.. slm knal. mw nanya q beli klinci 1psg, ktnya umur 8 bln. trus tak taruh satu kandang, yg jantan ngwinin betina udh 2mingguan, klo q kluarin dr kandang si betina kok gak lincah ky dl, tp mlh sering tdran berbaring. prilakunya kok gak galak. udh q plapasi tp kok gak ada tanda2,ato q nya gk tw. tu apakah tanda2 betina hamil?
    makasih..

    • Badrul,
      Coba dikasih vitamin, biar lincah dan sehat, biasanya kelinci hamil nafsu mkn banyak dan agak galak

      Thks
      Agus s

  80. siang mas . .
    aq punya kelinci 2 Ekor, yang jantan usianya sekitar 6 Bulan dan kelinci Betina 3Bulan . apa si betina bisa hamil sama kelinci jantan yang usianya lebih tua ?? makasih atas jawabanya ^_^

    • Ameel,
      Kelinci betina usahkan umur 5-6 bln baru boleh dikawinkan, jantan max umur produktif 2.5-3 thn

      thanks

  81. siang…..
    saya punya kelinci,seminggu yang lalu saya kawinin,kurang lebih umurnya 7 bulan, tapi tidak tau apakah sudah hamil atau belum.saya mau tanya,kalau si betina saat dipegang dia seperti marah,apakah menunjukan dia sudah hamil? dan kalau disamping kandang betina ada kandang jantan dan suka istirahat sebelahan juga menunjukan si betina hamil?
    terimakasih atas jawabannya

    • Nia,
      Kelinci hamil biasanya tidak mau d kompoi lg, nafsu makanya nya banyak dan sebagian ada yg galak,…dan kalau sudah 1-2 minggu diperutnya kalau dipegang kyk ada kelereng….mudhan kelincinya termasuk yg itu.

      thanks

      • makasih atas jawabannya,kalau kelinci hotot dikawinin sama rex hasilnya seperti apa?,bagus atau tidak?

      • nia,
        hotot vs rex kemungkinan :
        – badanya kyk hotot bulu kyk rex or bdnya kyk rex bulunya kyk hotot
        biasanya kelinci campuran kalu lg bagus akan bagus melebihi induknya dan kalau jelek lebih parah dr induknya…

        thks

  82. malam mas, saya pelihara kelinci d dalam kamar kos, apakah kalo kelinci bunting, dan berada satu ruangan dengan manusia bisa pengaruh ke buntingnya mas ? trimakasih

  83. Pagi menjelng siang mas..
    Mau nnya saya lgi bingung kelinci saya mencret sudh 2 hari udah diksih obt tpi blm sembuh2…
    tpi dlu dia jg mencret saya ksih obt lngsung sembuh ini gak sembuh2..

    Saya harus gimana sya kasian liat dia..
    Dia lesu trus gak nafsu mkan..

    • mbak coba kasih daun jambu batu,

  84. maaf sblmnya saya mau nnya klo misalnya saat klinci berbaring atau tidur di perutnya ad beberapa tonjolan yg bergerak apakah itu jg ciri2 klo dia hamil,

    trmksh sblmnya

  85. mas mau tanya,klo normalnya usia kelinci yang udah siap di kawinkan di kisaran berapa bulan.?? dan kelinci saya dikasih pakan sayuran(saosin + wortel) tiap hari, ga akan apa”?? usia kelinci saya baru tiga bulan tp udah nunjukin ciri-ciri klo sedang hamil, apa itu palsu?? mohon pencerahannya..^__^

    • kelinci bisa hamil di umur 3 bln keatas tp idealnya kelinci baru di kawinkan umur 5-6

      thanks

  86. kelinci saya suka ngamuk ngamuk kalo saya kasi makan ato minum terlambat,dan kalo mau dipegang sedikit saja juga langsung ngamuk apa lagi di pegang perut nya,,waaah saya hampir di gigit apakah itu tanda tanda kelinci hamil juga? plis di jawab karna saya penasaran bngt

  87. dan gimana ya cara mengetauhi klo kelinci saya itu hamil karna kemarin saya mau raba perutnya supaya tau dia hamil apa tidak,,tapi dia gk mau,,gmn caranya agar dia mau?

  88. infonya sangat bermanfaat banget bagi orang separti sya yg masih newbie dal hal ternak kelinci….
    trima kasih atas smua infonya.

    • ok sama2 andy.sukses slalu

  89. boleh saya bertanya, kok kelinci saya ga melhirkan juga y padahal sdah 33hri, sya bca dstus web kta.a klinci mlhirkan 28 or 31, memang klinci saya baru pertama kali mengandung

    • Dear Denova,

      Iyah normalnya antara 28-31 hr coba dipastikan lg hamilnya, takutnya ada kelainan di kandunganya.

      thanks

      • gan mau tanya, waktu itu itu q beli 2 kelinci persia ( jantan and betina ) dan badanya gedean si betinanya. saat saya kawinin si betinanya lari2, klopun kawin si betina nggk maw mengangkat ekornya . yang mau sya tnyakan 1. apakah karena lebih gedean betina betinanya nggk mau di kawinin jantan yg lbih kecil ?. 2. apakah kelinci saya sedang hamil, tapi saya lakukan teknik palpasi ( perabaan, saya biasanya nglkuin ini supaya tau hamil ato nggk ) tpi nggk ada benjolan2 gitu mohon. Tlong d jwab terima kasih banyak

  90. malam mas bro,,,
    saya punya kelinci ea usianya 30 mei ini 4 bulan pas.
    kenapa ya dia habis saya potongin bulunya yg gimbal di daerah deket wajahnya, suka bersin2. apa karena kumisnya saya potong dan berpengaruh?
    trus dia suka saya lepas di dalam rumah, dan kalau malam mau saya tangkap masukin kandang suka nendang, nyakar dan gigit ya! kalau di gendong suka berontak ngamuk dan pernah sampai jatuh dari pelukan saya karena berontak.

  91. saya punya kelinci betina umur 3/4 bulan an. nah itu dah boleh di kawinin belum ya???

    • @moses , sebaiknya kelincinya dikawinkan pd umur 5bulan keatas, biar hasilnya baik . :)

  92. tanya lagi,kelinci kawin itu yang jantan ekornya gerakkan

  93. gan mau tanya, waktu itu itu q beli 2 kelinci persia ( jantan and betina ) dan badanya gedean si betinanya. saat saya kawinin si betinanya lari2, klopun kawin si betina nggk maw mengangkat ekornya . yang mau sya tnyakan 1. apakah karena lebih gedean betina betinanya nggk mau di kawinin jantan yg lbih kecil ?. 2. apakah kelinci saya sedang hamil, tapi saya lakukan teknik palpasi ( perabaan, saya biasanya nglkuin ini supaya tau hamil ato nggk ) tpi nggk ada benjolan2 gitu . Tlong segera d jwab. terima kasih banyak. Maaf klo ada kta yg krang berkenan. :)

  94. gan, kelinci giant ku sdh dikawinkan 14 hari yg lalu, sekarang dia sibuk bikin sarang n cabutin bulu, ini kenapa ya? padahal belum waktunya
    thank

  95. Maaf mau tanya nih. Kan kelinci sy 2 satuin selama 1 minggu pas sy umbar di halaman malah garuk2 tanah biasanya sy gendong skarang galak agresip gx mau d pegang pas sy raba perutnya ada benjolan seperti kelereng apakah itu hamil atau tidak ya….mohon penjelasannya maklum baru pertama kali pelihara kelinci…..salam sukses

  96. om kelinci saya baru melahirkan 3 ekor bayi kelinci siang hari, pas malam harinya saya liat bayi kelincinya luka-luka, itu kenapa ya ? apa luka terkena kuku sang ibu atau mau dimakan induknya ? terus karena takut gak disusuin ibunya, salah satu bayi kelinci saya minumin susu milo, itu boleh gak dok ? tolong pencerahannya om..

  97. kelinci saya mau aku raba.na terus kelinciku nggigit jari klingking aku.pertanyaannya apa kelinciku hamil


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 28 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: