Oleh: asaptaji | Januari 18, 2010

Kelinci Mencret atau Kembung

Saya hanya ingin berbagi pengalaman dengan teman – teman yang telah mampir diwebsite ini. musim hujan telah tiba biasanya banyak peternak atau hobbies pemula mulai menemukan banyak masalah pada kelincinya terutama mecret dan kembung tapi hujan bukan lah satu – satunya penyebab kelinci mencret mungkin faktor lain seperti makanan yang berikan. itu pernah saya alami dan saya rasakan sehingga banyak kelinci saya mati gara- gara mencret dan kembung karena belum menemukan obatnya yang pas. solusinya yang saya lakukan dengan bertanya kepada teman – teman dan mencari literatur – literatur yang berhubungan. dan akhirnya pada satu keputusan untuk mengambil kesimpulan dan memperaktekannya.

INGAT ini untuk keadaan darurat, tidak baik untuk terus menerus karena dosis terlalu besar akan merusak jantung dan hati pada kelinci

Rekomendasi obat kelinci :

Mencret : Intertim Oral or Intertrim LA ( Suntik )  Product : Interchemie Holland
Kembung : Permenthyl 5% atau Enroten ( Produk TMC )

  • Pisahkan kelinci yang mencret
  • Singkirkan pakan rumput dan gantikan dengan pakan konsentrat ( pur khusus kelinci ) atau dengan Hay ( rumput kering )
  • Beli antibiotik Metronidazol 500 mg, obat ini termasuk obat generik jadi harganya sangat murah dan mudah didapat di apotik terdekat atau kalau tidak ada bisa pakai juga antibiotik Enrofloxacin atau  Oxytetraciclyn. saya biasa menggunakan item yang pertama karena yang kedua dan ke tiga agak susah dicari ditempat saya.
  • Satu tablet dibagi empat ( 1/4  tablet ) untuk anakan dan dibagi tiga  ( 1/3 tablet ) untuk indukan.
  • Kemudian 1/4 tablet di gerus ( dihaluskan ), dan dituangkan ke sendok teh  ( jangan sedok makan terlalu besar susah masuk ke mulut kelinci )  lalu dicampur air matang sampai penuh permukaan sendok dan diaduk sampai merata lalu pegang kelinci dan masukan kemulut kelinci secara berlahan dan lakukan sehari 2 kali sampai kotoran kelinci normal kembali rata- rata  1 – 2 hari sudah sembuh
  • Agar kelinci tetap sehat, jaga kebersihan kandang, ventilasi udara dan usahakan kena sinar matahari pagi agar bakteri atau jamur tidak bisa berkembang biak.
  • Satu hal yang tidak kalah penting hindari kelinci kena angin secara langsung apalagi angin sewaktu hujan. usahakan kandang tertutup rapi
  • Mulai sekarang Siapkan obat mencret khusus kelinci agar anda tenang karena mencret adalah penyakit yang paling sering terjadi pada kelinci
  • Terakhir tetap Berusaha dan Berdo’a semoga apa yang kita lakukan tetap di Ridho’i oleh Allah SWT  Pencipta Alam Semesta.

Semoga bermanfaat. sukses slalu

Agus Saptaji email : asaptaji@gmail.com

About these ads

Responses

  1. bos,kelinciku parah mencretnya gak mau makan lagi ada yg cara obat tradisional gak bos makasih kasian banget kelicinya

    • Saran neh… lebih baik segera cari lahan kosong paling enggga ukuran 30×30 cm sekalian kayu 2 potong.

  2. bgus infony bossss, sayur ap yg baik tuk kelinci?

    • Pagi….
      Sayuran yang banyak mengandung gas sprt : Kangkung, Kol, Pecin, sering membuat kelinci kembung apalagi dikasih nya sayuran segar ( harus dilayukan dulu untuk mengurangi gas ) selain itu bisa di kasih asal layu aja.
      bisa juga dikasih..dedak, bekatul, ampas tahu or pelet kelinci

      thanks
      agus

  3. kelinci saya bnyak yg mati..stelah saya liat trnyata krna mncret..tp msh pada bayi umur 2mingguan..kira2 yg d kasih induk nya apa bayi kelincinya langsung ya…? trmksh

    • Dear Fajar,
      Tetap yang dikasih makanan induknya, biasanya anak2 nya umur 20-30 hari sudah mulai mencari makanan diluar kotak, usahakan jangan kena angin langsung apalagi angin sewaktu hujan sangat rentan kembung lalu mencret….thanks

      agus

    • mas kelinci saya main didapur dan tanpa saya tau dia kecebur air,saya langsung mengambilnya,sehabis kecebur dia jadi mencret2 makannya sedikit dan suka diem,saya harus gimana?
      thanks

      • tika,
        harusnya pas kecebur dikeringkan bulunya terus di jemur,….kalau mencret bisa dikasih intertim oral

        thanks

  4. kami puny klnc lg sakit scabies, dan di br obat merk SCABICID. bagaimana bos ..

    • Dear,…
      Yang merk itu blm pernah pake, biasanya pake Intermectin ( import ), Wormectin ( Lokal )

      thanks

  5. pak saya mau tanya,,kalo kelinci batuk dan pilek dikasih apa? tp nafsu makan ada..

    kemarin tak kasih laserin,,blm sembuh juga
    apa ada bedanya kotoran kelinci pagi hari dan sore hari?
    hal ini terjadi pada kelinci saya,,kalo pada pagi hari kotoran basah yp kalo sore hari keras.

    • Siang,..
      KAlau obat batuk pilek buat kelinci Limoxin 200 LA, kebetulan sekarang lg gak punya stock, kalau maslah kotoran kemungkinan pengaruh dari makanan.

      thanks

  6. Mas, kelinci saya sekarang jg gak nafsu makan. Tadi saya lihat kotorannya agak basah, tp gak sampe mencret.
    Kalo obat tradisional utk mslh tsb ada gak? Soalnya di tempat saya obat2an seperti itu gak ada mas. Tolong ksh masukan, saya msh pemula. Dan kelinci saya cuma 2 ekor, kalo mati bisa gak berkembang nih. Thanks

    • Sore,…
      Jangan dulu dikasih rumput2 an, coba kasih daun pisang segenggam tangan dewasa or daun nangka 5-10 lembar , trus makananya di ganti dengan pur / pelet khusus kelinci. kemungkinan kembung kelincinya.

      thanks

      • daun pisangnya yang muda ato yang tua ?
        TQ

      • Dear K. Eric,
        Daun pisang boleh yang muda or tua sama aja, tp kalau sudah normal langsung distop, kasih rumput2 yang sudah dilayukan.

        thanks

  7. mas..
    Saya butuh saran nih, kelinci saya sudah 5hri mencret terus, dy juga sering diem aja walaupun dilepasin dri kandang..
    Saya takut kelinci’a gak akan lama hidupnya kalau kaya gini terus..
    Makanan yang baik buat kelinci apa yaa?
    Tolong jawab sejelas-jelasnya yaa :)

    • Pagi Triana,

      Penyakit kelinci yang paling sering adalah mencret, saran saya coba kasih obat mencret intertim Oral atau sejenisnya, kalau gak ada coba yang tradisional kasih daun pisang or daun nangka dan jangan dikasih sayuran atau rumput segar sementara diganti dengan pelet kelinci kalau diem terus karena lemas akibat mencret….
      Pencegahanya :
      – Jangan kena angin langsung apalagi sewaktu hujan bisa kembung terus mencret
      – Sebulan 1 x di kasih vitamin khusus kelinci agar kekebalan tubuhnya kuat

      terima kasih
      agus

      • klu boleh tau nama vitamin kelincinya apa…??thanks

      • Dear Yeni,

        Namanya Introvit 4+ WS kemasan 100 gr harganya 65 rb,

        thanks

  8. Mas,

    Aq br kelinci kmrn, Dia ga mau mkn pelet sm skali. Knp yaa?
    Jdnya aq ksh ubi, eh,skrg dia mencret..
    Aq udah ksh norit (mnurut bnyk ref yg aq baca) dan kyna udah mndingan..
    Tp kan ktnya klo lg mencret ga blh mkn sayuran, nah klo kelinci aq ga mau kmb pelet dia hrs konsumsi apa dong?
    Aq takut kelinciqu mati :'(

    Tks ya mas.

    • Pagi Mega,
      Usahakan jangan dikasih sayuran segar karena banyak mengandung gas bisa mengakibatkan kembung trus dan mencret untuk sementara coba dikasih rumput2 yang sudah layu ( ngambil pagi dikasihkan malem ) dan daun pisang ( Buat obat mencretnya / Daun Nangka ). kalau sudah sembuh untuk mulai pemberian pelet bisa di coba kalau pagi dan siang rumput2an/sayuran layu dan malem bisa dikasih pelet.

      thanks

      • daun pisang/nangkanya layu ato segar???

      • Malem desirta.
        Daun nangka bisa yang segar or yang layu juga gak apa2.

        thanks

  9. setelah diolesi obat radix 55 bulunya jdi rontok…. kira2 bisa tumbuh lagi atau tdk ya om..?.
    dan scubies akan menjalar keseluruh tubuh atau tidak?
    terima kasih om…..

    • Dear Andrean,
      Scabies adalah penyakit kulit yang menjalar dan menular harus segera diobati…kalau ada kasih obat suntik Intermectin, coba dipisahkan kelinci yang scabies dengan yang lainya,…obat scabies rata2 panas ke kulit jadi kemungkinan bulunya rotok itu ada….coba di beri vitamin agar pertumbuhan bulunya cepat tumbuh.

      thanks

  10. om sayakan tdk bisa nyuntiknya…. jdi selain suntik obat scabies ad tdk???

    makasih om…..

    • Dear Andrea,
      1. Kalau Scabies nya masih sedikit blm menjalan bisa pakai radix 55 tapi kalau sudah menjalar ke seluruh tubuh harus di suntik biar cepet sembuh…kalau pakai radix sebelumnya bulu nya harus di potong trus kulitnya dibersihkan pakai air hangat baru diolesi radix.
      2.Kalau bulunya gimbal bisa dimandiin pakai sampo bayi or kucing trus disisir usahakan pada siang hari biar bisa langsung dijemur.
      Kalau mencret jangan dikasih dulu wortel, coba dikasih rumput2 layu, daun pisang dan daun nangka

      thanks

  11. mas….. kelinci sya tdk mau makan.minum&tdk buang kotoran.. sya ksih daun nangka & pisang jga tdk d mkan knp yh mas??? harus sya apkan supaya mau mkan lgi??? sya takut kelinci sya nanti mati… terima kasih banyak

    • Dear Ika,
      Daun Pisang ama nangka obat tradisonal untuk mencret, kalau gak mau mkn ama buang kotoran,…coba di cekokin vitamin ( Kelinci ) buat tambah nafsu makan namanya kalau Produk Lokal Tirex 250 ml hrgnya 25-30 rb.

      thanks

  12. sya sudah kasih rebung setelah 3jam sya kasih vit tirexnya sya campur diair mnumnya…. tpi masih tdk mau mkn,minum & buang airnya lendir. kelinci sya -+ 4bln klo di cekokin vit brp banyak yh??? terima kasih….

    • Dear Ika,
      Itu kemungkinan kelincinya kembung, sebetulnya di kasih rebung k sudah cukup,….dikasih sehari 3x.

      thanks

  13. mas…. klau vit tirexnya dikasih setiap hari sya campur dgn air minumnya boleh atau tdk?kebetulan sya punya metronidazol klo yg mencret umur 1 blnan dikasihnya brp banyak? makasih banyak

    • Dear Ika,
      Tirex sebaiknya dikasih 3 hari beturut – turut sebulan sekali. untuk keadaan darurat bisa dikasih Metronidazol bisa dikasih adalm keadaan darurat satu tablet dibagi 6 trus di ancurkan campur air lalu di minumkan langsung kemulutnya sehari 3x. dan dibantu makanyanya daun pisang dan daun nangka.

      thanks

  14. sya sering plang ke cikampek klo mo mampir ke rauna lokasi tepatnya dimna yh??? insyaallah klau mudik kmi mo mampir
    thankyou

    • Dear Ika,
      Kebetulan skrng tutup dulu tokonya yang dikrwg karena sy sering dines luar jadi gak ada yang pegang,…next time kalau sudah normal lagi saya kabarin.

      thanks yah

  15. mas.. berapa lama umur kelinci ??? bbrp hari yg lalu kelinci sy mati mendadak …pdhal pagi hari sehat dan msh lari2 dan mau mkn …menjelang sore tiba2 tdk mau mkn ….umurnya hpr 3 thn, jenisnya anggora lion…..

    • Pagi Ade.
      Umur Kelinci 5-10 tahun mas produktif samapai 2.5-3 tahun, kemungkinan kelincinya sakit,.bisanya kembung

      thanks

  16. mas aku mau tanya wormectin & introvit 4+ ws itu klu mau mesen bisa sama mas nggak ya, berapa harganya mas thanks

    • Pagi Didik,
      Wormectin saya gak, adanya yang Intermectin 10 ml, Rp. 55 rb ( import, produk Interchemie Holland ). introvit 4 WS 100 gr Rp.62 rb. barangnya rencana datang lg tgl. 15/5-2011

      thanks

  17. gmana caranya biar kelinci nafsu makan ?

    • malem zilla,

      Untuk menambah nafsu bisa dikasih Vitamin Introvit 4+ WS.

      Thanks
      agus

  18. om kelinci adek mencret2.
    trus dikasih daun nagka sama daun pisang jg
    ga mau solusi lainnya ap ya?

    • Siang Rina,
      Coba di kasih Obt Mencret yang oral langsung di suapin ke mulut kelinci nya untuk pemberian obatnya.

      thks

  19. selamat pagi mas,
    saya kmrn sore baru membeli kelinci sepasang jenis lop.
    waktu sampai di rmh bekasi mereka masih lincah dan tdk mencret.
    namun td saya cek, ada mencretnya.
    saya gatau yg mana yg mencret.
    boleh ga saya kasih daun pisang pada keduanya?
    atau harus ke yg mencret aja?
    terus boleh ga memberi minum kalo lg mencret?
    Kalo saya kasih obat, dibagi brp dan sampai brp lama pemberiannya.
    saya pemula bgt mas,
    mohon bantuannya. Thx

    • pagi editha,
      biasanya yang mencret diduburnya kotor banyak nenpel kotoran, pisahkan aja trus kasih kaih daun pisang/nangka dan kasih obat mencret Intertim Oral, kalau pemberian minum boleh kok dikasih karena makin banyak buang kotoran makin air yang diperlukan.

      thanks

  20. mas asaptaji thx saran obatnya manjur alhamdulillah

  21. si icil selamat tapi acil meninggal :( sempet gmw makan tp kmrn sdh survive sedih bgd aku mas :( knp ya setiap kelinci yang saya pelihara kalau dia mau meninggal pasti minta di elus dulu hiks bikin miris hati saya

    • Dear Poppy
      Semoga c icil bisa sehat sampai besar yah..kasih vitamin biar kekebalan tubuhnya kuat gak gampang terserang penyakit.

      thnks
      agus

  22. pagi mas,
    intertim oral dosisnya segmn ya?
    terus brp lama pemberian obatnya?
    thx.

    • Pagi Editha,
      Dosis Intertim Oral 0.1 ml per kg berat badan di kasihkan 2-3 x sehari selama 3 hari berturut,…

      thanks

  23. Huuk..huk..barusan hari minggu lalu beli 2 cute rabbit umur 2 bulanan…im so sad sudenly my female rabbit pagi tadi mati,jadi tinggal yg malenya aja sendiri skrg..setelah baca komentar2nya…skrg gw tahu,myb dia matinya gara-gara gw kasih sayur poeleng yg dari kulkas kali yaah…pantes aja, malamnya dia diem aja, gw kira dia ngantuk,eh paginya dia diem aja, ternyata…;(…
    btw kalo umur 2 bulanan gt sayurnya dikasih apa yaahh ??biar yg male ini gak mati.. thanks mas aji..

    • malem widiani,
      banyak penjual kelinci kalau jual bilangnya udah 2 bln ternyata aslinya baru 30-35 hari, padahal kelinci anakan baru boleh disapih/lepas menyusui umur 55-60 hari kalau dipaksain dipisah anak kelinci rentan sakit,..jangan dikasih sayuran yang seger apalagi baru dr kulkas, karena sayuran seger banyak mengandung gas kelinci bisa kembung apalagi kangkung. kasih sayuran yang sudah layu..beli pagi kasihkan malem.

      thanks
      agus

  24. malam mas,
    si betina chelsea baru aja meninggal td :(
    kalo kelinci anakan emgnya ga baik ya dikasi pelet?
    terus baiknya di kasi apa?
    supaya si jantan nino ga menyusul mati jg.
    thx.

    • malem editha,
      pelet khusus kelinci sebetulnya bagus buat kelinci asal kandungan cocok buat anakan cari pelet kelinci yang mengandung vitamin didalamya.

      thanks

  25. malam mas.
    saya beli produk mereknya biofawn probiotic 30 ml.
    bagus ga buat kelinci anakan?
    indikasinya si utk meningkatkan nafsu makan, menghilangkan stress, dll.
    itu di kasihnya brp tetes dan jangka wkt pemberiannya brp kali sebulan? Thx

    • Pagi Editha,
      Kalau produk yang editha bilang saya belum pernah coba dan jual jadi blm tau kualitasnya, kalau pemberian vitamin sebaiknya 3 hari berturut2 dalam satu minggu dikasih 2 minggu sekali.
      saya ada vitamin bagus import dari Interchemie Holland ( Belanda ) namanya Introvit 4 WS kemasan 100 gr Rp. 62 rb cara pakainya dilarutkan dalam air minum.

      thanks

  26. kalau mau pesan gmn mas?
    dan pembayaran serta pengiriman gmn?
    thanks

    • pagi ditha,
      pembayaranya ditransfer ke bank bni or bca, kalau sudah transfer konfirmasikan alamat lengkap 1-2 hari barang akan dikirim menggunakan tiki, biaya pengiriman tergantung kotanya kalau jabotabek 9-10 rb

      thanks agus

  27. selamat pagi.
    saya mau tanya kelinci saya kotorannya padat tp agak berlendir. sblmnya kotorannya hanya agak basah aja tp gak berlendir gt. Itu knp ya? Dan harus gmn?

    • Malem bekti,
      kemungkinan kembung, jangan kena angin langsung apalagi waktu hujan..kalau ada kasih obat kembung Permenthyl 5%.

      thanks

  28. pakk
    kelinci saya tdak mau mkan gmn y ?
    sya udh ksii mnum obatt metronidazol bsa smbuhh qak y ?
    thks ~

    • malem cerlin,
      emang kelincinya sakit apa?…kalau gak mau makan coba kasih vitamin introvit yang dilarutkan dalam air minum,…sebagai vitamin.

      thanks

      • vitamin introvit ad di apotik qak ?
        diia skiit diiare llo
        mencret trus
        trus diiam2 dan qk mau makan ..
        sya ksiih obat metronidazol boleh kan ?

      • malem cerlin,
        introvit itu vit khusus binatang gak ada diapotek, metronidazol untuk darurat boleh dikasih

        thanks

  29. pak pemberian pakan pelet itu gmn c di campur air atau gk……
    blz yah pak

    • Siang Padli,
      Pelet dikasih jangan dicampur dengan air, kalau untuk air minumnya di pisah kalau bisa pakai khusus botol minum yang bisa disedot jadi tidak tumpah dan kotor kemulutnya.

      thanks

  30. pak prawatn klinci kira” umur 2 bulan bgaimana?klo pangn rumput gk ad d gnti dgn sawi puth atw hjau b0leh gk?Klw pelet d ksh k klinci umr 2 blanan gmn pk

    • pagi padlil,
      sawi boleh dikasih tp yang sudah layu biar gak kembung,..trus pelet bisa dikasih cari yang kecil2 or diancurin biar tidak terlalu besar jangan lupa dikasih air minum.

      thanks

  31. tp pak klincinya gk mw mnum dr tmpt mnum yg d sedot pak.ap hrz sya suapn mnum

    • malem padlil,
      tempat minum yang disedot coba pelan2 ditempelin kemulutnya, memang harus telaten tapi lama2 nanti biasa

      thanks

  32. ko, kelinci saya mencret..udah dikasih metro..tp g mw mkn..gmn y?

    • malem willy,
      maksudnya gak mau dimakan obatnya?..apa gak mau makan rumput or pelet?..coba dikasih vitamin introvit penambah nafsu makan

      thanks

  33. ini kelinciQ sdg hamil.. dan tadi aq liat koq mencret..
    dikasih obat apa yaa???

    • malem addin,
      Langsung dikasih intertim oral hargnya 65 rb kemasan 60 ml

      thanks

  34. klinci aq tiba2 g mau makan..lemas banyak diem..g beol dan buang air..aq kasi air putih n vitamin minyak ikan g ad reaksi,trs aq kasih susu,baru bisa buang air besar..tapi beolnya g mencret,utuh tapi berlendir nggantung di (maaf) anusnya..dikasi vitamin ato obat apa ya?beli diapotik ada? trimakasih infonya..

    • malem,
      itu kemungkinan kembung, dikasih permenthyl 5% aja, diapotek gak ada kalau dipetshop mungkin ada saya biasa jual rp. 25 rb per botol

      thanks

  35. kelinci saya mencretnya banyak bgt itu juga barussan aja siang mah gesit amat ehh mlmnya mlah lemes ga mau makan diem ja.apa cara yg ampuh bgt yaa buat nyembuhin penyakit kelinci saya yaa mas ??

    • malem,
      obat mencret yang bagus intertim oral, kemasan repack 60 ml rp.65 rb

      thanks

  36. Mas,kelinci saya kotorannya agak basah tp g’ mencret,
    kalo saya kasih obat fladex/flagyl bisa g’ mas?

    • pagi mitha
      kemungkinan kembung, coba kasih permenthyl 5%

  37. mas,dlam 1 miggu ni…klinci sya mati sebanyak 4 ekor,karna mencret dan kembung!sebaik ny…syuran apa sih yg bagus buwat kelinci…..klo bli obat”an bwat klinci tuh d penshop sllu ada g….tolong jwab mas,sya pmula bnget punya kelinci

    • Malem Rudi,
      Sebaiknya kasih sayuran jangan yang segar, bagusnya yang sudah layu untuk menghindari terlalu banyak kandungan gasnya apalagi kangkung,pecin,sawi or kol bisa kembung atau mencret, klau obat mencret sebaiknya slalu ada karena bisa terjadi tiba2, biasanya sy jual intertim oral kemasan 60 ml rp. 65 rb bisa kirim ke seluruh indonesia

      thanks

  38. mas kelinci q kotoran nya agak basah…
    tpi aq gg tw itu mencret ato kembung…
    yg aq denger sh klo kyk gitu perut nya di panasin pke air panas yg di masukin ke botol truzz diletakin ke perut nya selama 10 menit…
    tpi stlh aq cba sama ajaa hasil nyaa
    gmn donk solusi nya maaasss
    aq gg pengen kelinci q mati krn itu lg..
    czz dah 2 kelinci q mati kyk gtu..T_T…..

    apa shh penyebabb nyaa masss…????????
    trzz apa jga obat yg tradisional ny mass
    tHxx ya maasss

    • siang raniee,
      penyebab kembung biasanya dari pakan sayuran yang masih segar ( bnyk mengandung gas ) dan kena angin langsung terutama sewaktu mau hujan,…sran say:
      1. berikan sayuran yang sudah layu beli pagi kasih malem hari
      2. kalau ada angin besar/kencang tutup kandangnya agar tidak kena angin secara langsung.
      3. Obat kembung Permenthyl 5%.

      thanks

  39. Halo mas, bagaimana penanganan kelinci kembung? Dan apakah obatnya? , dan bagaimana memberikan makan kelinci yang sakit karna kelinci tidak mau makan sendiri…thx ya

    • malem artur,

      Kelinci kembung harus cepat diobati karena bisa menyebabkan kematian, kalau ada dikasih obat kembung permenthyl 5%, dan dikasih vitamin untuk menormalkan nafsu makannya

      thanks

  40. pak, kelinci saya pada lemes dan tadi pagi ada yg mati, dan setelah disembelih ternyata ususnya banyak air, itu kenapa ya?
    apa mungkin dia kembung?
    mohon pencerahannya…..

  41. kalau pesen intermectin dan rebung….
    gimana caranya ya?
    terima kasih
    salam

    • Dear Petir Rabbit,
      kalau pakanya rumput kasih airnya secukupnya tp kalau dikasih pelet harus agak banyakan, untuk pesen obat-obatan bisa sms ke 081282703300, untuk rebung sdh tidak jual..kalau kembung ada obat Permenthyl, kalau Mencret ada Obat Intertim Oral.

      thanks

      • asww. mas sy br pmula nih,klo klinci dikasih buah atau daun mengkudu ( pace ) bahaya ga ya mas?
        trim’s tas jwbn’y mas

      • siang sekali2 boleh, tp jng jd menu utamanya

        thanks

  42. mas sy pmula mo nya nih. kalo klinci dikash pace atau daun pace bahaya ga ya mas?

  43. d mana bs di dapat obat suntiknya

    • siang sugi,
      untuk obat2an bisa beli d sini

      thanks

  44. pak kalo obat intertim oral ada ga jual di apotik biasa,trus cr kasihnya gimana dosisnya jg brp thanks

  45. Intertim oral gak ada jual d apotek, kalau mau pesen bisa d sini, cara pakainya diminumin pake sendok

    • klo permenthyl 5% bentuk obatnya spt apa mas? dan bgmn cara pakainya? trmksh.

      • Dear Dre Wahyuni.
        Obatnya cair, diminumkanya bisa dicampurkan ke air minum

        thanks

  46. pak, kelinci saya ada yg mencret, tp kynya pagi aja mencretnya soalnya klo siang pas di kasi makan mencretnya ilang
    nampu makannya jg bagus, tp tetep aja kurus..
    kalo ky gt sehat g si?

    • Pagi,
      Itu bukan mencret kalau mencret mah bisa 1-2 harian, coba diksih vit introvit

      thanks

  47. mas kelinciku mencret tapi gak tau obatnya apa?

    • Dear Mega Amalia
      Obat Mencret : Intertim oral

      thanks

  48. waduh mas…blm lg pertanyaan sy yg 1 terjwb sdh ada mslh baru lg nih. gara2 asyik krm prtanyaan d laman ini semalam kelinci sy diterkam kucing, tp alhamdllah bs diselamatkn. yg jd pertanyaan baru dr sy : bgmn cr menghilangkan trauma ketakutan pd kelinci pasca kejadian itu?
    krn kelinci sy jd pendiam dan tdk mau makan, badan nya ditekuk (jawa: mengkeret) dan telinganya tdk tegak spt biasa nya. kasihan sy mas mlihatnya, sy takut nntinya knp2 dgn kelinci sy tsb. trmksh

    • Malem,
      Coba di karantina dulu dikandang jangan ada yang ganggu, trus kasih vitamin Introvit 4WS karena ada kandungan anti stressnya

      thanks

  49. pak aku mau nanya.,
    kelinci saya,. suaranya aneh ky ada air di tenggorokannya,,tp napsu makannya masih bagus.,
    kira” sakit apa ya & bahaya ngg?
    idung nya jg keliatan basah & kucel gt.,
    harus di apain,? obatnya kira” apa?
    tp kalo bisa obatnya yg alami, soalnya di sini susah nyari obat”n khusus kelincinya..

    thanks
    di tunggu jawabannya..

    • Dea,
      kayak suara ngorok yah,….coba dikasih limoxin LA sekalian sembuhin fileknya, bisa dipesesn disini kok nanti dikirim via tiki

      thanks

  50. Mau tanya pak.. Kelinci saya (maaf) tahi nya encer gitu mungkin mencret.. Obat tradisional yg paling bagus tu apa ya? bisa dikasi daun pepaya atau daun pisang? Harus seger atau layu? Trus saya baru beli obat mencret merk “Well” di pet shop dosisnya 2 tetes unt kelinci, kira2 bahaya gak kalo dikasi ya?

    • Indra,
      Kalau belum parah bisa dikasih daun pisang muda or nangka cukup segengam aja 3x ( segar ) sehari tapi kalau sudah lama harus dikasih obat intertim oral

      thanks

  51. mas saya mau nanya kelinci sayatu awalnya sehat-sehat aja tapi knapa beberapa jam kemudian dia kayak sakit parah badan sama kepalanya memanjang sejajar dengan lantai kandangnya ekornya terangkat,tubuhnya mengigil dan dia susah untuk bergerak. sakit apa ya kelinci saya mas?tolong juga kasih tau obatnya?

    • Malem Anca
      Biasanya penyakit kembung yng sering tiba2 sekarat trus mati, penyebanya dr makanan dan cuaca tdk boleh kena angin langsung apalagi sewaktu mau hujan. kasih sayuran yng layu jng yang segar2 karena banyak mengandung gas

      thanks

  52. Wah,forum kelinci yg luar biasa,,admin nya jg sabar jawabin pertanyaan2,,
    aku mau share ja disini,ku punya sepasang kelinci,jenis angora persia(bulu lebat) dan angora inggris,,rawat sejak kecil sampai pnya anak berpuluh2 ekor,dan makan nya cuma kangkung sawah ma rumput sawah,siang ku beri ubi or wortel,,,kalo betina pas lagi hamil,kuberi dia tambahan pur ayam(pur yg gede2),di jamin anak2nya gede2,gesit dan sehat,,
    buat om admin,,maju terus,,

    • Siang Mas boby
      Terima kasih udah mampir d web ini dan berbagi pengalaman semoga bermanfaat buat temen2 kita yang lainya,…sukses slalu

      thanks

  53. Makasih saranny.. Mau aku coba hr ni jg.. Aku kbangun jam 4 n melihat kelinciku mencret..
    Aku panik krna gak tau apa yg harus dilakukan..
    Aku bersihkan kelinciny dr kotoranny..
    Mudah”n bs berhasil..
    Amiinn..

  54. mas, mau tanya, saya beli kelinci 3 minggu yg lalu, namanya bonita. hari ini bonita tiba-tiba kotorannya lembek, padahal sebelumnya bulat-bulat kecil2. tadi saya pulang dr tahun baruan nge-liat kandangnya udah berantakan banget, kotorannya kayak tanah merah yg jadi lumpur gitu tapi sebercak-sebercak. saya cek anusnya, belepotan kotoran yg sama spt itu. itu kenapa ya mas? saya kasi makannya wortel yg dr kulkas. hari pertama saya kasi makan pelet kelinci, tp ga mau dimakan sama sekali, saya pikir mungkin karena masih takut. krn hari ke-2 masih ga mau makan pelet, saya ganti makanannya dengan wortel, dan dimakan sama dia, jadi saya teruskan wortelnya, selama 3 minggu dia sehat2 aja, lincah dan tidak takut sama saya lagi. untuk kandangnya saya pakai aquarium besar dan tertutup / aman dari angin kencang dan hujan, tiap hari kalau saya bersihkan kandangnya, saya keluarkan dia dari kandang, dan dia lincah sekali. tiba2 hari ini lemas dan ga mau makan. tolong dibantu saran mas, saya takut bonita mati, karena anak saya suka sama dia. saya kurang jelas brp umur bonita, ukuran badannya kecil paling cuma sebesar +/- 15cm… terima kasih. kalo ada obatnya dan bisa pesan sama mas, tolong dikasi tau ya info selengkapnya.

    • mas, ga jadi lagi. bonita udah meninggal. :'(

      • Dear Fira
        Ushakan beli anakan kelinci diats umur 2 bln karena di baha itu blm lepas sapih ( menyusui ). rentan sakit terutama mencret dan kembung

    • Siang Bonita,
      Kemungkinan kelinci nya mencret, coba di kasih Intertim Oral bisa pesan di sini,…jangan dikasih wortel langsung dr kulkas …coba layukan dulu wortelnya baru dikasihkan.

      thanks

  55. Mas kelinci ku baru tadi pagi mencret, tapi kelihatannya masih mau makan, sakit apa kelinciku ya ? obat untuk mencret nya apa ya ? dan bisa dibeli dimana ? tks

    • Dear widi.
      Obat mencret namanya Intertim Oral bisa beli disini cara pakainya diminumkan ukuranya ada yng 60 ml dan 100 ml thanks

  56. siang,mas mw tanya,pakan kelinci bsa dibeli dmna ya/cozx didaerah sy di balikpapan susah didapat,apa dngan dedak dia mw,selama ini klinci sy ksih daun pisang atw kangkung,tolong saranx terima kasih

    • Mlm Lily,
      Dedak + bakatul + ampas tahu di aduk juga bisa dikasih ke kelinci, harus agak basah dikasihnya jng kering jng lupa kasih minum

      thanks

  57. thx ya mas,.
    sdikit byg mengetahui makanan ttg kelinci.
    kpn2 kalo ada mslh boleh kan saya tanyak :)

    thx bgt.

  58. hallo mas mau nanya kelinci saya sempat mencret 2 hari yang lalu dan saya kasih daun pisang, beruntungnya setelah itu sudah ga lembek lagi kotorannya. eh ternyata pagi ini malah lembek lagi dan sampai berlendir dan ga mau makan.

    saya langsung kasih obat diare untuk anak. tapi habis itu malah ga mau makan sama sekali dan ga pipis atau buang pup. akhirnya saya suapin air yang udah saya campur sama tirex, teh hangat, dan daun pisang yang saya tumbuk untuk dapet sari-sarinya karena si kelinci ga mau ngunyah sama sekali. pas saya kasih wortel dia baru mau. tapi tetep ga ada kotoran apa pun dikandang.

    kelinci saya makin lemas, kira-kira saya mesti apa ya? thanks.

    • pagi gusti,
      ….beruntung setelah itu…( sembuh ), jng dkasih sayur segar terutama kangkung banyak mengandung gas harus dlayukan dulu…

  59. bang, mau nanya nih!
    kelinci saya udah mati 3 ekor, penyebabnya mencret dan kembung…
    kadang ada kelinci yang mencret langsung mati dan ada yang beberapa hari kemudian baru mati.

    obat yang saya kasih adalah daun singkong muda yang masih kecil. dan itu lumayan manjur. tapi masalah nya untuk kelinci yang mati mendadak.

    contohnya : jam 2 dini hari saya liat kelinci saya masih bugar. tapi pas jam 8 pagi, kelincinya udah tewas, dan penyebabnya adalah mencret+kembung.

    pertanyaannya : gmn cara mendeteksi sejak dini, kalo kelinci kita mulai mencret dan kembung?? setidaknya kita pernah berusaha untuk mnyembuhkannya,, gak langsung mati..

    • Lufti,
      Kalau kelinci kembung, biasanya kalau duduk dia tidak bisa tegak agak bengkung badanya dan memang kalau lg jlan tidak ada tanda2 sakit sebaiknya hindari kandang kena angin langsung apalagi musim hujan

      thanks

  60. thks

  61. salam,
    mau nanya itu daun pisangnya bisa pakai daun pisang hias gak?
    terima kasih sebelumnya

    • aaron,
      maksudnya daun pisang hias yg gmn? klau ada sih daun pisang biasa aja

      tkhs

  62. met sore…….., mo tanya nih, kandang kelinci yg langsung lantai plesteran tanpa alas pengaruh sama perut kembung si kelinci ga?trus kandang yg baik buat si kelinci yg gimana ya?makasih

    • vincent,
      kalau langsung lantai sebaiknya d alasin rumput kering or jerami, yg baik sih bisa terbuat dari bambu,..mungkin banyak contohnya d internet atau kalau ada rezeki bisa buat dari galpanis ( kawat stenless) agar lebih kuat dan awet )

      thanks

  63. pak…. kelinci saya mencret,trus gk mau makan,gi mana y pak supaya mau makann …..thanks

    • Eko,
      Kelinci kalau sudah mencret atu kembung memang susah makan, sebaiknya sembuhkan dulu mencretnya.. bisa dengan obat intertim oral

      thanks

  64. Pak, Kelinci saya tidak buang kotoran, dan makannya juga tidak mau, saya sudah coba kasih jahe + madu dalam 2 hari ini tapi juga belum mau makan dan buang kotoran, apakah perlu pakai antibiotik ? apa nama antibotik tersebut, dan apakah ada di apotik? terima kasih

    • akhirnya semalam, keluar kotoran mencret2 dan berlendir… (sepertinya ada darahnya juga :kalo saya tdk salah liat”) kelinci juga belum mau makan, dikasih minum juga susah hanya mengkerut saja, paginya saya kasih rumput, dan dimakan itupun sedikit bagaiman penanganannya…mohon sarannya..

      • rivo,

        Kemungkinan kembung tuh,..coba di urut2 dari leher ke bawah bagian perutnya trus di lepaskan biar banyak keluar kotornya, yg bagus lg kasih permenthyl

        thanks

    • rievo,.
      Kemungkinan sembelit…coba kasih makan nya kasih sayuran or yg banyak berserat..

      thanks

  65. siang mas…..
    saya baru beli 2 ekor kelinci 2 hari yg lalu dalam kondisi sehat n doyan makan pur n buah, kemudian keesokharinya pada mencret semua n yg jantan mati…..
    sekarang tinggal yg betina doyannya cuma minum saja n g mau makan dri kemaren, kira2 knpa y……
    terimaksih sebelumnya…..

    • Agus,….
      Penyakit kelinci yg paling sering adalah mencret dan kembung dikarenakan pakan yg tidak seimbang dan udara,..persiapakan obat mencret intertim oral

      thanks

  66. selamat pagi, mas.
    kelinci saya baru 2 hari mencret dan setelah saya baca blog mas ini saya langsung beli metrodanizol trus saya tanya tmn saya anak kedokteran hewan katanya pake dialet, akhirnya saya beli dua2nya. tapi saya bingung jadinya, trus jadinya baru saya kasih makan daun pisang sama daun nangka. jadi gimana, mas?
    terima kasih :)

    • agung,
      memang harusnya khusus obt mencret buat kelinci ( hewan ) sprt : intertim oral tp untuk darurat berdasarkan pengalaman bisa pake metradizol,…dan makan nya bisa dikasih daun pisang or nangka,..keputusan terakhir ada d agung…

      thanks

      • pagi
        saya mau nanya kelinci saya kan mencret saya kasih obat ntros top boleh gak / obat flagil dan fladex di apotik

      • firman,
        kalau untuk darurat coba di kasih antibiotik kandunganya yg enrofloxacin or metadizol dikasihnya 1/4 aja

        thanks

      • tanks sebelumnya tapi jawabnya kelamaan keburu udah mati doluan !!! -,-“

      • firman,
        mohon maaf karena ada aktifitas lain jd gak bisa up date tiap hari.

        thanks

  67. tolong balas donk pertanyan saya boleh gak di kasih obat warung ntros yop

  68. mas mw tannya kelinci yg baru melahirkan boleh tidak di beri asi lagu sampe usia brapa ?

  69. mas saya pemula, kelinci yg saya punya 3 ekor, saya beli di barito. menurut penjualnya 2 ekor betina, 1 ekor jantan. saya juga lupa menanyakan umurnya. saat ini baru saya kasih makan pur khusus kelinci, sama air minum. apa yg seharusnya saya lakukan agar supaya mereka sehat, mohon petunjuknya….

    • pradana,
      mudah2an umurnya 2 bln ke atas, karena dibawah umur segitu blm lepas sapi sehingga rentan kena penyakit kembung or mencret,..antisipasinya jng dkasih sayuran yg segar layukan terlebih dahulu, air minum hrs slalu ada, jgn kena angin lsng apalagi musim hjan bisa kembung..jng lupa kasih vitamin

      thanks

      • mas saya mau nanya kan saya biasa beli pakan kelinci yg 10rb ,eh waktu saya beli pakan yg 15 rb merek sama tpi salah satu kelinci saya malah gak mau makan . terus saya ksih kulit jagung gpp kan . mohon dijawab nanti mati lagi kelinci saya. tanks

      • dirman,
        kalau mau ganti pakan harus pelan2 kalau bisa dcampur terlebih dahulu nanti dosis pakan yg lama dikurangi biar bisa adaptasi…kulit jagung untuk selingan gak apa2

        thanks

      • klo di ksh tiap hari kulit jagung blh gak . terus penggantinya apa donk selain kulit jagung , klo wortel di mencret .

    • ciri” kelinci hamil gimana yah !!!

      • Firman

        bisa d baca2 di website sy tentang kelinci hamil

        thanks

  70. mas, kelinci saya umur 2 bulan sebaiknya dikasih makan apa ya? trus ada jam2nya gak? soalnya satu kelinci saya, saya kasih pelet terus dan tiap tempat pakannya kosong saya isi tp malah mencret. kalau dikasih wortel gmn sebaiknya?
    terima kasih, mas. :)

    • agung,
      KAsih pakan kelinci diusahakan jamnya sama pagi-siang-sore wortel untuk selingan bagus

      thanks

  71. tanks buat info” yg lain .tpi saya mau tanya makan pokok yg bagus buat kelinci sama selingannya apa aja yah .

  72. lama amat balasnya -.-“

    • firman,
      kalau ada pertanyaan yg urgent bisa via sms aja, makanan pokonya adalah rumput ( mohon maaf baru bisa balas /0]

      thanks

      • saya minta no hpnya donk .bru sya bisa sms

      • firman,
        bisa diliat di blog ini ada no hp sy 081282703300

        thanks

  73. Sore mas, saya baru beli kelinci 1 minggu yang lalu terus dia suka bersin itu kenapa dan apa obatnya
    dan kalau mencret itu encer atau bagaimana

    • Putri,
      Bersin2 kemungkinan kena flu, kalau mencret pasti kotoranya cair, kalau msh kental dan berbau kemungkinan kembung

      thanks

  74. saya minta no situ donk mas asaptaji .biar nanyaanya gampang dan lebih cepat

    • firman
      081282703300 thaks

      • seep tanks

  75. mas kelinci saya mencret2 nh , bingungg udah tak kasih obat tradisional tapi tetep ajah kaga mau mau makan , minta solusi nya mas ?

    • aziz,
      Coba slalu siapkan obat mencret seperti interim oral, bisa dipesan di sini

      thaks

  76. cuma mau comen, mksh mas
    saya dpt ilmu dari bacaan-bacaan di atas..

  77. mo tanya mas,
    apkah boleh, 1 mggu ato 1 bln sekali kelinci kita ksih obat anti biotik srpti tercatat di atas, agar terhindar dari mencret?? ato emng harus nunggu mcret?? thx ya mas :)

    • hartono w cuma mau ksh tau aja .sebetulnya gak usah dikah obat asal ksh pakanya yg bener .tar juga kelincinya sehat .kya punya ane hehehe…

      • firman,
        prinsipnya pelihara kelinci itu pakan yg cocok, kandang bersih pasti sehatttt

        thanks

    • hartono,
      Makanan yg cocok, kandang bersih dan tidak kena udara langsung kelinci pasti sehat, semua obat tidak boleh dikasih secara rutin kecuali vitamin

      thaks

      • mas ada toko shopnya and klo ada dimana tuh ?

      • firman,
        shopnya d rumah aja, di bandung

        thanks

  78. satu lagi kelinci punya saya yg 1nya bulunya rontok di kasih obat apa tuh ?

    • firman,
      sekalian jwb yg dsms nih, rontok bisa karena stress or udara yg panas dan lembab coba d kasih introvit 4ws

      thanks

  79. bang ane punya kelinci 4 . terus yg 2 udah cukup umur buat di kawinin 5 bulanan ,tapi jenis kelincinya beda bisa atau enggak tuh ?

    • firman,
      bisa aja dengan beda jenis gak maslah cuman anakanya gak bisa murni seperti kedua induknya

      thanks

  80. pak, kelinci sy baru sejam yg lalu mencret sedikit.. bisa gak di kasih entrostop dosis kecil krn cari intertim oral gak bisa dpt cepat. beli di mana ya yg dapet cepat??

    • sarah,
      intertim bisa dibeli d sini

      thanks

  81. sekedar ksh tau klo susah cari obatnya pake obat tradisional dolo aja . banyak tuh di google tentang obat tradisional kelinci mencret

  82. mo tanyak mas,
    Sore dan malam skitar jam 7 klinci q sehat2 (umur 2 bln) tiba2 paginya lemas tak lama kemudian mati (di tandai perut gembung dan kelinci satunya mencret) sore di kasih sayuran seprti biasa, tapi dlm 1 mggu ini q ksiih makan skira jam 6 sore, kalo mencretnya pagi ato sore kan msih bisa di kasih obat. kira2 masalhnya dimana nih MAS… bingung nih mas gimana pola makanyaa/ato salah pola makanya..trims

    • andri
      itu kemungkian kembung, dikrenakan kena angin langsung atau sayuran yg segar krena bnyk mengandung gas,.kalau pola makan normalnya pagi 08-09 sore 2-3 dan malem 6-7 ( lebih banyak dkasih porsinya untuk malem )

      thanks

  83. siang mas..
    kelinci saya sepertiinya pilek, bulu di sekitar hidungnya basahh..
    tapi makannya tetap rakus.cara pengobatannya gimana ya??
    dan obat apa yang gampang di cari? maksudnya yg ada di apotek2 kebanyakan..
    terima kasih

  84. oiya di karenakan saya sibuk bekerja, apabila belom sempat di obati selama 2 minggu apakah kelinci saya akan mati? :(
    dan apakah dampaknya kalau tidak di obat?
    apakah bisa sembuh dengan sendirinya atau tidak..
    tolong pencerahannya mas :)

    • aditya
      kalau pileknya belum parah bisa dikasih antibiotik yg kandunganya enrofloaxin, dibelah mepat trus dhaluskan lalu dicampur air dan diminumkan sehari 2x

  85. malam mas..

    saya mau nanya nih..
    klo misalnya kelinci saya mecret kemarin terus skrng udh gk mecret lg perlu dikasih obat gak?

    tolong saran nya yah..
    trims.

    • amelia,
      gak perlu paling jaga makannya di jaga dan jangan sampai kena angin langsung

      thanks

  86. sore mas,kelinci saya banyak yg mati gara2 mencret,kata’y pke diapet tpi mlah tambah mencret,makan’y pada nafsu,apa kelinci g boleh kekenyangan???

    • rifly
      maslahanya bisa dr makananan yg tidak cocok kalau pake pelet, dan jng d beri rumput or sayuran segar usahan dilayukan terlebih dahulu untuk membuang kadar gasnya yg bisa mengakibtkan kembung dan mencret siapka slalu obat mencret intertim oral

      thanks

  87. Mas, mau tnya nih,, kelinci ku perut na gede, pnyebab na apa yah? Klo hamil ga mungkin soal na msh kecil,, kmungkinan kembung, obat tradisional untuk atasi kembung apa yah? Thx.

    • Nidy
      Biasanya d urut 3-5 menit perutnya dari arah kepala ke ekor,…trus lepaskan biar banyak bergerak jng d mskan kandang ulangi lagi siang or sore hari

      thanks

  88. pagi mas aji..
    mo nnya neh,sbener’y klinci itu boleh dmandiin gak sih mas?sy mandiin pake dettol or lifebuoy biar gak berkuman n wangi.trus boleh dkasi minum susu gak ya?
    yg satu mencret2 neh mas gak sembuh2,sampe kotoran’y itu bwarna orange kemerahan.bagian bawah sampe kaki’y itu basah terus,kasian liat’y.makin lama mkn kurus.obat’y apa y mas?tp yg satu alhmdllh sehat,tp kl satu kandang bs ktularan gak ya??tq

    • Rekha,
      Di mandiin boleh ketika umur sudah 3-4 bln cukup pake shampo bayi aja, trus di keringkan pake handung or hair dryer trus d jemur, kalau mencret jng dibiarkan bisa di kasih intertim oral bisa pesan disini

      thanks

  89. Pak kelinci saya mencret tapi skrg sudah berhenti . Saya kasih makan tidakmau dimakan . Saya kasih daun jambu biji dan pisang tetap tidak dimakan . Bagaimana cara membuatnya mau makan kembali ?lalu adakah dgn cara tradisional ?mohon infonya yaa . Terimakasih :(

    • ayak,
      kalau obt tradisional sy blm pernah, coba aja cr d google biasanya banyak informasi yg bisa di dapat

      thanks

  90. Pak kelinci saya ini nafsu makannya normal, kotoran am kencingnya juga normal-normal aja tapi perutnya gedhe kayak kembung gitu. Aku kasih antangin (hasil googling) awalnya kyak ada efek mendingan tapi kok aku lihat 12 jam selanjutnya perutnya makin gedhe. Tapi sejauh ini makannya fine-fine aja. Nyari Permenthyl 5% kok susah. mohon pencerahannya. Terimakasih

    • moshi,
      kalau makanya msh ok gak masalah, kasih minum yg cukup aja biasanya kalau kembung nafsu makanya berkurang dan kotoran berlendir..untk pemesana permenthyl bisa k sy 081282703300
      thks

  91. Malam
    Sy punya kelinci 6, umurnya 5mggu
    Tp dalam dua hari ini, 2 meninggal dengangejala yg sama.. Badan lemas, tidak mampu berdiri dan kepala melintir ke belakang, tidak mau makan dan minum.. Diakhiri dengan kejang dan meninggal, ini disebabkan oleh apa ya.. Tolong dibantu

    • lina,
      anakan kelinci kebanyakan kena gejala kembung, hrs langsung di obati kalau tidak bisanya tdk tahan lama

      thnk

  92. mas mw tanya, kelinci ku baru semalam mencret, kotorannya cair kehijauan. atas beberapa saran, saya kasih diapet, n siangnya tidak keluar kotoran lagi. sudah saya beri madu juga n sedikit pisang biar dia ada tenaga, tapi smpai skr dia msh tidak nafsu makan. pertanyaannya apakah berhenti keluar kotoran itu pertanda dia mulai sembuh atau tdk? kpn kira2 dia kembali nafsu makan dan bagaimana caranya? lalu, apakah ada cara khusus untuk membersihkan bulu kelinci yang terkena mencret itu? terima kasih mas.

    Ema

    • erma,
      mungkin mencretnya sembuh tp pencernaan d dlm perutnya blm normal, coba dikasih minum vitamin,..kalau sudah sembuh total baru boleh dibersihakan ( dimandikan )

      thanks

      • mas klinci saya gag mau makan trus dagunya basah dan dia juga gag bisa buka mulutnya. kadang dia coba mau mkan tapi krna gag bisa buka mulutnya jadi gag bisa makan. itu knp ms?
        thanks

      • terry,

        Dagu basah biasanya krn suhu udara yg berubah2 drastis bisa diksh antibiotik

        thanks

  93. Obat mencret tsb di atas, bisa dibeli dimana ya ?
    Kelinci Anggora sy kena mencret”, 2 hari lalu

    • yuanita,

      bisa pesen disini harga 70rb uk 60ml

      thanks
      0857 4553 6688

  94. malam mas agus. 2 hari ini, kelinci saya mencret.hari pertama mencret, warna kotorannya hitam.tadi pagi warna kotorannya kuning.saya pkir karna saya kasi makan pelet.jadi saya stop kasi pelet.dan saya baca diblog lain cara penanganan klnci mencret adlh dngn dikasi makan daun pepaya.jadi saya kasi daun pepaya dan dimakan.tapi gak ada tanda2 kelinci saya lg sakit spt yg saya baca di blog lain tadi.malahan klnci saya yg mencret ini,lincah bgt, kuat makan.mungkinkah klinci sya yg smngat spt itu tiba2 mati? trus, apa klnci saya ini bener2 sakit? makasih mas agus ..


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 29 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: