Oleh: asaptaji | Desember 16, 2009

Obat dan Vitamin Kelinci

Temulawak untuk Kesehatan Ternak

KRISIS global menyebabkan harga obat-obatan ternak impor menjadi mahal. Tetapi apabila kita menyikapinya secara positif, justru inilah saatnya untuk mengembangkan obat tradisional untuk ternak. Salah satu bahan penting yang dapat digunakan untuk obat / jamu ternak adalah temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb.).
Temulawak telah dikenal nenek moyang kita sejak zaman dulu. Hampir semua daerah pedesaan, terutama dataran sedang dan tinggi, dapat ditemukan tanaman temulawak pada lahan-lahan yang teduh. Bagaimana anatomi tanaman ini sudah dijelaskan dalam artikel di rubrik yang sama, pekan lalu.

Selama ini, sudah banyak penelitian yang dilakukan ilmuwan Indonesia maupun ilmuwan asing untuk membuktikan khasiat temulawak. Namun karena belum adanya sistem pendokumentasiaan yang terpadu, belum semua hasil penelitian itu dapat diakses masyarakat umum.

Selain itu, aneka produk berbahan temulawak lebih sering digunakan untuk kepentingan (kesehatan) manusia. Namun aplikasinya di subsektor peternakan masih minim.

Menurut Soenaryo, dalam Simposium Nasional Temulawak di Universitas Padjadjaran Bandung (1985), penggunaan temulawak sebagai minuman pada kelinci betina mampu meniadakan lemak tubuh pada karkas dan jaringan lemak di sekitar organ reproduksi.

Sedangkan berdasarkan hasil penelitian Fakultas Kedokteran Unair (2005), kurkumin bisa memperbaiki motilitas sperma pada mencit yang diberi stres, dengan cara direnangkan di dalam air. Kurkumin dapat menghambat terbentuknya radikal bebas, sehingga mampu mencegah kerusakan struktur aksonema dan protein dinein.

Aksonema berfungsi sebagai penyusun ekor spermatozoa. Sedangkan protein dinein berguna dalam aktivitas ATP-ase, yang mampu menghidrolisis ATP sebagai sumber energi dari motilitas spermatozoa.

Hal ini memungkinkan untuk diteliti lebih lanjut terhadap hewan ternak, khususnya ternak ruminansia (sapi potong, sapi perah, maupun kerbau), dalam rangka mengatasi kasus infertilitas nonpermanen pada hewan jantan maupun betina. (Dedy Winarto SPt, mahasiswa S2 Beasiswa Unggulan Depdiknas, Program Studi Magister Ilmu Ternak Undip -32).

Obat & Vitamin Kelinci

Keberhasilan berternak dan merawat kelinci tergantung salah satunya bagaimana kita merawat , memberikan vitamin dan mengobatinya bilamana kelinci kesayangan kita sakit. Dibawah ini beberapa produk obat dan vitamin yang kami refrensikan untuk gunakan selama memelihara kelinci. sudah terbukti dan banyak dipakai oleh peternak – peternak profesional.

Berikut daftar Obat dan Vitaminnya  :


1.  – Intermectin ( 50 ml ) Untuk obat Scabies ( Budukan ),  Cara Pakai Injeksi / Suntik

2.  – Enroten ( 100 ml ) : Antibiotik mengobati  infeksi pada Pencernaan, Pernafasan, campur Air Minum

3. – Permenthyl ( 30 ml ): Obat Kembung / Bloat,Cara pakai Tetes

4. – Introvit 4+ WS ( Vitamin 100 ml ) : Untuk mencegah kelinci stress, meningkatkan daya  tahan tubuh dan Meningkatkan pertumbuhan, Cara Pakai dilarutkan dengan Air

5. – Intertrim LA ( 100 ml ): Obat Mencret, Cara pakai Injeksi / Suntik
– Intertim Oral ( 1000 ml ): Obat Mencret, Cara Pakai Minum

6. – Limoxin 200 LA( 100 ml ) : Obat Batuk Pilek, hidung keluar lendir putih, Injeksi / Suntik ( Kelinci Hamil,  Dosis Rendah )

7. Vitol ( 100 ml ) : Untuk Kelinci Mandul or susah kawin
8. Oxytocin ( 50 ml ) : Penambah Air Susu dan untuk mengugurkan kebuntingan yang tidak diinginkan

Semoga Bermanfaat..sukses Slalu

Agus
No. Telp 0857 4553 6688

email : asaptaji@gmail.com

Sumber : Kelinci Hias dan Daging ; B. Sarwono, Paduan Memelihara Kelinci Hias ; Rudy Hustamin, Pemeliharaan Kelinci ; AAK, Buku Kelinci ; Fainz Mansyur, Internet , dll.

About these ads

Responses

  1. Pak sy mau pesen obat dan perlengkapan:
    1. botol minum 90ml= 4
    2. gunting kuku=1
    3. introvit 4 ws = 1
    4. radix 55 =1
    5. rebung =1
    kirim ke alamat jl. pramuka no 3 rt01/01 cikembang-kembangkuning-jatiluhur-purwakarta 41152. total berapa dan sy minta kirim pake paket pos kilat khusus.

    • ada tambahan yaitu
      1. sisir khusus bulu binatang yg bagian sisirnya dr kawat
      2. enroten

    • Harga nya sudah dikirim ke inbox email, untuk sisir stocknya habis yang lainya ada
      thks agus

  2. buat para penghoby atau peternak sy recomend untuk keperluan obat, perlengkapan, maupun kelinci nya di rhuna rabbit hrg nya miring kelincinya sehat2 dan imut2. udah gitu yg namanya pak agus saptaji pemilik rhuna rabbit orgnya cakep n ramah,
    moga lebih succses rhuna rabbit

    • terima kasih banyak pak atas kunjunganya..kalau ada waktu silahkan main2 lagi kita sharing..thanks yah

      • insya ALLAH kalo udah beres kandang, skrg lagi bikin kandang rencana mau tambah koleksi jd dr skrg persiapan kandangnya

  3. bos gimana yah cara nya agar kelinci mau minum dr botol soalnya air botol minumnya utuh terus tp klo tempat minumnya yg biasa sih mau minum,
    tp klo airnya di campur intovit 4 ws ga mau juga tuh.

  4. mas harga introvit Introvit 4+ WS berapa?
    saya tinggal di jakarta..kalau ditambah ongkos kirim totalnya jadi berapa??
    bisa minta pricelist vitamin dan obat2an yang mas jual ga???

    thanks b4

    • Mas Heldian..terima kasih..saya sudah jawab dan dikirim via email bapak. mohon dicek inboxnya

      thanks yah
      agus saptaji

  5. boleh donk mas dikirimin price list obat n vitaminnya.. trims

    • sudah dikirim, please check your inbox

      thanks

  6. Salam sejahtera bagi kita semua.
    kami dari peternak kelinci di semarang, sedang mencari obat-obatan dan
    vitamin untuk kelinci kami. oleh karena itu kami mengharap info
    prosedur pemesanan dan harga obat serta ongkos kirim kalo tujuannya
    semarang.
    obat yang dibutuhkan:
    1. Introvit 4+WS
    2. Leva 200 oral
    3. Castran
    4. Mineral premix
    5. Vit-co

    terima kasih atas perhatian dan infonya

    Ahmad fauzan
    The Happy Bunny Semarang

    • sudah saya bls via sms. thanks

  7. bos,, kelinciku batuk batuk,, obat nya apa? trus harga nya berapa?terimakasih

    • Dear Tohar,
      Batuk2 bisa dikasih Limoxin 200 LA (Interchemie Holland – import ), harganya sekitar 100 rban kemasan 100 ml.

      thanks

  8. bisa tolong pm pricelist obat ma vitaminnya…

    • Dear isty,
      Maaf untuk sementara stock kosong, sy lg diluar kota

      thanks

  9. Intertrim LA ( 100 ml ), Intertim Oral ( 1000 ml ) dosisnya ? efektif yg mana pak…sekalian harga ya. sekalian introvit dan enrotennya boss.

    • Kalau untuk anakan bagus yang oral ( 1000 ml Rp. 800 rb ), kalau indukan yang oral dan suntik sama bagusnya ( suntik rp. 135 rb )

  10. pak tolong harga vitol,rebung k,introvit 4+, sama harga botol mnom 500ml 1pc…
    krim k jayapura bsa gk pak?sekalian harga ongkirnya pak.. thx

    • Siang,…
      Harga Vitol Rp. 99 rb ( 100 ml ), Rebung 20 rb ( 30 ml ), introvit 62 rb ( 100 gr ), botol minumnya 30 rb/pc biaya pengiriman 50-60 rb/kg.
      tapi untuk sekarang stocknya lg saya kosongin soalnya sering dines luar terus gak ada yang pegang.

      thanks

  11. Apakah Bapak menjual berbagai jenis kelinci seperti di web Bpk? Alamatnya dimana?

    • Pagi Revi,
      Sementara ini blm karena saya masih hobbies, blm jadi peternak..next time mungkin doain yah….

      thanks

  12. aslmkm pak saptaji

    saya mau menanyakn buat kelinci untuk menambah air susu dengan pemberian oxytocin 50 ml.apakah tidak berpengaruh menggugurkan kandungan kelinci

    • Dear Mas Suprianto,
      Kalau kelinci hamil jangan di kasih oxytocin bisa menggugurkan kandunganya,….sebaiknya dikasih setelah melahirkan sesuai dosis.

      thanks

  13. mas… kelinci sya jlnnya pincang kira2 knpa yah??? bagai mana cara mengobatinya?
    thank you

    • Dear Ika,
      Kelinci pincang banyak penyebabnya bisa dari alas kandang terlalu lebar, obatnya bisa cari obt suntik Limoxin 200 LA

      thanks

  14. harga intermectin (obat scabies) sama vitol berapa?

    • Dear Ali,
      Mudah2 bulan depan saya udah jualan lg untuk obat2an dan vitamin, kalau intermectin 10 ml rp. 55 rb, vitol 100 ml rp, 105 rb

      thanks

  15. pesen
    – Radix 55 ( 30ml ): Untuk obat Scabies ( Budukan ), Cara Pakai Tetes

    – Permenthyl ( 30 ml ): Obat Kembung / Bloat,Cara pakai Tetes

    – Tirex ( Rabbit Stimulan 250 ml ) : Untuk mencegah kelinci stress, meningkatkan daya tahan tubuh dan Meningkatkan pertumbuhan, Cara Pakai dicampur dng Air minum

    – Rebung K ( 30 ml ): Obat Mencret,
    pak kelinciku telinganya turun sebelah kenapa ya? padahal bukan flop
    thanks

    • Dear Ninda,
      Untuk Obat-obatanya sementara ini lg sy kosongin soalnya sering dines luar gak kepegang,…mungkin bln depan sudah normal lg,..kalau kelinci yang telinganya turun sebelah ada dua kemungkinan :
      1. indukanya mungkin ada campuran dengan Fuzzy Lop
      2. Kemungkinan saraf telinga sudah kena, akibat kalau diangkat telinganya yang suka dipegangin.

      thanks

  16. boleh donk mas dikirimin price list obat n vitaminnya.. trims

    • ok saya kirim ke emailnya yah…

      thanks

  17. mas..
    saya ingin beli vitamin Introvit 4+ WS ( Vitamin 100 ml )
    minta tolong,kira2 beli dmana ya mas…???
    posisi saya di bogor..
    jawabannya bisa kirim lewat sms(085793774070) kalo gak email
    terima kasih

    • sudah di jawab via email

      thanks

  18. malam mas.
    aku mau pesan intermectin..
    harganya berapa??? cara pake.y gimna?? mohon bantuannya..
    mkasih

    • Dessy
      Intermectin harganya 55rb cara pakenya di suntikan

      thanks

  19. sya punya kelinci sjenis anggora,
    bberapa hri iini sya lihat telinga kanan tegak, telinga kiri turun gtu,
    kalau gak slah sbulan yang lalu sya beli gak knapa”,
    kenapa ya om ???
    and solusi na gmna ???
    Thanks

  20. oya ada lagi,
    makanan yang paling bagus syur”anna contohnya apa ???
    trus gmna carana biar kelinci sering suka minum ???
    kalo mandiin boleh gak atau gimana ???
    Thanks

    • AN,
      Untuk mslh telingan bisa jd ada kawinan dengan fuzzy lop induknya sehingga telinga turun sebelah, makan or sayuran boleh dikasihkan asalkan sudah layu, kelinci boleh dimandiin mulai umur 3 bln thanks

      • om sya mau tanya lagi,
        wktu tu ada sminggu an deh, sya gak sengaja injek klinci kaki sya,
        klinci tu bntg ksygan sya,
        gak taunya smpai krang kaki nya pincang,
        sya gak tau ngrwat biar seperti smula,
        tyap do gendong psti berontak, mgkin krna kakinya sakit,
        yg prtma na kaki nya lurus, krang jadi bngkok,sya sring plan” bngkokin yar sperti smula, psti dia berontak, mgkin ksakitan
        tlong solusinya,
        dan knpa mkanan hrus layu ???
        pakan yg baik tyap hri apa??
        kangkung ktanya gk boleh sering,
        thanks

      • An,
        Kaki yang keinjak coba d suntuk limoxin LA, untuk sayuran layu krn kalau segar banyak mengandung gas yg mengakibatkan kembung, bagusnya pelt khusus kelinci yg sudah bnyk mengandung serat dan vitamin.bersih harus agar tidak mencret…sebetulnya kelinci bisa makan sayuran segar dan kotor tp itu dalam bebas mereka sudahterbiasa.

        thanks

      • pantes aj kmbung,
        hrus layu ya ??
        di suntik ??
        dmananya ???

      • an,
        sayuran kalau tidak terbiasa memang harus layu kalau obat kembung tidak di suntik tp d campur air minum

        thanks

      • kok bisa ya ??? biar lebih sehat gmna ?? biar gk kmbung lgi ??

      • an,
        karena sayuran segar banyak mengandung gas, harus rutin dikasih vitamin min 1 bln x, hindari sayuran segar dan udara langsung

        thanks

      • vitaminnya namanya apa ??
        saya punya palet tapi dah lama saya beli sekitar 2 bulan lalu, karna gak mau pas waktu kecil saya simpan di kulkas, apa boleh sekarang di berikan ??
        tlong infonya thanks

      • an,
        kalau blm expired ( kadaluarsa ) boleh dikasih tp d jemur dulu jng langsung dr kulkas

        thanks

      • biar bulunya gak gampang rontok gimana ??
        cz stiap saya elus langsung rontok
        tlong infonya thanks

      • an,
        biasanya kelinci rontok bulunya krn cuaca panas, bisa dikasih vitamin aja

        thanks

      • vitamin apa ??
        ap vitaminya menjamin bulunya tidak rontok ???

      • an,
        yg sudah2 sih berhasil, minimum rontoknya tidak terlalu banyak

        thks

      • an,
        karena sayuran segar banyak mengandung gas, harus rutin dikasih vitamin min 1 bln x, hindari sayuran segar dan udara langsung

        thanks

  21. oya ada lgi lupa ni,
    biasanya sya sblum ksi makan tu syur sya cuci dlu biar bersh,
    mmangnya gak boleh ya buat klinci,
    tlong jwaban detailnya, thanks:-)

  22. Pak saya punya kelinci pejantan angora bru saya beli umur 5 bulan,tp kena buduk,, trus kelihatannya diam mlulu,, gak ada gairah, bagaimana cara pengobatannya pak? Tolong d inbok ya pak, trimakash sblumnya

    • fahmi,
      untuk budug/scabies bisa d kasih intermectin, 55rb ongkir dan untuk agar kelinci lincah dan sehat bisa di kasih vitamin introvit 4ws rp 62 rb

      thanks

  23. Pak kelinci saya batuk batuk sampai ga mau makan. Kebetulan di beberapa bagian di rumah saya sedang diperbaiki makanya banyak debu dimana-mana. Sebaiknya saya kasih obat apa ya? Trimakasih

    • siang bisa diksh limoxin la

      thanks

  24. Selamat malam mas,
    saya baru saja beli kelinci EA 2 ekor betina tadi siang, nah pas tadi jam 9 malam sampai sekarang di mencret, kotorannya hitam. trus sekarang dia lemes banget, makan juga nga mau sama sekali. Dia udah diem saja, apa yang harus saya lakukan nih mas? sedangkan obat2an saya tidak ada, karena belum ngerti.

    • Beli kelincinya umur brp bln? Biasa nya dbwh 3bln rentan kena kembung dan mencret bagi pemula sediakan obt mencret intertim oral sm kembung permenthyl

      Thks

      • Selamat malam mas….
        kabar duka cita nih, kelinci ea saya sudah mati. Dan anehnya kenapa nular ya mencretnya ke kelinci yang lain? sehinga kelinci yang ketularan juga mati mas, Tapi kalau yang sudah usia 3 bulan tidak mati.
        mohon pencerahannya mas.

  25. Oh ya mas 1 lagi nih saya mau tanya, kelinci EA saya yang sudah 4 bulan kok badannya panas ya, apa penyebabnya ?
    saya taruh kandangnya di teras atas rumah dan tidak tertutup kandangnya (pakai kandang kucing).trus dia susah makan sekarang, maunya minum banyak dan dia suka bersin-bersin. mohon pencerahanya mas,,,,

    terima kasih sebelumnya.

  26. Kelinci saya kena scrabies.umurnya sekitar 8bulanan.obat yang cocok dan simpel apa ya?soalnya gak punya banyak waktu buat ngerawatnya.dan harga +ongkir sampek pati,jawa tengah berapa?
    Thank you


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 28 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: