Oleh: asaptaji | Desember 12, 2009

Tanda – Tanda Birahi Kelinci

Bagaimana kita mengetahui kalau induk betina siap dikawinkan. Hal ini yang sering ditanyakan banyak teman-teman ataupun peternak pemula yang memulai memelihara kelinci. Masa birahi betina muda kadang-kadang cukup lama, tetapi tidak mudah terlihat. Betina yang masih muda dapat coba dikawinkan pada usia 5,5 bulan. Kalau belum mau kawin , dicoba setiap 10 hari sampai usia 6,5 bulan.
Bagaimana tanda-tanda induk kelinci betina birahinya kelihatan :
– Kelinci tampak gelisah
– Berusaha bergabung pada kandang terdekat yang ada pejantannya
– Suka menggosok-gosokkan dagunya pada sesuatu atau sesama betina
– Vulvanya basah , berwarna merah jambu atau merah.

Apabila vulva berwarna putih /pucat dipaksakan kawin maka perkawinan akan gagal, bahkan bisa berkelahi. Sebaiknya perkawinan ditunda 2-3 hari atau sampai ditunggu vulvanya berwarna merah.
Kelinci induk betina yang siap kawin apabila tidak dikawinkan,sel telurnya masih tetap subur sampai dengan 2 minggu kemudian. Setelah itu berangsur-angsur berkurang. Periode birahi tahap berikutnya terjadi saat sel telurnya kembali masak dan subur.
sel telur dapat dibuahi karena adanya rangangan pejantan sewaktu mengawini. Sel telur akan turun 10 jam kemudian sesudah kawin, sehingga siap dibuahi. Pengulangan sekitar 8 jamkemudian baik sekali hasilnya, karena pembuahan sel telur akan berlangsung sekitar 1-2 jam setelah ovulasi.

Pemuliaan Kelinci Terencana & Terarah


Pemuliaan kelinci yang belum standar menjadi kelinci ras yang memiliki standar dapat dilakukan lewat program persilangan, seleksi, dan perkembangbiakan yang sejak awal dikerjakan secara terencana dan terarah.
Dalam memilih bibit, pilih ternak yang sehat, berpenampilan bagus, dan berusia muda. Mudah ditunasi (dibuahi) oleh pejantan, sehingga setiap kali perkawinan selalu menghasilkan kebuntingan. Ia dapat melahirkan banyak anak, dengan jumlah anak yang hidup sampai usia sapih juga relatif lebih banyak.
Program persilangan dapat dilakukan dengan tiga macam cara, yaitu cross breed, inbreed, dan line breed.

Cross Breed
Croos breed atau out breed adalah sistem pembibitan dengan kawin silang atau crossing antara induk jantan dan induk betina yang tidak memiliki hubungan darah. Tujuannya untuk mendapatkan keturunan yang lebih baik dari kedua induknya.

  • Crossing antara induk jantan dan induk betina satu strain akan menurunkan anak-anak kelinci dengan ciri-ciri strain bapak ibunya.
  • Crossing antara induk jantan dan induk betina bukan satu strain akan menurunkan anak-anak kelinci dengan kondisi campuran kedua induk yang disilangkan.
  • Cross breed antara induk jantan dan induk betina satu strain akan menurunkan anak-anak kelinci dengan kecenderungan kondisi yang lebih baik daripada bapak ibunya.
  • Cross breed antara induk jantan dan induk betina bukan satu strain akan menghasilkan keturunan dengan kecenderungan lebih baik daripada salah satu strain yang disilangkan. Cara ini cenderung digunakan untuk memperoleh final stock kelinci potong.

In Breed
In breed adalah sistem pembibitan dengan mengawinkan induk jantan dan induk betina yang masih mempunyai hubungan darah dekat. Misalnya mengawinkan ayah dengan anak, ibu dengan anak, saudara sekandung, kakek atau nenek dengan cucu. Perkawinan ini mempunyai darah yang sama, dilakukan terus menerus.
In breed menghasilkan keturunan yang lebih jelek daripada bapak ibunya, tetapi satu dua dari anak-anaknya kondisinya akan bagus melebihi kedua induknya.
Peternak yang melakukan in breed harus melakukan seleksi yang ketat. Keturunan yang jelek disingkirkan dari setiap generasi sampai didapatkan bibit ideal yang dikehendaki. Keturunan ideal berkondisi standar biasanya baru diperoleh setelah 9-10 generasi.

Line Breed
Line breed adalah modifikasi dari in breed, tetapi kelinci yang dikawinkan diatur agar tidak terlalu dekat hubungan darahnya. Garis keturunan antara induk jantan dan induk betina diketahui dengan jelas.
Sifat dominan induk jantan yang telah diketahui keungulannya diabadikan dengan sifat dominan ibu, sehingga dihasilkan keturunan yang bersifat standar. Sifat dominannya stabil. Seleksi mutu dilakukan per ekor.
Peternak pembibit banyak melakukan sistem perkawinan ini untuk menjamin produksi bibitnya bermutu standar.

Semoga bermanfaat, Sukses Slalu

Agus Saptaji / email : asaptaji@gmail.com

Sumber : Kelinci Hias dan Daging ; B. Sarwono, Paduan Memelihara Kelinci Hias ; Rudy Hustamin, Pemeliharaan Kelinci ; AAK, Buku Kelinci ; Fainz Mansyur, Internet , dll.


Responses

  1. MAS AKU MAU TANYA APAKAH KELINCI PUNYA MASA SUBUR,KALAU ADA MASA SUBURNYA BERAPA LAMA & KALAU DIKAWINKAN PADA MASA TIDAK SUBUR APAKAH AKAN JADI JUGA..TERIMA KASIH ATAS PERHATIANNYA

    • Dear Mas Arief,
      Kelinci adalah binatang yang paling subur dan cepat hamil dengan catatan kelincinya normal, tapi untuk menghasilakan bibit yang baik, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut :
      – Anakanbaru boleh dikawinkan umur 5-6 bln ( betina ) dan 7 bln ( jantan ) harus lebih tua dari betina
      – Induk yang habis melahirkan masa menyusui 45-50 hari dan satu minggu kemudian baru boleh dikawinkan.
      Tapi kebanyak para peternak hanya memikirkan nilai ekonomis dan bisnis nya aja sehingga kelinci masih menyusui indukanya sudah di kawinkan lagi…..

      thanks
      agus s

  2. mas.. apakah ada dampaknya kalau saya menggabungkan kelinci jantan dan betina dalam 1 kandang dalam wak tu lama walau kelincinya sudah hamil.

    • Pasti ada, kalau bisa pas kelinci hamil umur 25 hari agar dipisahkan agar kalau anaknya lahir tidak dimakan sama jantannya or keinjek injek pas lahiran umur 29-32 hari

      thanks

  3. mas salam kenal mau nanya mas saya punya jenis fuzilop sepasang kira kira umur nya udh 6 bulanan tapi setiap sya coba kawinin yang betinaya hanya diem aja dan sebalik nya yn jantan napsu banget dan pada saat sijantan naik pun jantan nya tidk terkulai jatuh mas berarti kawin nya gagal ya mas minta jawaban nya ya mas

    • Dear Yusep,…
      Gagal atau tidaknya kawin ( Kompoi ) tidak bisa ditentukan olah lunglainya si janta, tapi bagus atau tidaknya sperma yang dihasilkan semua itu baru bisa dilihat 1-2 minggu setelahnya…,kalau kurang yakin coba pisahkan kandangnya yang jantan ama betina kira2 satu or dua minggu trsu kawinkan lagi sampai 2 or 3x baru dipisah lg….tunggu hasilnya 1-2 minggu kemudian lengkapnya bisa baca di TANDA2 KELINCI HAMIL.

      thanks

  4. salam kenal…
    mas mau tanya, kelinci jantanku mati, sisa 1 yg betina, rencana sy mau beli 1 buat pasangannya, untuk kandangnya apakah hrs sy pisah atau di gabung dgn kelinci yg lama ga pa2? (apakah ga berkelahi klo digabungin gitu)

    • Malem Suci,
      sebaiknya kalau mau dikawinkan aja di satuinya, kalau disatuin terus pasti kwn terus kasian betinanya

      thanks

  5. mas, mau tanyaa… klo kelinci itu dikawinkan dngn induknya sndiri tu kta.a jelek ya mas..?? soalnya, sy ngegabungin anaknya dgn bapanya.. resikonya pa ya mas selain jelek..? ktanya cacat da juga ya mas..??

    thanks

    • Malem Aziza,
      kalau bisa jangan dikawinkan dengan satu darah, karena kemungkinan besar cacat, atau hasilnya lebih jelek dari induknya.

      thanks

  6. mass mauu tanya nihh , saya ada indukan kelinci , jadi passs melahirkan kelinci saya gax mauu ngerawatnyaa sampai 14 anaknya mati semuaa jadi bagaimana solusinya yahh mass ? tolong balas yaaa maasss

    • Dear Rizki,
      Agak susah juga yah,….saran saya punya dua indukan jadi kalau yang satu gak bisa, nanti bisa dititipkan ke indukanya.

      thanks

  7. mas gimana cara membuat kelinci betina supaya cepat birahi,soalnya sudah 2 minggu anutnya pucat ,umur kelinci saya 6 bln

    • Permata kelinci,
      Coba disuntik obat penambah birahi namanya vitol, jelanya bisa dilihat di jual obat dan vitamin kelinci

      thanks

  8. mas mau nanya nih, kan dikatakan kalau kelinci baru bisa dikawinkan umur 5,5 bulan, tapi waktu itu saya melihat kelinci saya (sepasang umur 3 bulan) seperti sedang kawin ya mas, saya pikir dia sudah kawin? terimakasih sebelumnya

    • malem moses,
      idealnya memang kelinci kawin umur 5-6 bln,..agak anakan yang dihasilkan benar2 bagus

      thanks

  9. siang mas saya mau nanya lagi nih boleh kan?
    kelinci saya sekarang sudah berumur 5 bulan, tapi kok yg betinanya (berawarna hitam) sekarang lebih sering naik ke atas yang jantannya (berwarna putih, abu-abu) ya? karena saya ragu akhir’a saya coba cek kelaminnya, tetapi setelah saya cek yg berwarna hitam itu betina kok dan yg putih, abu-abu jantan. Saya bingung’a kenapa bisa terbalik ya mas, saya khawatir saja karena yg betinanya bertubuh besar (jenis satin), dan yg jantannya jenis rex, jadi yg betinanya lebih gemuk daripada jantannya. Tolong di balas ya mas. Thanks before

    • Malem moses,
      Biarkan prosesnya berjalan dengan alami,, yang harus dipastikan kalau itu sepasang,

      thanks

  10. pagi mas,… saya mau tanya, cara mengetahui birahi kelinci itu ada waktu nya gak,..???? misal nya masih pucat, kpn kta bisa ngecek ulang nya lagi,…????

    • pagi,
      biasanya kalau jantan agresif dan betina kemaluanya mulai merah,..

  11. mas mau tanya, kelinci jantan saya umur nya 3 bulan tapi akhir2 ini suka naikin si betinanya seperti posisi mau kawin. itu gimana ya mas? kan idealnya 5 bulan, apa 3 bulan emang sudah bisa kawin? apa mereka hanya proses belajar apa kawin beneran, saya tanya dokter katanya “masih tahap belajar, mungkin”

    tolong dibalas ya mas, terimakasih

    • gusti,
      saran saya pisahkana saja jantan sama betina sampai betina umur 5 bln jantanya 6 bln baru boleh dikawinkan lg.

      thanks

  12. siang mas sy mau nanya kelinci sy g tau umurnya berapa krna sy waktu belinya g nanya umurnya berapa???
    trus selain lihat dri umur dri apa lg yach mas buat tau kelinci sy sdh birahi apa blum.. tolong d balaz yach…

    • Vania,
      Kelincinya jantan or betina ?….kalau betina bias diliat dari kemaluannya biasanya kalau yg sdh waktunya kemerahan, kalau jantan umur 3-4 bulan juga sudah mau kawin tp bagusnya 5-6 blm baru dikawinkan dan betina 5 bln

      thanks

  13. mas nyuntik vitol itu apa harus kena daging atau di atas kulit? untuk porsi menambah birahi suntik diatas daging apakah efeknya jalan? dan brp ml? dan nyuntiknya dmana? itu aja trims…

    • Iwan,
      untuk penyuntikan vitol boleh kena daging yg tidak boleh kena daging adalah suntik obat scabies..usahakan sesuai dosis

      thanks

  14. met sore mas, saya punya sepasang kelinci anggora (kata penjualnya) umur yang betina 5 bulan yang jantan 6 bulan, sejak beli sampai sekarang (kurang lebih 1 bulan) saya taruh dalam 1 kandang, apakah harus dipisah?ada yang bilang klo sendiri2 mati…

    thanks.

    • devika
      kalau itu benar 5-6 bln berarti sudah boleh dikawinkan ( satu kandang ), kelinci pisahkan juga tdk akan mati

      thanks

  15. maaf ada yang kelupan untuk d tanyakan…
    makanan yang bagus buat kelinci apa ya…
    selama ini saya kasih makan kangkung (sering), sawi, wortel, apel…

    • devika
      yang bagus tetap rumput,…kalau ada pelet kelinci yg sudah ada kandungan seratnya dan vitaminya

      thanks

  16. aku masih bingung antara kelinci jantan dan betina ms,,tulung banget di bantu ya?????????????

    • Marjai
      ada 2 lubang dekat ekor lubang anus, dan lubang dekat perut lubang kelamin. Untuk anakan kelinci, tekan sedikit pada alat kelaminnya. Jika bentuknya menonjol dan menyerupai penis, maka dapat dipastikan itu adalah jantan, sedangkan jika membentuk lingkaran murni dan agak memanjang, maka kelinci tersebut merupakan kelinci betina

  17. mas sya mau tany kalo nyuntik vitol tu daerah mana????
    mohon bantuan ny

    • Dear exo
      bisa di bagian paha

      thankd

  18. malam mas,mau tanya kelinci saya gagal hamil/melahirkan sebaiknya selang berapa hari baru bisa dikawinkan,seharus tgl14/10/2013.terima kasih mas…

    • Supri,

      Idealnya 2-3 minggu kemudian baru dikawinkan lagi. usahkaan dipisahkan yah

      thanks

  19. mas saya mau tanya ini saya kan ngerawat kelinci yang jantan umurnya udah 6,5bulan tapi belum saya kawinkan juga karena mau di kawinkan betina nya malah mati , nah saya beli lagi kelinci anggora tapi baru 2bln umurnya , itukan mau saya kawinkan sama jantannya yang udah 6,5 bln apa nanti jantannya gak ketuaan nunggu betina 5bln mas ?

    • Mira
      Kelinci umur produktif nya sampai dengan 2 thn, jd mash lama tenang aja

      thanks

  20. MAS SY MAU TANYA: KELINCI SY TIBA-TIBA KEJANG-KEJANG LALU MATI. YG SY TANYAKAN ADALAH APA PENYEBAB DAN PENGOBATANNYA BAGAIMANA?
    TRIMAKASIH, PRIYO TEMANGGUNG

    • Dear Priyo

      Biasanya kejang2 dikarenakan kembung, kalau kelinci sudah kelihatan duduknya bengkung nafsu makan kurang bisa dikash obt kembung permenthyl.

      thks
      agus


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 28 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: