Oleh: asaptaji | Desember 12, 2009

Problem Anak Kelinci baru Lahir

Beberapa problem dibawah ini mungkin banyak dialami para peternak pemula ataupun para penghobi pemula. Problem pada induk yang baru melahirkan dan anaknya semua mati karena sang induk tidak merawatnya dengan baik.
Hal-hal yang merugikan anak kelinci, antara lain :

Induk terganggu atau ketakutan

Apabila induk merasa terganggu dan ketakutan karena suatu hal , misal : adanya hewan buas seperti tikus, kucing, anjing dan ular ataupun orang asing ( torang tidak merawat sehari-harinya ) keluar masuk melihatnya , Induk kelinci akan mengalami :
Keguguran ( induk kelinci melahirkan tidak pada waktunya )
Melahirkan diluar kotak sarang, sehingga anak kelinci kedinginan dan mati
Induk yang sudah melahirkan dan merasa ketakutan/kebingungan , maka induk akan sering keluar masuk/meloncat-loncat ke kotak sarang dan mengakibatkan anak kelinci terinjak-injak oleh induk. Ini berakibat pada kematian anak kelinci

Induk gagal memberikan ASI kepada anak kelinci :

Apabila menemukan anak kelinci 2 s.d. 3 hari tidak mendapatkan ASI dari induknya, maka anak akan mengalami kematian. Supaya tidak terjadi kematian anak kelinci , 1 s.d. 2 hari perlu dilakukan pemeriksaan pada anak kelinci, apabila ditemukan anak kelinci tidak mendapatkan ASI dari induk, maka anak kelinci harus segera dititipkan pada induk lain yang melahirkan waktunya bersamaan dan jumlah anaknya sedikit.

Induk tidak mempunyai sifat keibuan

Walaupun induk mempunyai banyak ASI, tetapi tidak mau merawat dan mengasuh anaknya dengan baik, maka berakibat anak kelinci menjadi kurus dan mati.

Induk yang mempunyai sifat kanibal

Beberapa hal yang menyebabkan induk menjadi kanibal , antara lain :


Untuk mencegah terjadinya problem-problem diatas, diperlukan usaha pencegahan antara lain :

  • Induk yang akan melahirkan tidak boleh terganggu atau ketakutan, jangan lupa disiapkan kotak sarang yang sempurna untuk melindungi anak-anaknya.
  • Makanan dan minuman harus cukup dan berkualitas
    Untuk induk yang mempunyai sifat kanibal /makan anak-anaknya terus menerus saat melahirkan, alangkah baiknya jangan dipeliharaatau piasahkan kelinci yang Baru Lahir dan digabungkan dengan indukan lain yang sedang meyusui juga

Beberapa hal terpenting yang perlu diperhatikan terhadap kelinci yang baru lahir :

Pemeriksaan terhadap anak kelinci.

Setelahdua hari induk melahirkan, maka kita perlu melakukan pengecekan terhadap anak kelinci. Apakah kondisi anak yang baru lahir kondisi sehat, cacat atau mati . Anak kelinci yang mati harus segera diambil karena akan menimbulkan penyakit. Pada saat melakukan pemerikasaan supaya induk tidak takut dan marah, sebaiknya induk diberikan makanan untuk mengalihkan perhatian sehingga induk menjadi tenang.

Menjaga Keselamatan anak kelinci

Supaya keselamatan anak kelinci terjamin perlu diperhatikan beberapa hal berikut ini :
Disiapkan kotak sarang yang sempurna , sehingga anak kelinci akan terlindung dengan aman terhadap panas, dingin dan tiupan angin. Kotak sarang digunakan induk saat melahirkan, dimana pada usia 9-10 hari anak kelinci belum berbulu dan matanya masih menutup. Pada usia 19-20 hari anak kelinci baru mau meninggalkan sarang dan ikut makan rumput bersama induk kelinci
Anak kelinci harus terlindung dari induk yang kadang kanibal yaitu induk yang makan anaknya sendiri. Hal ini disebabkan karena induk merasa panas dan haus . Untuk mencegah induk kanibal harus selalu disediakan makanan hijauan yang segar dan minuman yang cukup.

Memindahkan anak kelinci yang terlampau banyak

Induk kelinci yang produktif akan melahirkan anak kelinci antara 6-8 ekor , bahkan ada yang 12 ekor. Bagaimana dengan anaknya 12 ekor sementara puting induk hanya 8 ? supaya anak kelinci dapat tumbuh dengan bagus, alangkah baiknya kelebihan anak tersebut dapat dititipkan dengan induk yang lain yang waktunya bersamaan melahirkan . Hal ini juga dapat diterapkan pada induk yang tidak mau menyusui anaknya.
Hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat menitipkan anak kelinci pada induk yang lain
Usia anak kelinci yang dititipkan dengan anak kelinci induk yang dititipi harus sama/sebaya , maksimal jarak kelahiran 4 hari
Jumlah anak kelinci yang dititipkan jangan melebihi kemampuan induk kelinci yang dititipi. Untuk mencegah induk yang dititipi tidak mau merawat anak kelinci yang dititipkan, sebaiknya semua anak kelinci yang diolesi /diberi bau-bauan seperti minyak kayu putih atau yang lain. Hal ini supaya bau anak kelinci dengan anak kelinci yang dititipkan sama.

Semoga bermanfaat, Sukses Slalu

Agus Saptaji / email : asaptaji@gmail.com

Sumber : Kelinci Hias dan Daging ; B. Sarwono, Paduan Memelihara Kelinci Hias ; Rudy Hustamin, Pemeliharaan Kelinci ; AAK, Buku Kelinci ; Fainz Mansyur, Internet , dll.

About these ads

Responses

  1. terima kasih atas informasi ini. Kelinciku lahir dua kali dari induk yang berbeda. Pertama mati karena mungkin prematur, yang kedua tidak tahu mana induk yang melahirkan lalu aku tunggu yang sering besuk. Eh ternyata tidak ada yang mendekat. Terus hari berikutnya 3 ekor anaknya mati. Apa betul sang bapak mau makan anaknya ?

  2. Kelinciku melahirkan kmren 6 ekor tp udah mati 5 ekor,gra2ny keinjak injak oleh indukny & tdk disusui oleh indukny..

    • Pagi Hadinat,
      Untuk lebih aman anakan kelinci lebih baik dikasih kotak terbuat dari kayu dan dikasih jerami kering untuk tempat melahirkan agar anak2nya tidak keinjak2. untuk menyusui biasanya kelinci pada malam hari antara jam 10-5 pagi.

      thanks

  3. klo kotak sarangnya dikasih handuk bukan jerami gak apa?trs klo induknya gk mau nyusui gmn?aqcm punya 1 kelinci induk aja..

    • Risma,
      sebaiknya dikasih jerami atau rumput kering yang bersih kalau handuk nantinya lembab malah banyak bakteri,…kelinci menyusui malem hari antara jam 10 mlm – 4 dini..coba aja sekali2 diperhatiin,..

      thanks

  4. gimna cra membuat induk kelinci mau menyusui anaknya karna induk kelinci punya saya tidak mau mengurus anaknya terus gk cabutin bulunya untuk anak nya??

    • siang,
      Biasanya menyusui tengah malam dan dini hari coba sekali2diperhatikan karena kalau tdk disusui kelinci baru lahir 2 hr aja mati

  5. ciri ciri anak kelinci yg disusui induknya tu gmn siy?

    • Dear Wulan,

      Biasanya kelinci umur 1 – 55 hari normalnya harus disusui induknya,…kelinci biasanya menyusui tengah malam s.d dini hari

    • hai wulan…

      baby rabbit yg di rawat indukny itu biasany kulitny segar g kisut, dan bagian perut bulet penuh (itu disusui sama indukny), jika dipegang suhu badanny hangat g dingin ato anyep, gerakannya aktif (aplg didekatkan indukny, dia akan mencari puting susu induknya).

      induk biasany terlihat cuek, tp jika tanda2 diatas ada pada beby rabbit b’arti g perlu khawatir ^^.

      regards

  6. kenapa anak kelinci saya banyak yang lahir dengan kaki yang panjang sebagian terutama bagian belakang

    • ilham,
      kalau lahir tidak normal banyak faktor, bisa karena kawin dng satu darah ( induk awalnya sama), atau memang ada cacat wkt dikandungan.

      thanks

  7. kalau ada anak kelinci yang kupingnya turun satu apakah itu tanda2 suatu penyakit..?

    • Siang Harry,
      ada 2 kemungkinan, : 1. karena penyakit 2. karena perkawinan yg tidak murni antara Fuzzy Lop ( telinga turun ) dan kelinci hias biasa bisa dengan Lion, Lokal or yg lainya

      thanks

  8. bos.saya udah 4 kli ggal,memlhara anak kelinci yg bru lahir.ada 2 msalah dlm kematian pda byi klci.1 prutnya kembung 2 kurus,lo gk salah 23 byi mati smua.penyebabnya apa bos?

  9. saya punya bayi kelinci, induk’a kanibal…saya pisahkan dri induknya, tapi saya bingung krn tdk ada asupan susu dari induknya, maka saya ganti dgn susu kucing…itu baik atau tdk ya ??? trus ciri-ciri bayi kelinci mau nyusu itu sprti apa ???

    • nisa,
      coba cr di internet namanya milk rabbit khusus buat kelinci

      thanks

  10. mau tannya nih, pada usia berapa kelinci yg habis melahirkan boleh tidak di susui lagi oleh induknya ???

    • jonita,
      Idealnya anak kelinci lepas sapih ( tidak menyusui lg ) pada umur 55-60 hari, karena umur segitu induknya sudah tidak banyak mengeluarkan asi lg, boleh dikawinkan lg setelah 2-3 setelah disapih anaknya

      thanks

  11. kelinci ane baru lahir 5 nh bosss…dikandang di injekin mulu am induknye sebaiknya dipisahkan/bgmn???

    • reza,
      sebaiknya ada box terbuat dr kayu yg bagian depan lebih pendek agar anakan gak bisa loncat keluar dan tidak terinjak2

      thanks

  12. pagi, kelinci saya melahirkan 4 anak. 1 mati, pas sy tau itu anaknya ada darah tp masih gerak2.. sbaiknya gmn ya?

    • tata,
      kemungkinan ke injak2 gak sm induknya?…

  13. boss,ngasih jerami kering dikotaknya banyak atau sedikit, karena waktu saya memberikan jerami kekotaknya , anaknya tiba-tiba keluar dari kotak…..
    trus, kok waktu melahirkan ngrontokin bulu sama beranak kok barengan jadi gak sempet ngasih kotak, itu kenapa ya????

    • suparman,

      kasih nya sedang aja itu buat alas dan penghangat tubuh aja, biasanya 29-32 hari kelinci lahiran jd bisa dipersiapakan sebelumnya.

      thanks

  14. saya mau tanya,berapa sich jArak anak kelinci setelah melahirkan di pisahkan dari induknya

    mkstnya…?

    pda usia brpa anakan,kelinci dipisahkan dg induknya

    • Dear doy
      Kelinci lepas sapih yg ideal umur 55hari

      Thks

  15. saya mau tanya bagaimana cara mengatasi anak kelinci yang lahir diluar kotak yg uda disediakan?, kalo di pindahin ke kotak kira-kira induknya marah dan mau nyusuin ga ya?

  16. kalo kelinci gag mw nyusuin bagaimana??? tapi induknya cuma ada 1 doank


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 28 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: